Tingkatan Jurnal Internasional

Bagi kamu yang masih kebingungan dengan tingkatan-tingkatan setiap jurnal yang ada di scopus, kamu wajib membaca artikel ini sampai habis.

Untuk tingkatan jurnal internasional yang telah terindex oleh scopus, kamu akan melihat sebuah istilah Q yang artinya Quartile/kuartil.

Sebenarnya apa itu Quartile? Quartile atau kuartil merupan sebuah sistem perangkingan jurnal-jurnal yang bereputasi yang disadari dengan subjek bidang jurnal terkait.

Dalam system Quartile dibentuk berdasarkan oleh hitungan besaran angka setiap jurnal agar bisa dikalkulasikan berdasarkan perhitungan angka yang kumulatif.

Pada bagian scopus ini, kami akan menjelaskan tentang tingakatan jurnal internasional bereputasi scopus.

Baca Juga : Perbedaan Sinta Dan Scopus

4 Tingkatan Jurnal Internasional Scopus Bereputasi

4 Tingkatan Jurnal Internasional Scopus Bereputasi

Perlu kalian ketahui bahwasannya tingkatan jurnal internional scopus terbagi menjadi 4 yakni Q1, Q2, Q3 & Q4.

Kami lansir dari situs ui.ac.id, untuk menilai sebuah jurnal, Scopus memiliki klasterisasi kualitas jurnal yang dibagi menjadi 4 Quartile. Q1 merupakan jurnal dengan kualitas tertinggi. Dan selanjutnya diikuti oleh urutan Q2-Q4.

untuk menilai dari sebuah jurnal, di scopus sendiri memiliki klasterisasi kualitas jurnal yang dibagi menjadi 4 Quartile (Q).

Q1 merupakan jurnal yang memiliki kualitas tinggi, sedangkan untuk urutan Q2-Q4 berada dibawahnya.

Dalam mengkategorikan jurnal yang nantinya akan dimasukan kedalam Quartile 1-4 akan ada parameter yang digunakan oleh scopus sendiri.

Parameter sendiri dikenal dengan SJR atau Scimago Journal Rank yang merupakan jumlah kutipan rata-rata perartikel atau disebut sitasi yang diterbitkan dalam sebuah jurnal selama 3 tahun terakhir.

Berikut Adalah Penjelasan Dari Masing-Masing Quartile Yang Ada Di Scopus:

Baca Juga : Cara Melihat H Index Scopus

Berikut Adalah Penjelasan Dari Masing-Masing Quartile Yang Ada Di Scopus:

1. Q1 (Quartile 1)

Quartile 1 (Q1) merupakan tingkatan jurnal internasional scopus yang mempunyai pengaruh paling besar di antara kategori lainnya.

Contohnya, semisal ada 100 jurnal internasional yang telah terindex oleh scopus pada bidang-bidang tertentu, biasanya Q1 ini berada di peringkat 1-25 atau bisa disebut juga sebagai 25 jurnal teratas.

2. Q2 (Quartile 2)

Untuk Quartile 2 (Q2) sendiri merupakan tingkatan jurnal nasional scopus yang memiliki pengaruh yang cukup besar juga.

Dan jika ada 100 jurnal yang terbit di scopus maka Q2 ini akan menduduki peringkat 26-50.

3. Q3 (Quartile 3)

Quartile 3 (Q3) sendiri adalah sebuah tingkatan sebuah jurnal internasional yang memiliki pengaruh kurang besar dibandingkan Q1 dan Q2.

Jika ada 100 jurnal yang terindex oleh scopus maka tingkatan yang didapat oleh Q3 berada di peringkat 51-75

4. Q4 (Quartile 4)

Untuk kategori yang terakhir yakni Quartile 4 atau Q4 memiliki pengaruh yang paling rendah dibandingkan kategori lainnya.

Posisi peringkat Q4 jika ada 100 jurnal yang terindex oleh scopus maka Q4 alan berada di  76-100 atau bisa disebut sebagai 25 jurnal paling bawah.

Baca Juga : Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus

Cara Mencari Jurnal Scopus

Cara Mencari Jurnal Scopus
man reading magazine or newspaper and drinking coffee while relaxing on couch

Bagi kalain yang masih atau belum mengetahui cara mencari jurnal scopus yang baik dan benar kalian bisa mencarinya menggunakan cara ini untuk mendapatkan jurnal yang telah terindex oleh scopus.

1. Melalui scimagojr.com

Jika kamu masih kebingungan untuk mengakses website scimagojr.com kamu bisa mengikuti cara seperti yang ada di bawah ini.

  • Buka halaman utama di situs scimagojr.com atau buka google lalu cari “scimagojr”
  • Setelah masuk pada web scimagojr tersebut, pilih subjek jurnal yang dituju, misalnya ingin mencari pada bidang seni, maka pilih bidang art and humanities
  • Lalu pilih subjek kategori jurnal yang diinginkan
  • Pilih tingkatan Q atau quartile yang diinginkan, kemudian download data ke excel.

2. Melalui website resmi scopus

Dan untuk melalui website resmi scopus kamu wajib terlebih dahulu untuk memiliki daftar jurnal yang akan kamu cari, seperti cara dibawah ini.

  • Bukan laman resmi scopus di scopus.com atau bisa cari di google dengan mengetik “scopus”
  • Kemudian klik “sources” di bagian atas
  • Isikan nama jurnal di kolomo “enter title” lalu tekan enter, atau bisa juga klik pada bagian “find sources”
  • Jika nama jurnal yang kamu ketik sudah ditemukan pada kolom search, selanjutnya adalah klik jurnal tersebut dan cek tahun coveragenya
  • Cara cek “scopus content coverage” bisa di bagian bawah.

Baca Juga : Cara Mendapatkan ID Scopus

Kesimpulan

Nah, cukup sekian saja pembahasan kita kali ini mengenai beberapa Tingkatan Jurnal Internasional bereputasi Scopus yang wajib banget rekan-rekan ketahui. Semoga artikel yang kami buat ini bisa berguna dan bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian, terimakasih!