Cara Melihat H Index Scopus

Halo teman-teman Publikasi! Pasti sudah tidak asing lagi dengan H Index, kan? Ini adalah cara yang sering digunakan untuk menilai seberapa besar dampak karya-karya kita dalam dunia ilmiah. Nah, platform Scopus adalah salah satu tempat yang populer untuk melihat H Index kita.

Tapi, mungkin ada yang masih bingung tentang bagaimana cara melihat H Index di Scopus. Tenang saja, dalam artikel ini, kami akan berbagi tips singkat dan mudahnya bagaimana cara melihat H Index kita di Scopus. Yuk, simak terus!

Cara Mencari & Melihat H Index Scopus

Cara Melihat H Index Scopus

  • Tentu saja, hal pertama yang kamu lakukan adalah kamu harus mempublikasikan setidaknya satu artikel di jurnal terindeks Scopus
  • Langkah selanjutnya adalah mengunjungi website Scopus “https://www.scopus.com/
  • Masukkan nama depan dan belakang kamu. Berikut akan kami berikan contoh cara mencari H Index Scopus Handayanto, Rahmadya Trias. Setelah itu, klik tanda pencarian
  • Sekarang kamu akan langsung dapat mengetahui berapa banyak H Index Scopus yang dimiliki seorang penulis. Untuk Pak Handayanto, Rahmadya Trias mendapat nilai 5 pada Indeks H Scopus

Cara Menghitung H Index Dan I10 Index

Cara Melihat H Index Scopus

  • Indeks-h ditentukan berdasarkan indeks dan jumlah publikasi yang mengutip atau mengutipnya. Menurut Terry Mart, Dosen Jurusan Fisika FMIPA UI, jika seorang ilmuwan memiliki h makalah, dan setiap makalah juga memiliki jumlah kutipan minimal sama dengan h, maka indeks-hnya juga demikian. Misalnya, seorang peneliti dengan skor h-index 10 berarti 10 artikel dikutip oleh setidaknya 10 artikel lainnya.
  • Sedangkan yang dimaksud dengan i10-index adalah skor sebuah artikel di mana seorang peneliti memiliki setidaknya 10 kutipan dari artikel lain dalam publikasi. Misalnya, skor indeks i10 peneliti sebesar 3 berarti bahwa 3 artikel dikutip oleh setidaknya 10 artikel lainnya.

Penawaran Eksklusif Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus [Fast Track]

Belakangan ini, masih banyak dari mereka yang belum mengetahui terkait berapa harga normal yang dibutuhkan untuk publikasi jurnal scopus. Dan mereka menganggapnya sangat mahal.

Tapi, perlu diketahui juga bahwa harga tersebut tergantung pada rangking jurnal dan reputasinya. Jadi, tidak semua publikasi jurnal scopus ini di tarif dengan harga mahal.

Kita semua tahu bahwa ada banyak jurnal bereputasi Scopus dan ISI Thomson yang tidak memerlukan biaya sepeserpun dalam publikasinya.

Tapi perlu ingat, bahwa jasa publikasi jurnal Scopus yang gratis, proses reviewnya super ketat. Bahkan, untuk proses reviewnya saja bisa memakan waktu 1-2 tahun. Dan itu juga kalau naskah bapak/ibu di ACC oleh publisher.

Jadi, jika naskah milik bapak/ibu ingin cepat di ACC dan terbit di Scopus jurnal, maka dibutuhkan jasa publikasi jurnal Scopus yang berkualitas.

Kini Kami (Ridwan Institute) hadir untuk menjadi solusi terbaik terkait publikasi jurnal Scopus. Terkhusus kepada rekan-rekan baik dosen, mahasiswa, peneliti, doctor dan guru.

Kami siap mendampingi naskah milik Bapak/Ibu agar bisa terbit di jurnal Scopus baik Q1, Q2, Q3 dan Q4.

Berikut beberapa benefit yang akan kamu dapatkan :

  • Jaminan mendapatkan ID Scopus
  • Jaminan Sertifikat
  • Jaminan terindeks Scopus
  • Jaminan Non Presentation
  • Jaminan Full Text
  • Jaminan Terbit
  • Harga Terjangkau

Jika naskah yang kamu miliki belum lengkap, kami juga siap untuk melengkapi dan memperbaiki naskah milik kamu agar sesuai dengan kriteria dalam publikasi jurnal Scopus.

Attention! Kami hanya menyediakan 20 Slot untuk pendampingan publikasi jurnal Scopus di tahun ini. Saat artikel ini dibuat, sampai saat ini tersisa 4 Slot terakhir.

Bagi Kamu Yang Tertarik Dengan Penawaran Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Scopus Kami! Klik Whatsapp Di Bawah Ini.

Kesimpulan

 


FAQ

Bagaimana cara menghitung H Index Scopus?

Cara Cek jurnal Apakah terindeks Scopus? Bagaimana cara menghitung H Index? h-index dapat dihitung secara manual dengan melihat jumlah sitasi/kutipan dari semua paper/makalah yang diterbitkan oleh seorang akademisi. h-index 6 = ada 6 paper yang disitasi minimal enam kali.

Apa itu H Index di jurnal?

H-indeks adalah metrik yang digunakan untuk mengukur kontribusi dan dampak dari publikasi ilmiah dosen dan peneliti.

Apa arti H index 3?

Atau dengan kata lain, seorang peneliti memiliki h-indeks sebesar h ketika memiliki sejumlah h paper yang disitasi sebanyak minimal h-kali. Misalnya jika peneliti memiliki h-indeks 3, artinya peneliti tersebut memiliki 3 artikel (pada pengindeks tertentu) yang disitasi minimal 3 kali.

2 thoughts on “Cara Melihat H Index Scopus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like