Template Jurnal Sinta

Template jurnal sinta sangatlah penting dalam penulisan jurnal ilmiah. Dan tentunya harus mengikuti template jurnal ilmiah sinta, dalam penyesuain template dan format penulisan, akan sangat membantu jika kamu mengetahui format template dalam penyusunan naskah ilmiah.

Apa Itu Template Jurnal?

Apa Itu Template?

Template adalah sebuah dokumen atau file yang mempunyai format dan sudah ditetapkan, digunakan juga sebagai awal untuk menulis sebuah tulisan atau artikel ilmiah, sehingga ini bisa menjadi identitas bagi sebuah lembaga.

Format Template Jurnal Ilmiah

Format Template Jurnal Ilmiah

Jurnal ilmiah (scientific journal) merupakan salah satu bentuk publikasi ilmiah yang berisikan hasil dari penelitian dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Jurnal ilmiah biasanya diterbitkan oleh lembaga ilmiah, universitas, atau perusahaan dengan tujuan untuk mendiseminasikan hasil penelitian kepada para akademik.

Adapun format template jurnal ilmiah yang sering orang-orang pakai sebagai berikut.

Format jurnal ilmiah biasanya terdiri dari beberapa bagian, yaitu: 

  • bagian depan (front matter), 
  • bagian tubuh/pembahasan (body), 
  • dan bagian belakang (back matter).

Bagian depan jurnal biasanya berisi: 

  • judul, 
  • penjabaran singkat tentang isi jurnal, 
  • nama penulis, 
  • lain-lain. 

Bagian ini biasanya ditulis dengan bahasa Inggris. 

Baca Juga: Format Penulisan Jurnal Sinta

Bagian tubuh/pembahasan jurnal berisi: 

  • abstrak, 
  • pendahuluan, 
  • metode penelitian, 
  • hasil penelitian, dan 
  • pembahasan nya. 

Abstark merupakan ringakasan isi dari sebuah jurnal yang mencakup pendahuluan, metode penelitian, hasil penelitian, dan pembahasannya. Biasanya abstark ditulis menggunakan Bahasa inggris dan Bahasa indonesia.

Pendahuluan jurnal berisikan latar belakang masalah yang akan dibahas di dalam jurnal. Metode penelitian juenal menggambarkan alur perkerjaan dari sebuah penelitian yang telah dilakukan untuk mendapatkan hasil dari penelitian.

Hasil penelitian merupakan serangkaian fakta atau temuan baru hasil dari suatu activitas atau riset penelitian tertentu yang telah dilakukan oleh satu orang atau lebih.

Pembahasannay sendiri berisikan interpretasi atau analisis lebih lanjut tentang hasil penelitian. Kata kunci: format jurnal ilmiah.

Download Template Jurnal Sinta

Nah, bagi kamu yang sedang mencari template jurnal Sinta 1, 2, 3, 4, 5 & 6, kamu bisa mendapatkannya dengan klik tombol Download Di bawah ini!

Mengapa Template Jurnal Itu Penting?

Mengapa Template Jurnal Penting?

Selain pembuatan artikel ilmiah yang baik tentunya menata format jurnal template sangat lah penting, dan wajib kamu gunakan.

Jika tidak maka artikel yang kamu ajukan akan ditolak secara mentah-mentah oleh publisher. Dalam penataan format dalam templete yang ditentukan oleh publisher juga memerlukan waktu berjam-jam.

Belum lagi jika jurnal yang kamu tujukan menuju index scoopus, artikel kalian akan 100% ditolak jika tidak sesuai dengan format dan penulisan referensi salah.

Maka dari itu selain penulisan artikel ilmiah yang baik , penataan dalam template jurnal juga harus sesuai agara jurnal bisa cepat diterbitkan.

Kesimpulan

Tadi adalah contoh format Template Jurnal Sinta yang teman-teman bisa coba gunakan, bagi teman-teman yang masih kebingungan teman-teman bisa menanyakan bagian mana yang teman-teman tidak pahami di komentar.


FAQ

Apakah jurnal harus pakai nomor halaman?

Sistematika penulisan untuk jurnal adalah: nama penulis Tahun publikasi “Judul tulisan” nama jurnal Volume, nomor (halaman).

Bagaimana cara mencari jurnal di Sinta?

Pertama silahkan buka url website sinta : http://sinta.ristekbrin.go.id/. Kemudian pergi ke navigasi utama (atas) ke bagian “Sumber” dan klik “Jurnal”. 2. Selanjutnya, cari jurnal di bilah pencarian, masukkan nama jurnal jika ada, dan klik tombol cari.18 Jul 2022