Submit Jurnal Sinta

Bagi kamu yang ingin mengetahui terkait submit jurnal sinta, bisa simak artikel ini sampai habis, karena didalam artikel ini kami membahas secara tuntas mengenai submit jurnal sinta. Yuk simak artikel ini sampai habis agar kamu mendapatkan jawabannya!

Dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi, publikasi ilmiah menjadi bagian penting dari upaya peningkatan pengetahuan dan pembangunan akademik. Salah satu cara yang umum digunakan untuk mempublikasikan hasil penelitian adalah melalui jurnal ilmiah. Di Indonesia, Sistem Nasional Terindeks (Sinta) adalah salah satu platform yang sangat dihargai dalam mengakses jurnal-jurnal berkualitas tinggi dan terpercaya.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Apa Itu Sinta?

Submit Jurnal Sinta

Nah, sebelum kamu masuk kedalam pembahasan submit jurnal sinta, ada baiknya jika kamu ketahui dan pahami terlebih dahulu mengenai apa itu sinta.

SINTA adalah singkatan dari “Science and Technology Index” atau Indeks Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Ini adalah sistem yang digunakan di Indonesia untuk menilai kualitas dan produktivitas penelitian ilmiah yang dilakukan oleh para peneliti di berbagai institusi akademis dan riset di seluruh negeri.

Salah satu komponen penting dari SINTA adalah jurnal ilmiah yang diindeks di dalamnya. Jurnal-jurnal ini merupakan publikasi yang menjalani proses peer review, di mana tulisan-tulisan yang diajukan akan ditinjau oleh para ahli dalam bidang yang relevan sebelum diterbitkan. Jurnal-jurnal ini mencakup berbagai disiplin ilmu dan subjek penelitian, mulai dari ilmu alam dan teknik, ilmu sosial, kedokteran, dan banyak lagi.

Pentingnya jurnal yang terindeks dalam SINTA adalah sebagai alat ukur produktivitas dan kualitas penelitian yang dilakukan oleh para peneliti, institusi, maupun wilayah tertentu di Indonesia. Jurnal yang memiliki peringkat lebih tinggi dalam SINTA biasanya dianggap memiliki dampak yang lebih besar dalam dunia akademis dan penelitian.

Dalam beberapa tahun terakhir, SINTA telah berupaya untuk memperbarui dan meningkatkan sistemnya, termasuk peningkatan dalam cara penilaian jurnal, peringkat peneliti, dan lembaga riset. Ini bertujuan untuk memajukan kualitas penelitian dan mendorong para peneliti untuk terus berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Submit Jurnal Sinta

1. Masuk Ke Laman Sinta

Cara submit jurnal sinta yang adalah dengan masuk kedalam laman sinta. Pada laman Sinta, kamu akan mendapatkan informasi mengenai jurnal-jurnal yang telah terdaftar di dalam Sinta. Pilihlah jurnal yang sesuai dengan peringkat Sinta yang diinginkan, dan pastikan bahwa naskah jurnal kamu memenuhi kriteria yang ditetapkan. Sinta mengklasifikasikan jurnal-jurnal ini ke dalam enam kategori, yaitu Sinta 1 Sinta 2 Sinta 3 hingga Sinta 6, dengan urutan berdasarkan tingkat peringkat tertinggi ke terendah. Oleh karena itu, apabila kamu berharap agar naskah jurnal kamu diterima, pastikan bahwa naskah tersebut memenuhi standar kualitas dan reputasi publikasi yang telah ditetapkan.

2. Masuk ke Website Jurnal

 Setelah kamu berhasil menentukan Jurnal yang cocok, langkah berikutnya adalah mengakses situs web jurnal yang bersangkutan untuk tahap ini. Ada beberapa informasi penting dalam jurnal yang perlu diperhatikan, seperti seperti Focus dan Scope, Author Guideline, Author Fee. ” Focus dan Scope” merujuk pada bidang spesifik yang menjadi perhatian utama dalam jurnal atau area spesialisasi yang dibahas. Selain itu, penting bagi kamu untuk secara cermat membaca Author Guideline pada publikasi tersebut, karena panduan ini dapat memberikan petunjuk kepada penulis mengenai cara menyusun format dan memenuhi persyaratan sesuai arahan yang telah ditetapkan.

3. Daftar Akun Penulis

Pendaftaran akun merupakan langkah yang diperlukan dalam proses penerbitan jurnal. Jika kamu belum memiliki akun, silahkan kamu lakukan pendaftaran melalui situs web tersebut. Data yang harus diisikan meliputi informasi seperti nama, afiliasi, negara, alamat email, dan lainnya. Kami mengusulkan agar kamu menggunakan alamat email dari institusi kamu, hal ini akan membantu kamu untuk membangun kepercayaan di antara penerbit jurnal dan editor, serta akan dapat memperkuat reputasi institusi pendidikan kamu.

4. Submit Artikel sesuai Pedoman

pastikan bahwa naskah jurnal kamu sudah sesuai dengan pedoman penulisan yang berlaku, sehingga kamu siap untuk masuk ke tahap submit. Ikuti langkah-langkah proses pengiriman naskah jurnal, mulai dari mengisikan berbagai informasi, metadata jurnal, mengunggah naskah jurnal, dan beberapa langkah lainnya. Setelah semua informasi telah terisi dengan benar, Anda dapat mengeklik tombol “Submit” atau “Kirim”. Dengan langkah tersebut, proses unggah jurnal Anda telah berhasil dilakukan.

5. Proses Review dan publikasi

Cara submit jurnal sinta yang terakhir adalah proses review dan publikasi. Naskah yang sudah dikirimkan akan melalui proses review oleh editor. Tahap ini menjadi penentuan apakah nasakah Anda diterima, ditolak, atau direvisi. Pada proses revisi setiap publikasi memiliki jangka waktu yang berbeda-beda, bisa sangat cepat ataupun cukup lama.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Persiapan Sebelum Submit Jurnal Sinta

Submit Jurnal Sinta

Nah, setelah kamu mengetahui dan memahami mengenai submit jurnal sinta, berikutnya kami akan membahas mengenai persiapan sebelum submit jurnal sinta

Selain mengikuti cara-cara di atas, disarankan untuk sebelum melakukan cara submit jurnal sinta, kamu harus melakukan beberapa persiapan krusial terlebih dahulu. Karena jika persiapan dilakukan dengan baik, proses pengiriman akan berjalan dengan lancar dan waktu yang dibutuhkan untuk publikasi jurnal pun menjadi lebih singkat. Meskipun akhirnya hasilnya akan bergantung pada hasil tinjauan dari pihak penerbit.

Berikut adalah beberapa bentuk persiapan yang sebaiknya dilakukan agar proses submit artikel ilmiah berjalan dengan lancar:

1. Menyusun Artikel dalam Format Umum

Langkah awal yang perlu diambil adalah mencoba menyusun artikel ilmiah sesuai dengan format yang umum digunakan. Mengapa demikian? Karena langkah ini akan membantu dalam memilih penerbit jurnal yang tepat, dan Anda tidak perlu merombak struktur artikel karena belum sesuai dengan standar yang mereka tetapkan.

2. Memahami Tema Penelitian dengan Baik

Bagi seorang peneliti, memahami secara mendalam tema penelitian yang tengah dijalankan merupakan hal yang esensial. Setelah itu, konsep tersebut dapat diwujudkan dalam bentuk sebuah artikel ilmiah. Mengapa penting? Karena pemahaman yang kuat ini akan sangat mempermudah dalam proses seleksi penerbit jurnal yang sesuai. Mengingat mayoritas penerbit jurnal umumnya fokus pada publikasi karya-karya ilmiah dalam disiplin ilmu tertentu.

3. Membuat Surat Pengantar

Bagi penulis yang berkeinginan untuk mempublikasikan artikel ilmiahnya, diperlukan penyusunan surat pengantar atau yang sering disebut sebagai cover letter. Melalui surat pengantar ini, penulis memiliki kesempatan untuk meyakinkan editor penerbit mengenai kelayakan artikel untuk dipublikasikan.

4. Mengecek Kelengkapan dan Kualitas Artikel Ilmiah

Langkah persiapan lainnya melibatkan pengecekan terhadap naskah artikel ilmiah yang telah dirangkai. Pastikan bahwa naskah tersebut telah terstruktur dengan benar sesuai format yang diharapkan, dan juga pastikan telah dilakukan sitasi untuk setiap kutipan yang digunakan. Selain itu, tahap membaca ulang naskah sangat penting, sehingga urutan kalimatnya tergarap secara tepat dan di masa mendatang dapat mengurangi potensi perlu dilakukannya revisi besar.

Langkah-langkah persiapan di atas akan mengfacilitasi kelancaran dan kecepatan dalam proses submit atau mempublikasikan jurnal sinta. Dengan demikian, usaha untuk memahami seluruh cara submit jurnal sinta secara detail, karena hal ini akan membantu mencegah terjadinya kesalahan selama proses submit jurnal sinta berlangsung.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Nah, mungkin itu saja artikel yang bisa kami berikan mengenai submit jurnal sinta, semoga dengan adanya artikel submit jurnal sinta bisa berguna dan bermanfaat bagi rekan-rekan semua. terimakasih!


FAQ

Apakah mahasiswa bisa publikasi jurnal di SINTA?

Para mahasiswa dapat menerbitkan artikelnya di jurnal SINTA maupun Internasional Bereputasi sebagai pengganti skripsi.

Apakah publish jurnal di SINTA berbayar?

Nah sebenarnya, perlu kamu ketahui juga bahwa untuk publikasi jurnal sinta sendiri ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Jika kamu memilih publikasi jurnal sinta yang gratis, maka kamu akan melalui proses review naskah yang super ketat dan tidak ada yang mendampingimu.

Apa itu publikasi jurnal SINTA?

SINTA adalah kepanjangan dari Science and Technology Index, merupakan sebuah laman atau port ilmiah daring yang kini dikelola oleh Kemendikbud Ristek, yang mana laman jurnal ini menyajikan daftar jurnal nasional terakreditasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like