Publikasi Jurnal SINTA

  • Whatsapp
Publikasi Jurnal SINTA
Publikasi Jurnal Sinta

Publikasi Jurnal SINTA adalah jurnal yang terindeksasi atau yang mempunyai indeksasi sesuai kriteria yang ada pada sistem SINTA (Science and Technology Index) yang mana sinta sendiri adalah sistem indeksasi yang meliputi dan menaungi jurnal ilmiah sekala nasional yang di bawah pada kementerian riset dan Pendidikan tinggi republik Indonesia, berikut pembahasan mengenai bagaimana cara publikasi jurnal SINTA.

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita cari tahu mengenai sinta dan produk lain yang di Kelola oleh ristekbrin republic Indonesia .

APA ITU Publikasi Jurnal SINTA ?

Selanjutnya Sesuai pada website resmi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (RISTEKDIKTI), adalah website yang memuat mengenai pengukuran suatu kinerja ilmu pengetahuan, Teknologi yang sesuai dari data hasil Penelitian dari peneliti, hasil tulisan dari penulis, Lembaga institusi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan tulisan jurnal hasil dari author jurnal itu sendiri.

Beberapa Perbedaan SINTA dengan sistem yang lain

Beberapa mesin indeks yang kita tahu dan telah popular selain SINTA antaranya Portal Garuda atau Indeks Garuda, lalu Google Scholar atau Google Cendekia, juga Indonesia Science and Technology Indeks atau (InaSTI), ataupun juga Indonesian Publication Index atau IPI.

Indeks yang di Kelola yang berasal dari Indonesia yaitu SINTA ini mengarah ke mesin indeksasi Internasional meskipun beberapa point masih ada yang belum semuanya Internasional. Contohnya Scopus, Elsevier, Web of Science, DOAJ, ataupun Tomson Reuteur.

Beberapa Fasilitas Fitur yang ada pada SINTA antara lain :

Networking, Citation dan Research Output

  1. Networking

Apalagi Fitur ini kita bisa mengetahui jaringan dengan peneliti lainya yang sudah bahkan pernah bekerjasama dengan anda dalam hal meneliti dan sebagainya.

  • Citation

Fitur ini akan memberikan data H-Index dalam kurun waktu tahunan untuk mesin indeksasi Google Scholar maupun Scopus dan lainnya.

  • Research Output

Research output memuat tentang Artikel penelitian yang sudah sesuai jurnal, tulisan buku, dan artikel yang telah seminar. Sedangkan di bagian score, anda dapat melihat indeks di Scopus, Scholar Google maupun InaSTI.

Siapa Saja yang Dapat Mendaftar Sinta?

Pada logikanya SINTA ini untuk menaungi bahkan mengkoordinir dan memberikan database informasi seputar ilmu pegetahuan. Bagi peneliti, untuk peneliti, maupun lainnya yang berada pada ranah Pendidikan maupun ilmu yang lain yang membutuhkan data-data ilmiah.

Antaranya yang bisa mendaftar di akun SINTA ini adalah Dosen dan Peneliti pada umumnya. Karena akun SINTA ini merupakan akses pada proses keilmiahan database.

Langkah-langkah mendaftar akun SINTA Ristekbrin.

Pertama, Mendaftar atau registrasi pada Website SINTA Seperti mengisi alamat Email, Nama Lengkap, KTP, Status Peneliti atau Dosen, NIDN jika menjadi Dosen, Instansi dosen atau peneliti, dan jabatan dalam pekerjaan.

Kedua, setelah tahan pertama kemudian akan ada instruksi username dan password untuk keamanan digunakan untuk log in akun SINTA.

Maupun Info tambahan, apalagi untuk yang sudah memiliki H-Indeks, bisa memberitahukannya pada website SINTA di InaSTI, Google Scholar, Scopus maupun Indonesian Publication Index (IPI) cara publikasi jurnal SINTA.

Ada berapa Klaster Publikasi Jurnal SINTA pada jurnal ilmiah ?.

Meskipun SINTA juga mempunyai klasifikasi sesuai dengan kualitas jurnal sesuai penilaian oleh SINTA Ristekbrin ini.

Demikian Cara Klasifikasi Jurnal SINTA :

SINTA 1

Publikasi Jurnal SINTA
GAMAIJB (Gadjah Mada International Journal of Business)

Publikasi Jurnal Sinta

SINTA 2

Publikasi Jurnal SINTA
Jurnal Dinamika Akuntansi

SINTA 3

Publikasi Jurnal SINTA
Jurnal Bisnis Strategi

SINTA 4

SINTA 5

SINTA 6

Majalah Unikom

Referensi : SINTA dan google

Memulai dengan mempunyai jurnal penelitian baik dari skripsi tesis, ataupun disertasi untuk di publikasikan ke dalam jurnal bisa membaca petunjuk untuk merubah artikel kedalam jurnal ilmiah yang layak untuk terbit klik ini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *