Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet

  • Whatsapp
cara menulis daftar pustaka dari internet

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara menulis daftar pustaka dari internet yang benar dengan berbagai format dan contohnya.

Pasti pernah mendengar yang namanya plagiat, hal tersebut terjadi karena penulis tidak mencantumkan sumber dari artikel yang dibuatnya.

Dalam dunia akademis pun, bisa saja terjebak dalam keadaan ini jika tidak menuliskan sumber referensi dari makalah atau artikel dari internet yang baik dan benar.

Memang terdengar mudah, tapi masih saja banyak yang kesulitan menerapkan cara penulisan daftar pustaka dari internet yang baik dan benar.

Tanda baca dan urutan selama penulisannya menjadi bagian yang paling susah dan membuat orang malas mengerjakannya.

Supaya artikel ilmiah Anda tidak tidak orang cap plagiat dan bisa menuliskan dengan benar, berikut ini panduan cara menulis daftar pustaka dari internet yang benar sesuai dengan jenis sumber.

Penjelasan Singkat Daftar Pustaka

cara menulis daftar pustaka dari internet

Ketika menulis sebuah tulisan ilmiah, Anda wajib menuliskan sumber penelitian tersebut dengan benar. Dari situlah cara menulis daftar pustaka dari internet, jurnal dan sumber lainnya sangat penting.

Daftar pustaka adalah daftar yang berisi tentang artikel internet, jurnal atau sumber lainnya yang digunakan dalam sebuah penelitian seseorang.

Ternyata daftar pustaka punya banyak sebutan lho, misalnya referensi, rujukan, pranala atau sumber pustaka. Daftar pustaka biasanya terletak pada halaman paling akhir dari sebuah artikel ilmiah.

Menuliskan daftar pustaka dalam tulisan karya ilmiah punya banyak kegunaannya, misalya sebagai petunjuk bahwa data yang diambil merupakan data yang benar, memenuhi etika penulisan karya ilmiah.

Dan sebagai penanda bahwa Anda berterima kasih kepada penulis dan mendukung ide dari penulis tersebut.

Selain itu, apa tujuan dari menuliskan daftar pustaka dan bagaimana cara menulis daftar pustaka dari internet yang benar?

Supaya tidak bingung saat menuliskan daftar pustaka, simak penjelasan tentang daftar pustaka dan cara menuliskan daftar pustaka dari berbagai sumber berikut ini.

Baca Juga : Cara Mudah Publikasi Artikel Ilmiah di Jurnal Nasional Bereputasi

Pengertian Bagian Daftar Pustaka dari Internet

Pada masa sekarang, artikel internet bisa menjadi rujukan untuk penulisan penelitian, skripsi dan lain-lain. Ada banyak website yang kredibel dan terpercaya dan menguasai ilmu khusus.

Berikut ini penjelasan bagian cara menulis daftar pustaka dari artikel internet.

1. Nama

Cara penulisan nama untuk artikel internet tidak berbeda dengan penulisan nama dari sumber buku ataupun artikel cetak. Carilah nama penulisnya pada laman about me, atau biasanya ada pada bagian bawah artikel.

2. Tahun Penayangan

cara menulis daftar pustaka dari internet

Tuliskan tahun penayangan dari artikel internet tersebut.

3. Judul

Judul artikel tidak ditulis secara italic, melainkan hanya diapit tanda kutip (“).

4. URL

cara menulis daftar pustaka dari internet

Jangan lupa menyalin alamat URL dari artikel tersebut.

5. Waktu Pengambilan

Pada bagian akhir, cantumkan waktu pengambilan artikel internet itu secara lengkap, yaitu tanggal dan jam saat kamu mengunduh ataupun menjadikannya referensi.

Masalah tanda batas dalam daftar pustaka artikel internet itu berbeda dengan penulisan dari sumber cetak. Tanda titik (.) sebagai batas hanya berlaku untuk mengakhiri nama penulis dan tahun penayangan. Kalau pembatasan dari judul ke LINK dan dari LINK ke waktu pengambilan data berupa tanda koma (,).

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet Dengan Berbagai Format

Banyak yang mencari tahu cara menulis daftar pustaka dari internet menggunakan berbagai format. Mungkin Anda selama ini hanya tahu satu format penulisan saja (APA) misalnya, padahal masih ada banyak sekali format lainnya lho.

Meskipun ada banyak format, memang hanya format APA dan format Harvard yang biasanya orang gunakan.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan Cara penulisan daftar pustaka dari internet, lengkap dengan contohnya dalam berbagai format.

1. Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet Format APA Style

Yang pertama, cara membuat daftar pustaka dari internet dengan standar American Psychological Association (APA) yaitu untuk penulisan daftar pustaka bidang psikologi.

Nah, jika daftar pustaka dibuat dengan standar ini, maka dapat ditulis dengan format seperti ini.

Nama website, artikel dibuat, judul artikel, waktu diakses, URL web.

Contoh penulisan daftar pustaka dari internet:

Ridwaninstitute.co.id (2021, 1 Agustus). Cara Publikasi Jurnal Ilmiah Dengan Mudah. Diakses pada 10 Agustus 2021, dari https://ridwaninstitute.co.id/publikasi-jurnal/

2. Format MLA Style

cara menulis daftar pustaka dari internet

Cara menulis daftar pustaka dari internet dengan format Modern Language Association (MLA) dapat Anda tulis dengan format sebagai berikut :

Judul artikel, nama web, tanggal pembuatan artikel, waktu akses, URL. Sebagai catatan, gunakan URL yang lengkap ya, bukan URL secara garis kecilnya saja.

Contoh penulisan daftar pustaka dari internet:

“Cara Publikasi Jurnal”. Ridwaninstitute.co.id. 2 agustus 2020.25 September 2020. https://ridwaninstitute.co.id/cara-publikasi-jurnal/

3. Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet Format MHRA Style

cara menulis daftar pustaka dari internet

Pernah dengar format ini? MHRA mempunyai kepanjangan dari Modern Humanities Research Association.

Jadi, untuk Anda yang memang ingin menulis menggunakan daftar pustaka dengan format ini, boleh-boleh saja kok. Begini susunannya.

Nama situs. “judul artikel, deskripsi web, tanggal artikel, <alamat website/URL> [Waktu akses].

Contoh penulisan daftar pustaka dari internet:

ridwaninstitute.co,id , “cara mudah menulis buku untuk pemula”, 29 Desember 2020. <https://ridwaninstitute.co.id /cara-mudah-menulis-bukuy/> [Diakses, 25 September 2021)

4. Format CSE Style

Cara menulis daftar pustaka dari internet dengan format Council of Science Editors (CSE) juga sangat mudah, begini susunannya.

nama website, judul artikel, deskripsi website, tanggal artikel dibuat [tanggal akses], url Lengkap.

Contoh penulisan daftar pustaka dari internet:

Ridwaninsitute.co.id . Penerbit Jurnal. Cara Membuat Jurnal: Dari Ide Sampai Dijilid publikasi jurnal. 20 April 2020. 13.10 [Diakses 25 September 2021). diakses dari https://ridwaninstitute.co.id/publikasi-jurnal-nasional/

5. Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet Format Email

Menulis daftar pustaka tidak hanya bersumber dari internet lho, Tetapi juga bisa dari email, dan itu sah-sah saja. Bagaimana cara penulisan daftar pustaka dari internet via email? Berikut ini adalah format daftar pustaka dari email.

“judul subjek/judul dari email”. Alamat email. (tanggal akses).

Contoh penulisan daftar pustaka dari internet:

7 Trik Jitu Latihan Menulis Jurnal Tanpa Pusing. orizaganteng@gmail.com (25 September 2021)

Artikel Terkait : Cara Mudah Membuat Jurnal

Menulis Daftar Pustaka yang Ada Nama Penulis

Sebagai tambahan bagaimana cara menulis daftar pustaka dari internet bagi yang memiliki nama penulis di dalam website tersebut?

Maka nama penulis tersebut wajib untuk cantumkannya serta tahun terbitnya. Maka begini penulisan daftar pustakanya

Oriza, Aditiya. 2021. “Cara Membuat Jurnal Berdasarkan pemikiran” https://ridwaninstitute.co.id/cara-membuat-jurnal/. Diakses pada 24 September 2021.

Khusus penulisan nama penulis, menulisnya dengan cara meletakan nama belakang pada bagian depan. kemudian beri tanda koma, setelah itu masukan nama depan, kemudian diberi tanda titik dibelakangnya.

Tujuan dan Manfaat Adanya Daftar Pustaka

cara menulis daftar pustaka dari internet

Menuliskan daftar pustaka tujuannya yaitu menguatkan artikel ilmiah. Dengan begitu, saat akan mengutip sebuah tulisan jangan lupa untuk mencantumkan sumbernya ya. Ini juga supaya terhindar dari yang namanya plagiat.

Selain untuk menghindari menjiplak, menuliskan daftar pustaka juga untuk menghargai penulis yang menjadi sumber acuan dalam penulisan artikel ilmiah.

Dengan begitu, kamu dianggap telah mengakui bahwa ide atau kutipan yang kamu tulis hasil dari buah pemikiran orang lain.

Tujuan dari daftar pustaka selanjutnya adalah membantu pembaca lainnya mengetahui lebih dalam sumber kutipan suatu karya ilmiah.

Kesalahan Saat Menulis Daftar Pustaka Dari Internet

Apa saja kesalahan yang sering orang lakukan saat melakukan cara menulis daftar pustaka dari internet? Berikut beberapa kesalahan yang sering orang lakukan.

  • Kesalahan kutipan: Anda mungkin sering mengutip dari berbagai sumber. Namun, Anda juga lupa mencantumkan daftar pustaka dalam artikel. Sebenarnya kesalahan jenis ini bisa diminimalisir. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan format khusus dan otomatis.
  • Terlalu sering menggunakan singkatan. Memang tidak ada larangan untuk menggunakan singkatan. Namun jika konteksnya untuk penulisan ilmiah, penulisan buku atau hasil penelitian, maka singkatan sangat dihindari.
  • Kurang konsisten. Dalam penulisan daftar Pustaka dari internet, sering sekali terjadi ketidakonsistensinya antara kutipan dalam daftar pusataka.
  • Penulisan nomor halaman yang salah juga sering saya temui ketika penulisan. Meskipun seperti hal biasa, cara ini juga sangat menganggu. Khususnya bagi penulisan skripsi, satu kesalahan yang tersebar bagian depan hingga akhir. Maka, jika konteksnya untuk membuat skripsi, disarankan sejak awal harus berhati-hati supaya tidak mengalami kesalahan menulis daftar pustaka.
  • Kesalahan terakhir yang sering saya temui ketika menulis daftar pustaka atau referensi adalah, menyantumkan  sumber referensi yang terkenal, namun ketika dirinci ada kesalahan dan tidak sesuai dengan yang tercantum.

Tips Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet

cara menulis daftar pustaka dari internet
sumber : freepik

Klasifikasikan sumber atau referensi berdasarkan kategori, bisa dengan dimulai dari referensi kategori internet, kategori jurnal, kategori jurnal online dan lain sebagainya. Dengan ini Anda Pasti bisa lebih focus mengerjakan daftar pustaka.

Tips lainnya dari saya yaitu urutkan masing-masing sumber berdasarkan abjad. Ini supaya memudahkan Anda saat mulai menuliskan daftar pustaka. Ini juga perlu untuk memudahkan saat menyusun daftar pustaka secara keseluruhan.

Langkah terakhir yaitu menuliskan sesuai dengan kaidah yang telah ditentukan dengan masing-masing kategori sumber yang diambil. Kalau dari web, bisa melihat cara menulis daftar pustaka dari internet tadi ya.

Yuk dibaca : Perbedaan Jurnal Nasional Dan Internasional

Prinsip Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet

Memang Ada banyak bentuk prinsip cara menulis daftar Pustaka dari internet, tergantung aturan lembaga pendidikannya.

Berikut adalah prinsip-prinsip yang biasa orang gunakan ketika melakukan cara medaftar pustaka dari internet.

  • Penulisan nama pengarang tanpa menggunakan gelar.
  • Jika penulisannya lebih dari satu orang gunakan tanda koma.
  • Judul artikel harus ditulis dengan huruf kecil, kecuali huruf awalnya.
  • Jarak (spasi) antara satu referensi (satu judul) dengan referensi (judul lain) sesuai dengan jarak (spasi) makalah atau skripsi (1,5-2).
  • Jika dari seorang penulis, gunakan beberapa rujukan, jangan lupa nama penulis dicantumkan satu kali.

Akhir Kata

Bagaimana, sekarang udah tahu bukan cara menulis daftar pustaka dari internet yang benar?

Semoga ini membantu ya bagi Anda yang sedang menyusun proposal, makalah, tesis, skripsi, karya ilmiah dan lain-lain.

Semoga bermanfaat dan terimakasih. Kunjungi terus Ridwan Institute yaa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *