Cara Download Jurnal Di Sinta

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas cara download jurnal di sinta secara gratis dan menggunakan cara yang benar.

Dan semga cara ini bisa bermanfaat bagi rekan-reka yang masih belum mengetahui cara yang satu ini, berikut kami lampirkan pembahasannya.

Apa Itu Sinta ?

Apa Itu Sinta ?

Selain mengetahui cara mendownload jurnal sinta, ada baiknya kamu harus mengetahui apa itu sinta terlebih dahulu.

Sinta merupakan kepanjangan dari Science and Technology index yang merupakan wadah atau tempat (website) yang dimaksudkan untuk mengukur kinerja dari teknologi dan ilmu penegtahuan yang ada di Indonesia.

Yang meliputi kinerja penulis, kinerja peneliti, kinerja teknologi dan kinerja institusi ilmu pengetahuan dan kinerja jurnal.

Sinta sendiri merupakan gudang jurnal berkulitas sampai jurnal yang memiliki kualitas kurang baik, akan tetapi semuannya sudah dimasukan ke wadah atau tempat yang dinamai sinta1 sampai sinta 6.

Cara Mudah Untuk Download Jurnal Di Sinta

Cara Download Jurnal Terdaftar Pada Sinta

Berikut adalah tata cara download jurnal yang sudah terakreditasi pada sinta, cara ini bisa dibilang mudah akan tetapi masih banyak juga rekan-rekan yang belum mengetahui cara yang satu ini, maka dari itu kami akan menyediakan tata cara download jurnal di sinta yang dapat mudah dipahami.

Baca Juga: Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta

1. Buka website Sinta

Pertama-tama kalian buka https://sinta.kemdikbud.go.id

2. Memilih Kualitas Jurnal

Di sini kalian bisa pilih kualitas jurnal dengan menggunakan ( sinta 1, sinta 2, sinta 3, sampai sinta 6 ) dan kalian juga bisa pilih salah satu keyword, selanjutnya cari judul jurnal ( journal ) yang akan kalian unduh atau download sesuai pada kolom pencarian.

3. Memilih Judul Journal

Setelah menulis jurnal yang kalian inginkan langkah selanjutnya adalah kalian klik cari dan akan muncul beberapa rekomendasi jurnal.

Setelah itu kalian bisa klik logo yang ada di bawah judul, logo tersebut adalah penyedia indeks jurnal, bisa Arjuna, PDDIKTI, Risbang, Garuda atau scopus ( indeks international journal ),

5. Masuk pada Tautan

Langkah selanjutnya adalah kalian bisa memilih judul jurnal yang kalian inginkan, dan kalian juga bisa melihat abtark yang ada dalam jurnal tersebut.

Setelah itu kalian bisa klik masuk lalu kalian akan di arahkan ke perguruan tinggi atau universitas jurnal yang kalian pilih untuk mengetahui teks full dari jurnal tersebut

6. Download Jurnal

Setelah itu akan muncul artikel jurnal yang kalian inginkan dan kali bisa mendownload dalam bentuk PDF.

Cara Daftarkan Jurnal Di Website Sinta

Cara Daftarkan jurnal di website Sinta

Adapun tata cara daftar jurnal di website sinta yang bisa kamu praktekan, cara ini merupakan cara khusus agar kamu bisa mendaftar.

Dan jika jurnal kamu sudah terindex oleh sinta maka jurnal kamu bisa masuk sinta 1 ( S1 ) Sinta 2 ( S2 ) Sinta 3 ( S3 ) Sinta 4 ( S4 ) Sinta 5 ( S5 ) atau ke Sinta 6 (S6 ).

Pada Portal Web Sinta, sudah terdapat banyak sekali jurnal internasional maupun jurnal nasional yang memiliki reputasi bagus dan tentunya sudah terakreditasi. Setiap jurnal pun sudah diterbitkan sesuai dengan klasteriasi dari Sinta 1- Sinta 6.

Ketika para mahasiswa S1 , S2 maupun S3 ingin membuat tugas dari dosen yang bisa berupa makalah, skripsi, tesis, biasanya dianjurkan (bahkan ada yang mewajibkan) untuk menggunakan referensi dari Jurnal yang sudah terindeks ke sinta. Biasanya, Sinta 1 untuk referensi mahasiswa doktoral (S3) sedangkan Jurnal Sinta 2 sebagai batas minimal rujukan mahasiswa magister (S2), sedangkan mahasiswa S1 biasanya cukup jurnal yang terdaftar pada ISSN saja.

Kesimpulan

Nah tadi adalah pembahasan mengenai Cara Download Jurnal Di Sinta yang wajib kamu ketahui, karena pastinya cara ini akan sanag membatu bagi kamu yang sedang mengalami kesulitan.


FAQ

Apa yang dimaksud dengan Sinta?

Sinta sendiri adalah sebuah portal ilmiah atau laman daring yang dikelola oleh kemendikbud ristek sehingga menyediakan daftar jurnal nasional yang terakreditasi. Dan sinta juga dapat diartikan sebagai pusat data atau database jurnal nasional terakreditasi.

Sinta tertinggi berapa?

tingkatan jurnal Sinta dibagi menjadi 6

Apa itu jurnal Terakreditasi Sinta?

Jurnal Sinta secara garis besar adalah database jurnaljurnal nasional yang sudah terakreditasi oleh ARJUNA. Sementara jurnal Scopus merupakan database untuk jurnal internasional bereputasi. Dimana reputasi jurnal ini bisa dilihat dari kinerja jurnal dan kinerja beberapa aspek yang menyertainya