Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta

Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Tapi bagi kamu yang belum tahu caranya, silahkan simak artikel berikut sampai habis!

Bagi kalian yang ingin mengetahui cara mesinkronisasi Google Scholar dengan sinta kalian bisa menyimak langkah-langkah di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta

Cara Sinkornisasi Google Scholar Dengan Sinta

Pada intinya kami akan membahas tata cara untuk mesinkronisasi google scholar dengan sinta agar lebih mudah dan cepat dalam pengerjaannya.

Tutorial ini sangat penting bagi kamu para verifikator SINTA, yang dimana salah satu tugas wajib dari verifikator sinta adalah melakukan singkronisasi google scholar.

Sehingga, data karya ilmiah dosen di profil google scholar dibawa ke dalam portal sinta. Dan bagi kalian sebagai verifikator, tentunya harus terlebih dahulu mengecek profil Google Scholar yang akan disinkronkan.

Hal ini dilakukan utuk memastikan bahwasannya publikasi yang ada di profil google, memang merupakan hasil dari karya dosen yang bersangkutan.

Kalin bisa melihat hasil dari sinkornasi google scholar dari salah satu dosen di tautan yang kami lampirkan berikut: https://scholar.google.co.id/citations?user=pBiiwtsAAAAJ&hl=id&oi=ao

Baca Juga: Cara Mencari Judul Jurnal Di Sinta

Hal yang harus diperhatikan adalah jumlah publikasi di profil google scholar kamu, dan kamu juga bisa melihat hasil total dari publikasi di bagian bawah.

Kalin juga bisa melihat jumlah total dari publikasi atau jurnal melalui profil google cendekia, selanjutnya kamu harus memeriksa publikasi instruktur yang relevan satu per satu, atau juga bisa menggunaka mesin pencarian kata kunci untuk menemukan yang relavan.

Login pada link berikut : https://sinta.kemdikbud.go.id/logins

  • Temukan dosen terkait menggunakan nama dosen atau NIDN dosen.
  • Kemudian untuk mengecek apakah link Google Cendekia sudah benar, klik menu Cek di sebelah ID Google Cendekia. Perhatikan juga di sini bahwa bagian Statistik Penulis di bagian Google Cendekia menunjukkan bahwa artikel tersebut masih 0, dalam hal ini tidak pernah disinkronkan.
  • Kemudian untuk pengecekan link google cendekia sudah benar, kalian bisa mengklik menu cek di sebelah ID Google Cendekia.
  • Kalian juga perlu untuk memperhatikan bagian Google Cendekia untuk menunjukan bahwa artikel itu masih 0, hal ini menunjukan bahwasannya ini tidak pernah disinkronkan.
  • Untuk melakukan sinkronasi kalian hanyak perlu mengklik menu Minta Sinkronisasi Google, lalu akan terlihat statistik dari penulis di bagian google cendekia yang akan menunjukan artikel tersebut masih 0.
  • Pilih Ya, kirim permintaan dan tunggu proses sinkronisasi berhasil. Tanda bahwa sinkronisasi selesai, kemudian jumlah artikel di bagian statistik penulis.
  • Pilih ya, lalu kirim permintaan tersebut dan tunggu beberapa waktu untuk proses sinkornasi berhasil, untuk melihat hasilnya kamu bisa melihat jumlah artikel di bagian statistik.
  • Dan hasilnya akan ada 5 artikel di bagian google cendekia, berdasarkan jumlah dari publikasi di profil google cendekia yang bersangkutan.

Cara Mencari Jurnal Yang Ada Di Google Scholar

Cara Mencari Jurnal Yang Ada Di Google Scholar

Berikut ini kami akan menjelaskan cara mencari jurnal yang ada di google scholar, bagi kamu yang belum mengetahui caranya kami harap cara ini bisa membantu teman-teman sekalian

  • Buka dokumen artikel yang menjadi referensi
  • Lihat kata kunci yang digunakan, biasanya ada pada bawah abstrak. Disini saya akan contohkan : Archivist, Records Management, Industry 4.0 sebagainya
  • Catat dan copy kata kunci tersebut ke mesin pencari google scholar
  • Lakukan pencarian artikel
  • Selanjutnya tahapan yang sama hingga menemukan artikel yang sesuai.

Kesimpulan

Cukup sampai disini pembahasan kita kali ini menganai Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta yang bisa kamu coba gunakan, semoga pembahasan kali ini bisa membantu teman-teman yang sedang mengalami kesusahan mengenai Google Scholar.


FAQ

Kenapa tidak bisa buka google scholar?

perlu diketahui alasan uama masala ini terletak pada jaringan yang mengirimkan kueri otomatis saat mengunjungi halaman tersebut

Apa bedanya Google Scholar dengan Google com?

GoogleScholar hanya menampilkan hal yang berhubungan dengan materi ilmiag sedangkan untuk google cendekia tidak menampilkan hasil pemcarian seperti video, blog pribadi, dan masih banyak lainnya

Apakah Google Scholar sama dengan Google Cendekia?

Google Cendekia (bahasa Inggris: Google Scholar) merupkan layanan yang memungkinakan pengguna untuk melakukan pencarian dalam berbagai formay publikasi