Syarat Menjadi Guru Besar

Sedang mencari informasi seputar syarat menjadi guru besar? jika iya, kamu bisa simak artikel ini sampai habis yah, karena dalam artikel ini kami akan memberikanmu informasi seputar syarat menjadi guru besar.

Nah, penasaran seperti apa pembahasannya? Simak artikel ini sampai habis agar kamu mendapatkan jawabannya!

Baca Juga : Kum Guru Besar

Apa Itu Guru Besar?

Syarat Menjadi Guru Besar

Nah, sebelum kamu masuk kedalam pembahasan syarat menjadi guru besar, sebaiknya kamu ketahui dan pahami terlebih dahulu mengenai apa itu guru besar.

Guru besar adalah jabatan akademik tertinggi yang diraih oleh seorang pendidik sekaligus peneliti dengan berbagai proses tahapan sehingga karyanya dapat bermanfaat untuk masyarakat luas sebagai wujud dalam pengabdian pada bidang akademis. 

Syarat Menjadi Guru Besar

Nah, dibawah ini ada beberapa syarat yang wajib kamu penuhi jika ingin menjadi guru besar, berikut beberapa diantaranya.

1. Memiliki Ijazah Doktor (S3)

Syarat pertama yang harus kamu penuhi adalah memiliki gelar Doktor atau gelar S3, baik dari perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

Oleh karena itu, dosen disarankan untuk segera melanjutkan studi S3 dengan tujuan untuk bisa mencapai Guru Besar dalam karir akademisnya.

2. Pengajuan Profesor Minimal 3 Tahun Setelah Lulus S3

syarat kedua dalam proses mendapatkan gelar guru besar bagi seorang dosen melibatkan pengajuan setelah tiga tahun mendapatkan gelar doktor (S3).

Dengan kata lain, jika seseorang lulus S3 pada tahun 2024, dia dapat mengajukan kenaikan pangkat menjadi Profesor pada tahun 2027.

3. Publikasi Jurnal Internasional Bereputasi

Agar bisa menjadi guru besar, seorang dosen perlu memenuhi persyaratan terkait publikasi ilmiah.

Persyaratan tersebut melibatkan publikasi artikel ilmiah dalam jurnal internasional bereputasi.

Setidaknya, satu artikel ilmiah harus dipublikasikan dalam jurnal internasional yang terindeks di Scopus, dengan menjadi penulis pertama.

Jika persyaratan ini dapat dipenuhi, maka jalan untuk menjadi Guru Besar dan gelar Profesor akan semakin terbuka.

Bingung harus publikasi jurnal internasional? Sini kami bantu, hubungi nomor dibawah ini

4. Pengalaman Minimal 10 Tahun sebagai Dosen

Dosen baru bisa menjadi Guru Besar dan mendapatkan gelar Profesor jika sudah mengabdi selama 10 tahun sebagai dosen.

Hal ini tidak terlalu sulit, mengingat sebagian besar dosen memerlukan waktu lebih dari 10 tahun untuk naik jabatan dari Asisten Ahli ke Lektor atau bahkan Lektor Kepala.

Oleh karena itu, bagi dosen yang secara khusus mengejar pengembangan karir akademik, tanpa disadari akan mengabdikan diri selama 10 tahun atau lebih, dan secara otomatis memenuhi syarat yang ditetapkan.

5. Memenuhi KUM

Syarat terakhir untuk mendapatkan gelar guru besar adalah memenuhi KUM atau angka kredit dosen.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, kenaikan jabatan fungsional dosen sangat bergantung pada akumulasi Kompetensi Umum yang dikumpulkan secara bertahap.

Setiap dosen yang melaksanakan tugas-tugas utama dan pendukung akan mendapatkan tambahan poin angka kredit.

Dengan jumlah tertentu, hal ini dapat membantu dosen dalam mencapai kenaikan jabatan fungsional.

Untuk dapat mencapai posisi Guru Besar, jumlah Kompetensi Umum yang terkumpul minimal harus mencapai 850 poin atau bahkan 1.050 poin.

Dosen yang memiliki akumulasi Kompetensi Umum sebanyak 850 poin dan memenuhi syarat umum lainnya dapat mengajukan permohonan kenaikan jabatan Guru Besar kepada Tim PAK di kampus.

Akhir Kata

Nah, mungkin itu saja informasi seputar syarat menjadi guru besar yang bisa kami berikan, semoga dengan adanya artikel syarat menjadi guru besar bisa berguna dan bermanfaat.


FAQ

Bagaimana mendapat gelar guru besar?


Beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk meraih gelar Guru Besar di antaranya syarat umum yaitu seorang dosen harus menjadi peserta sertifikasi dosen yang telah diakui negara dengan sertifikat dan nomer registrasi.

Berapa lama proses guru besar?

Proses pemberkasan memerlukan waktu 2 bulan (Desember 2020-Januari 2021), penilaian PT 1 bulan (Maret 2021), penilaian LLDIKTI 6 bulan (April-September 2021), penilaian DIKTI sampai terbit SK Guru Besar selama 3 bulan (Oktober-Desember 2021).

Guru besar pensiun umur berapa?

Sebagaimana diketahui bahwa Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi telah diundangkan pada tanggal 10 Agustus 2012. Pasal 72 ayat (4) menyatakan bahwa batas usia pensiun dosen yang menduduki jabatan akademik profesor ditetapkan sampai 70 (tujuh puluh) tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like

Head Office Greenland Sendang Residence No. E-06, Sendang, Kec. Sumber, Cirebon, Jawa Barat 45611 Customer Support 0852-1341-2727

Attention!

Mau Skillmu Makin Jago dan Karirmu Melesat? Yuk, Gunakan Jasa Sertifikasi Profesi di Ditekindo Sekarang Juga!