Cara Menembus Jurnal Scopus

Halo semuanya, kali ini kami akan membahas mengenai Cara Menembus Jurnal Scopus yang pastinya cara-cara ini bisa mempermudahmu untuk masuk ke scopus.

 Nah tapi sebelum masuk ke pambahasan alangkah baiknya rekan-rekan untuk terlebih dahulu mengetahui mengenai jurnal scopus sendiri.

Pengertian Seputar Jurnal Scopus

Pengertian Seputar Jurnal Scopus

Nah pada bagian ini kami akan sedikit membahas mengenai scopus. Pada dasarnya scopus sendiri merupakan sebuah layanan pengindeksan dan penyedia database jurnal.

Atau bisa juga sebagai penyedia database jurnal atau pusat data yang disponsori oleh Elsevier, nah, Elsevier sendiri merupakan salah satu organisasi atau perusahaan  yang berbasis di Amsterdam.

Dan Elsevier sendiri telah mulai menerbitkan publikasi ilmiah internasional sejak pada tahun 1880.

Dan untuk saat ini scopus sudah mengindeks lebih dari 22.000 judul artikel jurnal dari lebih dari 5.000 penerbit.

Scopus bukan hanya menghadirkan karya ilmiah saja akan tetapi scopus juga menyediakan data paten dari berbagai penelitian di seluruh dunia dan juga memberikan layanan untuk menilai apakah jurnal berdampak signifikan.

Tips & Cara Menembus Jurnal Scopus

Meskipun Sebagian dari kalian sedikit kesulitan saat menembus jurnal scopus, akan tetapi hal ini bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan.

Maka dari itu kami disini akan memberikan tips and tirck yang bisa rekan-rekan coba agar bisa masuk ke scopus.

Baca Juga: Cara Melihat Quartile Jurnal Di Scopus

1. Coba Membuat Naskah Dengan Minimal 20 Referensi

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk menembus jurnal scopus adalah dengan menggunakan 20 atau lebih referensi.

Meskipun kamu memerlukan waktu yang lumayan banyak untuk membaca dan mendalami artikel tersebut, tapi, kamu juga akan merasakan hasil yang maskimal.

Selain itu jumlah dari referensi juga bisa menjadi pertimbangan yang penting dalam mengidentifikasi karya Anda.

2. Maksimal Plagiasi Naskah 15%

Dan untul hal yang bisa lakukan selanjutnya adalah dengan mendapatkan score plagiasi dibawah 15%.

Tak bisa dipungkiri bahwasannya plagiasi merupakan hal yang fatal, dan untuk menghindari hal ini kamu bisa menggunakan beberapa situs internet yang bisa mengecek tingkat plagiasi.

Untuk saat ini jurnal yang mempunyai peringkat tertinggi di scopus sendiri membutuhkan skor plagiarisme 15% atau lebih rendah lagi.

Dan telah diketahui juga bahwasannya peringkat dari scopus sendiri memiliki tingkat plagiarisme tertinggi hanya sampai angka 20%.

3. Penulis Naskah Harus Lebih Dari 1 (Minimal 2)

Cara yang ketiga untuk menembus jurnal scopus adalah dengan menggunakan minimal 2 penulis yang berbeda.

Pada dasarnya penelitian yang baik dilakukan oleh lebih dari satu orang, akan tetapi ada tim di belakangnya.

Dan jika perlu kamu bisa untuk mengundang orang-orang yang pernah mempublikasikan di Scopus untuk melakukan penelitian.

4. Hindari Jurnal Predator

Ini mungkin salah satu hal yang harus kamu ketahui sebelum menerbitkan jurnal Scopus, yakni jangan pernah untuk menyerahkan makalah yang ingin kalian publish ke jurnal tanpa sumber yang jelas atau biasa disebut jurnal predator.

5. Perbanyak Jam Terbang

Dan untuk cara yang terakhir untuk menembus scopus adalah dengan memperbanyak jam terbang mengenai publikasi jurnal.

Dalam penulisan jurnal yang hendak dipublikasikan di database internasional seperti Scopus tidak perlu mengenai sains atau teknologi canggih saja.

Maka dari itu jika kamu belum terlalu mengenalnya kalian bisa berlatih menulis dengan pembahasan yang mudah dan sudah kamu kuasai kuasai.

Kesimpulan

Nah tadi adalah pembahasan mengenai Cara Menembus Jurnal Scopus, bagi kamu yang masih belum bisa tembus jurnal scopus jangan cepat putus asa atau menyerah, karena kami akan selalu ada untuk memberikan tips and trick yang kamu perlukan.

Semoga pembahasan kami kali ini bisa membantu rekan-rekan semua yang sedang mengalami kesulitan, dan bagi kamu yang masih kebingungan kamu bisa menanyakannya di kolom komentar. Terimakasih.


FAQ

Apa yang dimaksud dengan Scopus?

Scopus adalah database jurnal terbesar yang meliputi abstrak dan kutipan dari literatur peer-review, yakni jurnal ilmiah, buku, dan prosiding seminar. Pusat data atau database tersebut berguna untuk melihat apa yang sudah diteliti

Scopus jurnal apa?

Jurnal Scopus adalah pusat data atau database kutipan dan literasi ilmiah, Scopus juga merupakan bagian dari Elsivier, perusahaan penerbitan yang sangat terkenal di dunia