Cara Memasukkan Jurnal Ke Sinta

Kali ini kami akan memebahas Cara Memasukkan Jurnal Ke Sinta yang masih dipertanyakan oleh banyak orang terutama para akademis baru.

Mengetahui cara memasukkan atau upload jurnal sinta maupun database internasional sangatlah penting bagi para dosen maupun para mahasiswa.

Terutama dosen yang memiliki kewajiban untuk melakukan publikasi artikel ilmiah ke dalam sebuah jurnal.

Proses dari publikasi akan ditujukan untuk seluruh hasil dari penagbdian dan penelitian ke masyarakat yang telah dijalankan oleh dosen.

Dosen juga diharapkan untuk mempublikasikan di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi.

Sekilas Tentang Jurnal Sinta 

Sebelum membahas lebih dalam lagi mengenai cara memasukkan jurnal ke sinta, ada baiknya kita mengenal lebih dalam lagi mengenai laman database satu ini.

Sinta sendiri merupakan sebuah website atau laman yang berisikan daftar jurnal nasional yang terlah terakreditasi oleh ARJUNA.

Sinta merupakan singkatan dari Science and Technology Index, dan bisa dikatakan sebagai database atau database perpustakaan yang berisi jurnal-jurnal nasional yang terakreditasi.

Ingin publikasi di jurnal terindeks sinta yang cepat terbit? Klik dibawah ya untuk konsultasi

Cara Memasukkan Jurnal Ke Sinta

Berikut adalah cara memasukkan jurnal ke sinta yang sebenarnya tidak lah selalu sulit, dan tahapan-demi tahapannya juga terbilang mudah. Adapun caranya sebagai berikut :

1. Mendaftar Akun Sinta 

Pada tahapan pertama, kalian perlu mendaftarkan akun di sinta itu sendiri, dan ini menjadi salah satu hal penting bagi para dosen.

Dan untuk pendaftaran akunnya sendiri terbilang mudah rekan-rekan hanya perlu masuk ke website atau laman dari sinta yakni https://sinta.kemdikbud.go.id/.

Langkah selanjutnya kalian bisa ke menu registration yang ada di atas, dan bagi rekan-rekan yang sudah mempunyai akun kalian bisa langsung login saja dengan masuk kedalam menu author login pada halaman utama.

2. Mengisi Formulir Registrasi 

Dan taha selanjutnya adalah mengisi formulir registrasi akun, di dalamnya kalian harus mengisi data di dalam formulir sesuai dengan ketentuan mulai dari nama lengkap, id di google scholar, nomor KTP, Id di Scopus, dan lain sebagainya sesuai dengan tampilanya.

3. Masukan ID Google Scholar 

Langkah selanjutnya adalah pengsian ID scopus dan google scholar. Dan Ini wajib di isi karena akan sinkron dengan kedua database.

Dan pastinya kalian harus sudah mempunyai akun Google Scholar atau Scopus agar proses pembuatan akun di Sinta bebas masalah dan cepat.

Baca Juga: Ciri Ciri Jurnal Terindeks Sinta

4. Pengecekan Kelengkapan Data 

Langkah selanjutnya kamu bisa memeriksa terlebih dahulu data dalam registrasi, setelah mengisi formulir jangan terlebih dahulu menekan tombol registrasi klain bisa terlebih dahulu memastikan semua data sudah benar dan lengkap.

Pastikan juga data yang kosong kecuali jika ada deskripsi data tertentu yang bisa dikosongkan, pastikan juga semua data telah valid karena pengelola halaman Sinta akan melakukan proses verifikasi nantinya.

5. Proses Verifikasi 

Ini merupakan tahap akhir dari pendaftaran yakni verifikasi. Proses verifikasi sendiri akan dilakukan oleh tim verifikator dari laman atau website Sinta. Seperti yang sudah disebutkan.

Sebelum itu, sinta akan lebih dulu mengecek validalitas data berdasarkan apa yang telah dimasukkan oleh instruktur.

Maka dari itu, universitas memverifikasi ID dengan Google Scholar, Scopus, NIDN, dll. Dan Jika telah terbukti asli atau valid, maka proses verifikasi selesai.

Dan jika sudah berhasil maka status pada akun sintamu akan berubah menjadi Terverifikasi, dan mungkin proses akan memakan waktu beberapa hari.

Ingin publikasi di jurnal terindeks sinta yang cepat terbit? Klik dibawah ya untuk konsultasi

6. Update Data Profil Dan Dokumen 

Setelah akun terverifikasi, maka langkah selanjutnya adalah memperbarui data profil. Yang artinya pengguna dapat melengkapi data pribadinya di akun Sinta yang telah dibuat.

Dan jika sudah, kalian bisa juga menentukan nama penulis jurnal yang akan diterbitkan ke Sinta. Gunakan nama dan data pribadi yang valid sekaligus akan mempermudah pencarian.

7. Tahap Sinkronisasi 

Tahap selanjutnya kalian bisa melakukan sinkronisasi akun Sinta dengan akun Google Scholar dan Scopus milikmu, dan setelah, disinkronkan, maka daftar jurnal yang diterbitkan di Scopus dan Google Scholar akan segera ditautkan.

8. Tahap Akreditasi 

Dan tahap selanjutnya adalah indeks yang merupakan tahapan terakhir yang bisa dilakukan sendiri oleh dosen itu sendiri.

Kalian harus mengajukan akreditasi terhadap jurnal tersebut ke ARJUNA. Yakni dilaman https://arjuna.kemdikbud.go.id/

Jika kalian mendapatkan nilai akreditasi antara 70-85, maka memperoleh akreditasi B, sehingga di dalam Sinta mendapat Kategori Sinta 2. Dan Jika akreditasi di atas 85, skor sertifikasi adalah A dan kategori Sinta 1.

Ingin publikasi di jurnal terindeks sinta yang cepat terbit? Klik dibawah ya untuk konsultasi

Benefit Publikasi Jurnal Sinta

Cara Memasukkan Jurnal Ke Sinta

1. Meningkatkan Reputasi Akademik

Salah satu benefit mempublikasikan jurnal ilmisintaah adalah peningkatan prestasi akademik seseorang. Ketika jurnal ilmiah mereka dipublikasikan dalam jurnal-jurnal terkemuka, hal ini dapat memperluas pengakuan dan citra positif penulis di kalangan komunitas akademik. Dengan demikian, penulis dapat dikenal secara lebih luas oleh sesama peneliti dan menjadi anggota yang aktif dalam lingkungan akademik. Selain itu, publikasi artikel ilmiah juga dapat membuka peluang yang lebih besar untuk mendapatkan penghargaan dan dana penelitian tambahan.

2. Meningkatkan Prospek Karir

Mempublikasikan artikel ilmiah dalam jurnal juga memiliki potensi untuk memperbaiki peluang karir seseorang di sektor akademik. Individu yang memiliki sejumlah besar karya yang diterbitkan di jurnal bergengsi dapat menjadi calon yang menarik bagi universitas dan lembaga penelitian lainnya. Selain itu, penerbitan artikel ilmiah dalam jurnal juga dapat berkontribusi pada peningkatan kemungkinan mendapatkan promosi ke tingkat yang lebih tinggi atau memperoleh posisi pengajar di perguruan tinggi yang lebih prestisius.

3. Menyebarkan Pengetahuan Ilmiah

Publikasi jurnal ilmiah memungkinkan penulis untuk menyebarkan pengetahuan dan hasil penelitian mereka ke dalam lingkungan akademis. Ini memungkinkan peneliti lain untuk mengadopsi dan menerapkan temuan tersebut dalam studi mereka sendiri, dengan demikian, menyumbangkan pada perkembangan pengetahuan ilmiah secara keseluruhan.

4. Meningkatkan Citasi dan Pengakuan

benefit dari publikasi jurnal ilmiah juga dapat berkontribusi dalam meningkatkan pengakuan dan jumlah kutipan yang lebih signifikan bagi penulis. Artikel yang diterbitkan di jurnal bergengsi akan menjadi rujukan utama bagi sesama peneliti dan akan sering disebut dalam penelitian mereka. Dengan demikian, hal ini dapat meningkatkan eksposur penulis dan mendukung memperbaiki reputasi mereka di kalangan komunitas akademik.

5. Meningkatkan Nilai Institusi Akademik

Institusi akademik juga meraih benefit dari publikasi jurnal ilmiah. Peneliti yang mempublikasikan hasil penelitian mereka dalam jurnal bergengsi akan meningkatkan citra institusi tempat mereka bekerja. Hal ini akan meningkatkan daya tarik institusi dalam menarik peneliti dan mahasiswa berpotensi tinggi. Terlebih lagi, lembaga pendidikan tinggi juga bisa menggunakan publikasi jurnal untuk meningkatkan posisi mereka dalam peringkat universitas global.

6. Memenuhi Persyaratan Publikasi

beberapa perguruan tinggi dan lembaga riset mengharuskan penulis untuk mempublikasi jurnal sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk meraih gelar atau naik pangkat akademik. Dengan demikian, manfaat dari publikasi jurnal bisa membantu penulis memenuhi persyaratan akademik tertentu dan mencapai tujuan mereka dalam meraih gelar atau naik pangkat yang diinginkan.

7. Membangun Jejaring Akademik

benefit dari mempublikasikan jurnal juga bisa membantu penulis dalam mengembangkan jaringan akademik yang solid. Penulis dapat berkomunikasi dengan rekan-rekan di dalam komunitas ilmiah dan membangun kerja sama yang erat dengan mereka. Kolaborasi ini dapat berkontribusi dalam memperluas pemahaman dan mencapai tujuan penelitian yang lebih besar.

8. Memperbaiki Kualitas Penelitian

publikasi jurnal juga bisa meningkatkan mutu penelitian. Saat mengunggah jurnal, artikel ilmiah akan melalui proses tinjauan dan evaluasi yang ketat sebelum diterbitkan. Tahap ini berguna untuk mengenali kelemahan dan kesalahan dalam penelitian serta memberikan masukan untuk perbaikan. Oleh karena itu, pengunggahan jurnal dapat membantu penulis untuk meningkatkan mutu penelitian mereka dan menciptakan penelitian yang lebih baik di masa mendatang.

9. Menyebarluaskan Penelitian Kepada Masyarakat Umum

benefit dari publikasi jurnal sinta juga dapat berkontribusi dalam menjangkau khalayak luas dengan penelitian yang dilakukan. Artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal terkemuka seringkali menjadi sorotan media dan diakses oleh beragam kalangan. Hal ini memungkinkan para peneliti untuk mengedarkan hasil penelitian mereka kepada masyarakat umum dan meningkatkan kesadaran mengenai isu-isu penting yang terkait dengan penelitian tersebut.

10. Mendukung Pengambilan Keputusan

Benefit dari publikasi jurnal sinta dapat memberikan kontribusi dalam mendukung proses pengambilan keputusan. Temuan penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal terkemuka dapat menjadi acuan bagi mereka yang memiliki peran dalam pengambilan keputusan di berbagai sektor, termasuk kebijakan publik, bisnis, dan kesehatan. Oleh karena itu, penelitian tersebut dapat membantu para pengambil keputusan dalam menjadikan keputusan yang lebih optimal dan lebih berdasarkan informasi.

Kesimpulan

Tadi adalah sedikit pembahasan kamu kali ini menganai Cara Memasukkan Jurnal Ke Sinta yang masih belum diketahui oleh orang-orang, semoga pembahasan kali ini bisa membatun rekan-rekan yang sendang mengami kesulitan. Terimakasih.

Tag : Jurnal Internasional


FAQ

Apakah Upload jurnal Sinta berbayar?

Perlu kamu ketahui bahwa untuk publikasi jurnal sinta sendiri ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. dan Jika kamu memilih publikasi jurnal sinta yang gratis, maka kamu akan melalui proses review naskah yang super ketat dan tidak ada yang akan mendampingimu.

Berapa lama upload jurnal di Sinta?

Setidaknya dibutuhkan waktu paling cepat itu sekitar 8 bulan sampai satu tahun lamanya. Karena jurnal biasanya itu terbit secara berkala dalam kurun waktu 3 bulanan, 4, 6 sampai tahunan.

Kenapa jurnal tidak muncul di Sinta?

Jurnal belum muncul di Sinta karena belum ditetapkan akreditasi maupun keluar hasil penilaian evaluasi jadi jurnal dapat menunggu sampai periode akreditasi selesai.

2 thoughts on “Cara Memasukkan Jurnal Ke Sinta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like