Website Untuk Mencari Jurnal Nasional dan International

  • Whatsapp
Website untuk mencari jurnal

Sebagai mahasiswa, melakukan tugas atau karya ilmiah merupakan hal yang lumrah.Dalam menyusun karya ilmiah, selain mengandalkan perpustakaan, terkadang kita juga membutuhkan referensi lain di Internet.

Namun, apabila mengambil referensi dari jurnal lain, terutama jurnal internasional, sebaiknya tidak mengambil dari sumber manapun. 

Dilansir dari website Institut Teknologi Batam (iteba.ac.id), untuk referensi atau bahan tambahan, mahasiswa biasanya menggunakan jurnal terbaru. Akhir-akhir ini mahasiswa sering mengambil jurnal internasional untuk dijadikan referensi.

Jika dibandingkan dengan penulisan ilmiah akademik lainnya, seperti tesis, website jurnal lebih bergengsi. Jurnal sekarang banyak digunakan sebagai tulisan ilmiah oleh dosen dan peneliti. Bahkan dosen kini mendorong mahasiswanya untuk mencari referensi di jurnal internasional.

Website Untuk Mencari Jurnal Nasional 

Website Untuk Mencari Jurnal Nasional 

Berikut adalah beberapa website di mana Anda dapat menemukan jurnal Indonesia terpercaya. Situs Jurnal internasional dan Situs jurnal nasional sangat bermanfaat bagi peneliti mahasiswa dan dosen.

Hal ini dikarenakan jurnal biasanya digunakan untuk memajukan penelitian yang Anda lakukan. Langsung saja, berikut adalah daftar tempat mencari Situs jurnaI nasional indonesia. 

1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Website Untuk Mencari Jurnal

Sebagai pusat perpustakaan tentunya terhubung dengan dunia literasi, termasuk penyajian hasil jurnal dari para peneliti di Indonesia. 

Bagi yang penasaran bisa langsung mengunjungi e-resources.perpusnas.go.ig. Bukan hanya jurnal penelitian untuk mempelajari referensi penelitian anda, Tetapi anda dapat bergabung atau menjadi anggota perpustakaan online. 

Adapun jenis-jenisnya bisa anda dapatkan di web ini. Jadi tidak hanya dalam bentuk jurnal, tetapi juga dalam bentuk e-book dan karya ilmiah.

Tidak banyak yang tahu, ternyata Perpusnas sendiri juga berlangganan penyedia referensi nasional dan internasional. Ada yang dari Proquest, sciencedirect, Cambridge University Press, Princeton University Press dan Balai Pustaka.

Link Untuk Perpustakan Nasional Republik Indonesia : Disini

2. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia 

Website Untuk Mencari Jurnal nasional

Keunggulan LIPI adalah menyediakan jurnal dalam bahasa Inggris. Sangat cocok bagi mereka yang mencari sumber jurnal internasional atau sejenisnya. Anda dapat mengaksesnya di lipi.go.id. 

LIPI dikelola oleh lembaga pemerintah non-kementerian. Namun, LIPI masih dikoordinasikan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. 

Tahukah Anda bahwa LIPI memiliki lebih dari 15.000 jurnal yang dapat anda unduh? Itu tidak termasuk artikel yang diterbitkan di beberapa universitas dan lembaga penelitian. 

Karena ada banyak file di sana, di kolom pencarian anda dapat mengetik nama penulis, atau anda dapat mengetikkan judul atau topik. anda juga dapat mengetik di kolom pencarian berdasarkan tahun penerbitan jurnal atau artikel. 

Link Untuk Lembaga Ilmu Pengetahuan : Disini

3. Academia

Situs Ini lebih tepat sebagai jejaring sosial. Setidaknya di tempat ini Anda bisa mendapatkan banyak sumber jurnal atau e-book.

Entah bagaimana, Academia.edu memiliki lebih dari 137 juta pengguna. Hal ini menunjukkan bahwa ada banyak sumber referensi. 

Academia.edu berisi 26 juta karya ilmiah yang bisa kita lihat. Bagi anda yang ingin mendownload dokumen disini, bukan sembarang orang. Syarat utamanya adalah memiliki akun di situs ini. Setelah Anda menjadi anggota, Anda dapat mendownloadnya dengan mudah. 

Link Untuk Academia : Disini

4. Syntax Literate ( Jurnal Terakreditasi Sinta 4 )

Rekomendasi website untuk mencari jurnal nasional selanjutnya yaitu syntax literate. Anda bisa mencari jurnal pada website ini secara gratis, bahkan kualitas dari jurnal ini sangat lah bagus dengan terakreditasi sinta 4 membuat situs jurnal ini banyak dicari.

Link Untuk Syntax Literate : Disini

5. Jurnal Syntax Idea

Rekomendasi selanjutnya website untuk mencari jurnal nasional yaitu syntax idea. Situs ini menyediakan ratusan jurnal secara gratis yang bisa anda download.

Link Untuk Syntax Idea : Disini

Tempat Publish Jurnal Nasional Gratis

PENAWARAN SPECIAL Khusus HARI INI, Call For Paper Jurnal Terakreditasi Sinta pastinya harga lebih terjangkau, segera booking slot nya agar bisa mendapatkan jurnal sinta!

Baca Juga : Publikasi Jurnal Sinta Gratis 2021

Website Untuk Mencari Jurnal International

Website Untuk Mencari Jurnal International

Ada banyak rekomendasi situs jurnal internasional terbaik yang bisa anda akses untuk mencari referensi jurnal. Berikut contohnya :

1. Microsoft Academic 

Website Untuk Mencari Jurnal International

Anda dapat pergi ke situs ini dan mengetikkan kata kunci yang ingin anda cari. Sistem pencarian situs ini juga bisa memfilter sesuai keinginan anda. Misalnya, jika Anda mencari jurnal berdasarkan penulis, Anda dapat mengklik “penulis” dan “rentang tanggal” untuk memfilter tahun penerbitan jurnal.

2. Direktori Jurnal Akses Terbuka (DOAJ) 

Website Untuk Mencari Jurnal International

Direktori Jurnal Akses Terbuka (DOAJ) adalah situs yang berisi direktori jurnal akses terbuka dan artikel ilmiah atau dengan kata lain akses terbuka. Website ini diluncurkan pada tahun 2003. Sejak website ini diluncurkan, telah ada 11.000 majalah dari 127 negara. 

Tak hanya itu, lebih dari 4 juta artikel telah tersimpan di situs ini. 3. ResearchGate ResearchGate adalah platform media sosial bagi para peneliti. Di situs tersebut terdapat forum diskusi yang dapat diakses oleh para peneliti dari seluruh dunia.

3. ResearchGate

Researchgate adalah platform media sosial bagi para peneliti. Di situs tersebut terdapat forum diskusi yang dapat diakses oleh para peneliti dari seluruh dunia.

Situs ini juga dapat diakses oleh mahasiswa S1 dan S2 untuk mencari referensi jurnal penulisan karya ilmiah. Namun, beberapa jurnal memerlukan izin akses atau permintaan penulis.

4. Google Scholar 

Google Scholar merupakan website untuk mencari jurnal internasional gratis. Situs ini memuat ratusan jurnal ilmiah yang dapat diakses dalam berbagai format. 

Jurnal yang tersediapun sanagat beragam, mulai dari jurnal Indonesia hingga internasional. Jenis karya ilmiah yang tersedia antara lain tesis, jurnal, dan e-book. Anda dapat mengaksesnya secara gratis melalui website ini

5. ScienceDirect 

ScienceDirect adalah platform yang menyediakan referensi untuk jurnal internasional. Situs ini sudah tidak asing lagi di kalangan peneliti dan dosen. Namun, situs ini berisi banyak artikel ilmiah berbayar. Bagi mahasiswa yang sedang mencari referensi jurnal dapat mengunjungi website ini dan membaca ringkasan penelitian.

6. Academia.edu

Situs ini umumnya dikenal sebagai jejaring sosial bagi para akademisi untuk berbagi hasil penelitian. Untuk mendownload jurnal di situs ini, anda perlu membuat akun atau menyinkronkannya dengan akun Google atau Facebook anda.

7. ProQuest 

ProQuest adalah Kumpulan jurnal elektronik (database) yang berbasis di Ann Arbor, USA. Situs ini menyediakan sumber informasi ilmiah bagi peneliti, dosen dan mahasiswa. 

Anda bisa mencari jurnal yang ingin dijadikan referensi berdasarkan kata kunci. Di situs ini, tidak hanya tersedia majalah internasional, tetapi juga buku, video pendidikan, audio, dan surat kabar.

8. Freefullpdf 

Jika Anda mencari sesuatu yang gratis, Anda dapat menemukan majalahnya di freefullpdf.com. Selain jurnal, disini juga terdapat makalah dalam format pdf. Jadi bagi yang merasa lebih nyaman membaca versi pdf dibandingkan dengan versi online secara langsung, situs ini adalah yang tepat. Sebagai catatan, freefullpdf lebih mengkhususkan pada makalah dan publikasi. 

9. Jurnal Pendidikan dan Penelitian Internasional

Sebenarnya ada banyak tempat untuk mencari jurnal Indonesia dan luar negeri yang bisa Anda cari. Salah satunya adalah Ijern.com, yang tidak lain adalah jurnal internasional pendidikan dan penelitian.

Jurnal-jurnal yang diterbitkan di sini dikelola langsung oleh Center for Contemporary Research (CRC Publications) dan didedikasikan untuk menyediakan jurnal-jurnal yang bermanfaat bagi para peneliti, profesional, mahasiswa atau akademisi. 

10. Libgen.org

Rekomendasi tempat website untuk mencari jurnal Indonesia dan international juga dapat ditemukan di Libgen. Libgen adalah perpustakaan genesis yang menyediakan berbagai jurnal. Mulai dari jurnal terbitan lama hingga jurnal terbitan terbaru. Hal ini sangat memudahkan peneliti yang ingin membandingkan hasil pencarian lama dengan hasil pencarian baru. 

Kelebihan libgen adalah semua majalah dapat diakses secara gratis. Sayangnya, ada desas-desus bahwa situs ini adalah situs ilegal. Oleh karena itu, bagi yang ingin aman sebaiknya mencari majalah referensi yang terpercaya dan bereputasi baik. Misalnya website Kementerian Riset dan Teknologi dan Perpustakaan Nasional RI yang telah disebutkan sebelumnya. 

11. Oxford Academic

Tidak dapat dipungkiri bahwa sumber referensi tidak harus dalam bahasa Indonesia. Seringkali, banyak website asing menawarkan wawasan baru. Dari segi pembahasan, jurnal dari luar negeri lebih menarik.

Bukan berarti jurnal lokal kurang menarik, tapi tetap menarik. Hanya karena ada negara yang berbeda, ada banyak masalah yang berbeda. Oleh karena itu tidak heran jika banyak peneliti memilih jurnal international. Salah satunya di Oxford Academy. 

Oxford Academy adalah situs tempat Anda dapat menemukan jurnal internasional yang direkomendasikan. Seperti namanya, website ini dikelola atau dimiliki oleh sebuah universitas ternama yaitu University of Oxford. Tentu saja, Anda dapat mendownload jurnal tersebut secara gratis. 

12. Jurnal Sage 

jika beberapa rekomendasi di atas masih belum sepenuhnya memuaskan. Maka jurnal sage mungkin bisa menjadi salah satu rekomendasi tempat mencari majalah Indonesia yang perlu anda coba. Sayangnya, Majalah Bijak bukanlah situs milik Indonesia, melainkan milik Amerika Serikat, sehingga isi jurnal di dalamnya juga menggunakan bahasa inggris. 

13. JSTOR

Tempat lain untuk mencari majalah Indonesia dan internasional adalah JSTOR. Situs ini memiliki banyak pilihan jurnal, tidak hanya ratusan ribu yang tersedia di sana, tetapi kurang lebih 12 juta jurnal.

Kelebihan web ini adalah memudahkan peneliti untuk mencari sumber referensi lain selain jurnal. Diantaranya adalah buku. 

Jadi bagi yang ingin mencari sumber referensi jurnal dari berbagai negara dan melihat ilmu dari dunia luar bisa mengunjungi website ini.

Studi jurnal di sini juga bersifat lintas negara dan lintas departemen. Dari Studi Film, Hubungan Internasional, Musik, Arkeolog, Agama dan masih banyak lagi. 

Keunggulan JSTOR selanjutnya adalah jurnal atau yang tersedia ada sekelompok jurnal yang telah lolos proses review dan memenuhi kriteria. Oleh karena itu, Anda tidak perlu lagi mengetahui atau mengetahui apakah sudah direview atau belum. 

Penutup

Itulah beberapa rekomendasi website untuk mencari jurnal nasional dan international. Anda tidak perlu lagi mencari lagi jurnal di tempat perpustakaan daerah anda. Cukup pada website yang sudah saya rekomendasikan diatas.Semoga artikel ini bermanfaat, dan dapat membantu anda untuk mencari jurnal secara gratis.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *