Tujuan Penelitian Tindakan Kelas

Bagi kamu yang sedang mencari apa itu Tujuan about perfomance enhancing drugs Penelitian tindakan kelas, kamu bisa temukan jawabannya pada artikel ini.

Perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan salah satu jenis penelitian yang dilakukan guna memberbaiki kualitas dari pembelajaran di kelas.

PTK (Classroom Action Research) pertamakali di perkenalkan pada tahun 1946 oleh Kurt Lewin yang kemudian dikembangkan oleh beberapa pakar lainnya seperti Robin Mc Tagart, Dave Ebbutt, Stephen Kemmis dan John Elliot.

Awalnya, PTK ini merupakan tindakan yang dilakukan pada bidang pekerjaan tertentu yang mana peneliti tersebut melakukan pekerjaannya. Bida tersebut bisa berupa bidang kesehatan, pendidikan maupun pengelolaan sumber daya alam.

Sebagai contoh pada bidang pendidikan, karena guru berperan penting dalam pengelolaan pembelajaran di dalam kelas, maka subjek penelitiannya itu situasi dalam kelas peserta didik.

Semakin baiknya psikologi kognitif yang selalu mengutamakan aspek konstruktivisme, maka para guru tidak akan lagi dianggap ‘Hanya Sekadar Penerima Pembaharuan’.

Nah, pada bagian ini kami akan langsung memberikanmu informasi mengenai apa saja tujuan penelitian tindakan kelas.

Yuk kita simak!

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas

Tentu saja tujuan penelitian tindakan kelas ini tidak main-main. Kenapa? Karena ini akan meningkatkan kualitas proses belajar mengajar.

Nah, berikut beberapa tujuannya :

1. Memperbaiki Mutu Pendidikan

Memperbaiki mutu pendidikan merupakan tujuan utama dari PTK.

Pada dasarnya, hasil dari PTK ini akan memberikan laporan dan gambaran yang tepat sesuai tentang situasi kongkrit dari proses belajar mengajar di tempat dilakukannya penelitian.

Sehingga, atas dasar inilah kualitas dan mutu pendidikan akan tetap terjaga sesuai dengan yang ditentukan.

Baca Juga : Penelitian Tindakan Kelas

2. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Menemukan Proses Belajar Yang Tepat

Dalam bidang pendidikan, salah satu keuntungan dari PTK ini akan dapat menangani evaluasi, kurikulum dan pengembangan profesional. Sehingga, nantinya akan mendapatkan penjelasan sesuai dengan penelitian proses belajar mengajar.

3. Memecahkan Permasalahan Di Kelas

Biasannya, PTK ini akan meyajikan sebuah hasil dan dijelaskan sebagai upaya pemecahan problem solving yang ada di dalam kelas.

Tentu saja hal ini akan memberikan nilai yang lebih karena membantu tenaga pendidik agar lebih dapat memahami semua permasalahan yang ada.

4. Untuk Menumbukan Budaya Akdemik

Menumbuhkan budaya akademik juga merupakan salah satu tujuan penelitian tindakan kelas.

Hal ini dikarenakan PTK sangat membantu dalam memberikan kesimpulan singkat pada bagian hasil sebagai pengikat masing-masing hasil temuan bersama kemudian menghubungkannya ke pembahasan satu.

5. Meningatkan Praktik Pembelajaran

Karena tujuan utama dari penggunakan PTK ini untuk menverifikasi teori, maka dengan adanya PTK ini diharapkan dapat meningkatkan praktik pembelajaran.

Para peneliti ingin membuktikan bahwasannya suatu landasan teori tersebut bisa diamati pada objek penelitian tertentu.

Oleh karena itulah langkah-langkah PTK ini memerlukan model hipotesis penelitian yang perlu diformulasi dan diuji dalam praktik pembelajaran.

6. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas Lainnya

  • Sebagai pemecah masalah yang nyata yang sedang terjadi di dalam kelas
  • Peningkatan profesionalisme guru dan penumbuhan budaya akademik
  • Sebagai alat training of service untuk guru agar merasakan metode baru dalam proses belajar mengajar
  • Alat untuk guru sebagai sarana yang lebih inovatif dalam pembelajaran
  • Untuk meningkatkan praktik pembelajaran di kelas
  • Meningkatkan profesional para tenaga pendidikan
  • Untuk peningkatan efisiensi pengelolaan pendidikan
  • Meningkatkan layanan profesionalisme guru dalam memecahkan setiap masalah
  • Untuk meningkatkan mutu dan kualitas hasil pembelajaran dengan mengembangkan berbagai jenis keterampilan
  • Melatih para guru agar lebih inovatif dalam mengembangkan skill
  • Menantang para guru agar menjadi kreatif dalam menyelesaikan masalah

Pengertian Tujuan Penelitian Tindakan Kelas

Pengertian Tujuan Penelitian Tindakan Kelas

Secara bahasa, PTK atau penelitian tindakan kelas terdiri dari 3 buah kata yaitu penelitian, tindakan dan kelas.

Penelitian : Suatu kegiatan mengamati sebuah objek dengan menggunakan prosedur tertentu untuk penemuan yang bertujuan sebagai peningkatan mutu

Tindakan : Sebuah perlakuan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang secara terencana dan sengaja dengan tujuan tertentu

Kelas : Kelas menunjukkan sebuah tempat yang digunakan untuk melakukan tindakan

Secara pengertian, PTK merupakan sebuah penelitian yang sifatnya reflektif (pengulangan) dengan melakukan beberapa tindakan yang bertujuan untuk meningkatkan proses praktik pembelajaran di kelas agar lebih profesional.

Nah, PTK ini bisa digunakan para guru untuk mengimplementasi berbagai macam program sekolah. Ini bisa dilakukan dengan cara mengkaji beberaa indikator keberhasilan dalam proses KMB (kegiatan belajar mengajar) peserta didik.

Baca Juga : Contoh Data Kualitatif

Fungsi Dari Tujuan Penelitian Tindakan Kelas

Fungsi Dari Tujuan Penelitian Tindakan Kelas

Ada beberapa fungsi dari tujuan penelitian tindakan kelas yang akan kami bahas di sini. Silahkan simak daftar berikut ini :

  • Untuk mendiagnosis berbagai macam masaalah yang timbul dalam pembelajaran di kelas
  • Memecahkan masalah khusus yang dialami para guru dan peserta didik di dalam kelas
  • Meningkatkan layanan profesionalitas guru dalam mengatur keadaan dan situasi dalam proses pembelajaran
  • Melakukan beberapa inovasi pembelajaran dengan melakukan uji coba hal-hal baru
  • Memantapkan para guru dalam pengelolaan proses pembelajaran agar menjadi lebih berkualitas
  • Mengembangkan keahlian kecakapan dari seorang guru yang nantinya diharapkan bisa digunakan untuk mengatasi masalah yang ada saat proses pembelajaran di kelas
  • Bertujuan untuk memperkuat tanggung jawab para guru dalam pelaksanaan kurikulum

Manfaat Tujuan Penelitian Tindakan Kelas 

Manfaat Tujuan Penelitian Tindakan Kelas 

Nah, perlu kamu ketahui bahwa ada tiga manfaat yang bisa didapat dalam tujuan PTK. Untuk guru, peserta didik dan sekolah.

Untuk selengkapnya bisa kamu cek di bawah ini :

1. Manfaat Bagi Guru

Mengembangkan dan meningkatkan kinerja profesionalitas dari seorang guru

Dapat menantang para guru untuk bisa berfikir kreatif dan inovatif dalam penyelesaian masalah yang sedang terjadi di dalam kelas

Mendapatkan banyak kesempatan agar bisa berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan keterampilan diri sendiri

Guru akan terbiasa untuk bisa mengatasi berbagai macam kelemahan pada saat proses pembelajaran

Meningkatnya rasa percaya diri para guru karena mereka akan selalu mengevaluasi kinerjanya sendiri

2. Manfaat Bagi Peserta Didik

Peserta didik akan bisa mengetahui apa saja kelemahannya saat proses pembelajaran berlangsung

Peserta didik akan mendapatkan pelayanan pembelajaran yang sangat berkualitas dengan tambahan metode pembelajaran yang bervariasi

Adanya hubungan timbal balik antara meningkatnya hasil belajar dan proses pembelajaran di dalam kelas

3. Manfaat Bagi Sekolah

Sekolah tersebut akan bisa berkembang lebih pesat karena adanya peningkatan dalam perubahan dan perbaikan kinerja profesionalitas guru

Sekolah tersebut akan menjadi panutan karena bisa mencerminkan kualitas pendidikan

Baca Juga : Ciri Ciri Jurnal Internasional

Langkah-Langkah Tujuan Penelitian Tindakan Kelas 

Langkah-Langkah Tujuan Penelitian Tindakan Kelas 

Perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa langkah untuk melakukan proses PTK ini. Mulai dari Planning (perencanaan), Acting (pelaksanaan), Observe (observasi) dan Reflecting (refleksi).

Keempat langkah tersebut harus terus dilakukan sampai dapat menemukan berbagai macam solusi terbaik dalam proses pembelajaran.

Nah, pada kesempatan ini kami juga akan memberikan penjelasan mengenai keempat langkah tujuan penelitian tindakan kelas tersebut.

Berikut penjelasannya :

1. Perencanaan (Planning)

2. Pelaksanaan (Acting)

3. Observasi (Observe)

4. Refleksi (Reflecting)

Prinsip Dari Tujuan Penelitian Tindakan Kelas

Perlu kamu ketahui juga bahwa dari tujuan penelitian tindakan kelas, ada beberapa prinsip yang harus dipegang teguh.

Di sini kami akan memberikan 5 contoh prinsipnya.

1. Tidak Boleh Mengganggu Komitmen Guru Sebagai Pengajar

Apapun metode PTK yang sedang diterapkan, tidak boleh menganggu komitmen seorang guru sebagai pengajar karena tugas utama dari seorang guru adalah untuk mengajar para peserta didik.

2. Teknik Pengumpulan Data Tidak Menyita Waktu

Teknik pengumpulan data dalam PTK ini tidak akan mengganggu proses pembelajaran karena tidak banyak menyita waktu.

3. Metode Yang Digunakan Harus Reliabel

Karena guru harus bisa mengidentifikasi dan merumuskan hiposesis serta mengembangkan strategi pembelajaran, maka metode yang digunakan dalam PTK harus reliabel.

4. Masalah Penelitian Adalah Masalah Pembelajaran Yang Merisaukan

Masalah yang ditemukan guru dalam proses PTK ini harus merupakan masalah yang mana sering dijumpai atau sedang dialami para guru dan peserta didik saat proses pembelajaran.

5. Guru Bersikap Konsisten Terhadap Etika Pekerjaannya

Para guru harus bisa konsistensi dalam meletakkan keperdulian yang tinggi pada prosedur etika saat menyelenggarakan proses PTK.

Hal ini sangat diperlukan sekali karena PTK harus dilaksanakan dengan mengindahkan tata krama dalam kehidupan berorganisasi.

Karakteristik Tujuan Penelitian Tindakan Kelas

Karakteristik Tujuan Penelitian Tindakan Kelas

Ada 3 karakteristik PTK yang menjadi pembeda dengan penelitian lain.

Nah, bagi kamu yang penasaran dengan karakteristik tujuan penelitian tindakan kelas, kamu bisa langsung simak di bawah ini :

1. Inkuiri Reflektif

Inkuiri reflektif merupakan karakteristik penelitian tindakan kelas yang permasalahannya diambil dari masalah yang terjadi pada saat proses pembelajaran sehari-hari.

2. Kolaboratif

Menjadi upaya bersama dari berbagai macam pihak guna menunjukkan peningkatan dan perbaikan dalam proses pembelajaran yang berkualitas.

3. Reflektif

PTK memiliki karakteristik dengan menjunjung tinggi sikat reflektif yang berkelanjutan agar proses refleksi dan hasil penelitian tersebut sesuai dengan yang diinginkan.

Baca Juga : Cara Mencari Jurnal Internasional

7 Macam Model Tujuan Penelitian Tindakan Kelas

Model Tujuan Penelitian Tindakan Kelas

Perlu kamu ketahui juga bahwa penelitian tindakan kelas memiliki beberapa model yang sering digunakan oleh para guru dan para peneliti dalam proses pembelajaran.

Nah, berikut ini beberapa model PTK :

  • 1. Model Global
  • 2. Model Diskusi
  • 3. Dengan Metode Ceramah
  • 4. Independent Study
  • 5. Metode Demonstrasi
  • 6. Metode Eksperimen
  • 7. Metode PAKEM

Kesimpulan

Nah, demikianlah ulasan kami mengenai tujuan penelitian tindakan kelas

Dari sini kita dapat mengetahui bahwa tujuan utama dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas adalah untuk mengingkatkan hasil belajar peserta didik.

Selain itu, proses PTK ini juga dapat membantu guru untuk meningkatkan profesionalisme dalam proses belajar mengajar di kelas.

Semoga artikel yang kami tulis ini bisa bermanfaat dan berguna untuk kamu.

Terimakasih!

Sumber : labmutu.com, gurubagi.com, amongguru.com, penelitianilmiah.com


FAQ

Apa tujuan dan manfaat dari penelitian tindakan kelas?

Untuk memperbaiki dan meningkatkan layanan profesional guru dalam menyelenggarakan proses pembelajaran

Mengapa melakukan penelitian tindakan kelas?

Meningkatkan Mutu pendidikan > Meningkatkan layanan profesional guru > Meningkatkan praktek proses pembelajaran

Jelaskan apa yang dimaksud dengan penelitian tindakan kelas?

Salah satu jenis penelitian yang dilakukan guna memberbaiki kualitas dari pembelajaran di kelas.