Tujuan Penelitian Tindakan Kelas adalah untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar di dalam kelas melalui intervensi yang sistematis dan terukur.
Dalam pendidikan, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sering digunakan oleh guru untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh siswa, mengembangkan strategi perbaikan, dan mengevaluasi efektivitas dari strategi tersebut.
Penasaran apa tujuan diadakannya penelitian tindakan kelas? simak artikel dibawah ini!
Tentu saja tujuan penelitian tindakan kelas ini tidak main-main. Kenapa? Karena ini akan meningkatkan kualitas proses belajar mengajar.
Nah, berikut beberapa tujuannya :
Memperbaiki mutu pendidikan merupakan tujuan utama dari PTK.
Pada dasarnya, hasil dari PTK ini akan memberikan laporan dan gambaran yang tepat sesuai tentang situasi kongkrit dari proses belajar mengajar di tempat dilakukannya penelitian.
Sehingga, atas dasar inilah kualitas dan mutu pendidikan akan tetap terjaga sesuai dengan yang ditentukan.
Dalam bidang pendidikan, salah satu keuntungan dari PTK ini akan dapat menangani evaluasi, kurikulum dan pengembangan profesional. Sehingga, nantinya akan mendapatkan penjelasan sesuai dengan penelitian proses belajar mengajar.
Biasannya, PTK ini akan meyajikan sebuah hasil dan dijelaskan sebagai upaya pemecahan problem solving yang ada di dalam kelas.
Tentu saja hal ini akan memberikan nilai yang lebih karena membantu tenaga pendidik agar lebih dapat memahami semua permasalahan yang ada.
Menumbuhkan budaya akademik juga merupakan salah satu tujuan penelitian tindakan kelas.
Hal ini dikarenakan PTK sangat membantu dalam memberikan kesimpulan singkat pada bagian hasil sebagai pengikat masing-masing hasil temuan bersama kemudian menghubungkannya ke pembahasan satu.
Karena tujuan utama dari penggunakan PTK ini untuk menverifikasi teori, maka dengan adanya PTK ini diharapkan dapat meningkatkan praktik pembelajaran.
Para peneliti ingin membuktikan bahwasannya suatu landasan teori tersebut bisa diamati pada objek penelitian tertentu.
Oleh karena itulah langkah-langkah PTK ini memerlukan model hipotesis penelitian yang perlu diformulasi dan diuji dalam praktik pembelajaran.
Ada beberapa fungsi dari tujuan penelitian tindakan kelas yang akan kami bahas di sini. Silahkan simak daftar berikut ini :
Nah, perlu kamu ketahui bahwa ada tiga manfaat yang bisa didapat dalam tujuan PTK. Untuk guru, peserta didik dan sekolah.
Untuk selengkapnya bisa kamu cek di bawah ini :
Mengembangkan dan meningkatkan kinerja profesionalitas dari seorang guru
Dapat menantang para guru untuk bisa berfikir kreatif dan inovatif dalam penyelesaian masalah yang sedang terjadi di dalam kelas
Mendapatkan banyak kesempatan agar bisa berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan keterampilan diri sendiri
Guru akan terbiasa untuk bisa mengatasi berbagai macam kelemahan pada saat proses pembelajaran
Meningkatnya rasa percaya diri para guru karena mereka akan selalu mengevaluasi kinerjanya sendiri
Peserta didik akan bisa mengetahui apa saja kelemahannya saat proses pembelajaran berlangsung
Peserta didik akan mendapatkan pelayanan pembelajaran yang sangat berkualitas dengan tambahan metode pembelajaran yang bervariasi
Adanya hubungan timbal balik antara meningkatnya hasil belajar dan proses pembelajaran di dalam kelas
Sekolah tersebut akan bisa berkembang lebih pesat karena adanya peningkatan dalam perubahan dan perbaikan kinerja profesionalitas guru
Sekolah tersebut akan menjadi panutan karena bisa mencerminkan kualitas pendidikan
Perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa langkah untuk melakukan proses PTK ini. Mulai dari Planning (perencanaan), Acting (pelaksanaan), Observe (observasi) dan Reflecting (refleksi).
Keempat langkah tersebut harus terus dilakukan sampai dapat menemukan berbagai macam solusi terbaik dalam proses pembelajaran.
Nah, pada kesempatan ini kami juga akan memberikan penjelasan mengenai keempat langkah tujuan penelitian tindakan kelas tersebut.
Berikut penjelasannya :
Perlu kamu ketahui juga bahwa dari tujuan PTK, ada beberapa prinsip yang harus dipegang teguh.
Di sini kami akan memberikan 5 contoh prinsipnya.
Apapun metode PTK yang sedang diterapkan, tidak boleh menganggu komitmen seorang guru sebagai pengajar karena tugas utama dari seorang guru adalah untuk mengajar para peserta didik.
Teknik pengumpulan data dalam PTK ini tidak akan mengganggu proses pembelajaran karena tidak banyak menyita waktu.
Karena guru harus bisa mengidentifikasi dan merumuskan hiposesis serta mengembangkan strategi pembelajaran, maka metode yang digunakan dalam PTK harus reliabel.
Masalah yang ditemukan guru dalam proses PTK ini harus merupakan masalah yang mana sering dijumpai atau sedang dialami para guru dan peserta didik saat proses pembelajaran.
Para guru harus bisa konsistensi dalam meletakkan keperdulian yang tinggi pada prosedur etika saat menyelenggarakan proses PTK.
Hal ini sangat diperlukan sekali karena PTK harus dilaksanakan dengan mengindahkan tata krama dalam kehidupan berorganisasi.
Ada 3 karakteristik PTK yang menjadi pembeda dengan penelitian lain.
Nah, bagi kamu yang penasaran dengan karakteristik tujuan penelitian tindakan kelas, kamu bisa langsung simak di bawah ini :
Inkuiri reflektif merupakan karakteristik penelitian tindakan kelas yang permasalahannya diambil dari masalah yang terjadi pada saat proses pembelajaran sehari-hari.
Menjadi upaya bersama dari berbagai macam pihak guna menunjukkan peningkatan dan perbaikan dalam proses pembelajaran yang berkualitas.
PTK memiliki karakteristik dengan menjunjung tinggi sikat reflektif yang berkelanjutan agar proses refleksi dan hasil penelitian tersebut sesuai dengan yang diinginkan.
Perlu kamu ketahui juga bahwa penelitian tindakan kelas memiliki beberapa model yang sering digunakan oleh para guru dan para peneliti dalam proses pembelajaran.
Nah, berikut ini beberapa model PTK :
Nah, demikianlah ulasan kami mengenai tujuan penelitian tindakan kelas
Dari sini kita dapat mengetahui bahwa tujuan utama dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas adalah untuk mengingkatkan hasil belajar peserta didik.
Selain itu, proses PTK ini juga dapat membantu guru untuk meningkatkan profesionalisme dalam proses belajar mengajar di kelas.
Semoga artikel yang kami tulis ini bisa bermanfaat dan berguna untuk kamu.
Terimakasih!
Sumber : labmutu.com, gurubagi.com, amongguru.com, penelitianilmiah.com
FAQ
Untuk memperbaiki dan meningkatkan layanan profesional guru dalam menyelenggarakan proses pembelajaran
Meningkatkan Mutu pendidikan > Meningkatkan layanan profesional guru > Meningkatkan praktek proses pembelajaran
Salah satu jenis penelitian yang dilakukan guna memberbaiki kualitas dari pembelajaran di kelas.