Tingkatan Jurnal Scopus

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui mengenai tingkatan jurnal scopus kamu bisa simak artikel ini, karena didalam artikel ini kami membahas secara tuntas mengenai tingkatan jurnal scopus. Yuk langsung saja simak artikel ini sampai habis agar kamu mendapatkan jawabannya!

Pada tingkatan jurnal internasional yang terindeks oleh Scopus, kita akan menemui istilah Q (Quartile/kuartil).

Apa yang dimaksud dengan Quartile? Quartile atau kuartil adalah suatu metode penilaian peringkat yang diterapkan pada jurnal-jurnal yang diakui dalam suatu bidang ilmu tertentu.

Dalam sistem saat ini, Quartile dibentuk berdasarkan penentuan nilai numerik untuk setiap jurnal, yang kemudian digunakan dalam perhitungan akumulatif.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Pengertian Scopus

Tingkatan Jurnal Scopus

Nah, sebelum kamu kadalam inti pembahasan yaitu tingkatan scopus jurnal, ada baiknya jika kita ketahui dan pahami terlebih dahulu mengenai pengertian scopus.

Scopus merupakan suatu basis data yang digunakan untuk mengindeks serta mengakses berbagai artikel ilmiah, jurnal, konferensi, dan literatur ilmiah lainnya. Layanan ini, yang dioperasikan oleh perusahaan Elsevier, memiliki peran penting sebagai sumber referensi dan abstrak utama dalam berbagai disiplin ilmu, termasuk ilmu sosial, ilmu alam, teknik, kedokteran, dan lainnya.

Dikembangkan dan dijalankan oleh Elsevier, Scopus menyajikan informasi tentang riset yang telah diterbitkan dalam format artikel di berbagai publikasi ilmiah. Selain itu, layanan ini juga memberikan rincian seperti jumlah kutipan, penulis, judul, ringkasan, dan informasi bibliografis lainnya. Dengan keunggulannya ini, Scopus membantu peneliti, akademisi, dan praktisi dalam melaksanakan studi, menemukan artikel yang relevan, menganalisis tren serta dampak riset, dan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dalam bidang ilmu tertentu.

Proses indeksasi di Scopus melibatkan standar yang sangat ketat dalam hal kualitas, sehingga hanya artikel-artikel yang telah mengalami tinjauan (review) serta memenuhi kriteria yang ditetapkan yang akan dimasukkan ke dalam basis data ini. Oleh karena itu, terdaftar dalam indeks Scopus dapat dianggap sebagai sebuah tanda penting terkait reputasi serta dampak dari suatu riset dan publikasi ilmiah.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga : Cara Publikasi Jurnal Scopus

Tingkatan Jurnal Scopus

Perlu untuk kamu ketahui dan pahami bahwa terdapat empat tingkatan dalam jurnal internasional Scopus, yakni Q1, Q2, Q3, dan Q4.

Scopus menggunakan tingkatan dalam menilai jurnal, yang terbagi menjadi empat Quartile. Jurnal dengan kualitas paling tinggi terdapat pada Quartile 1 (Q1). Sementara itu, Quartile 2 (Q2) hingga Quartile 4 (Q4) mengikuti urutan berikutnya.

Dalam proses kategorisasi jurnal untuk penempatannya dalam Quartile 1 hingga 4, Scopus menerapkan parameter tertentu.

Nah, parameter ini dikenali dengan istilah SJR (Scimago Journal Rank).

SJR ini adalah rata-rata kutipan per artikel atau bisa dianggap sebagai jumlah sitasi yang muncul dalam sebuah jurnal selama tiga tahun terakhir.

Selanjutnya, kami akan menguraikan penjelasan mengenai setiap Quartile:

Q1 (Quartile 1)

Quartile 1 (Q1) adalah tingkatan dalam jurnal Internasional Scopus yang memiliki dampak paling signifikan dibandingkan dengan klasifikasi lainnya. Sebagai contoh, dari 100 jurnal internasional yang terdaftar dalam indeks Scopus dalam bidang tertentu, umumnya jurnal yang termasuk dalam kategori Q1 ini mendapatkan peringkat antara 1 hingga 25, atau dapat dianggap sebagai 25 jurnal paling unggul.

Q2 (Quartile 2)

Quartile 2 (Q2) juga adalah tingkatan jurnal dalam lingkup internasional Scopus yang memiliki dampak yang cukup signifikan. Jika terdapat 100 jurnal internasional yang terindeks di Scopus, jurnal yang masuk dalam kategori Q2 ini akan berada pada rentang peringkat 26 hingga 50.

Q3 (Quartile 3)

Tingkatan Quartile 3 (Q3) adalah tingkatan dalam jurnal Internasional Scopus yang memiliki dampak yang relatif lebih kecil. Dalam situasi di mana terdapat 100 jurnal yang terdaftar dalam indeks Scopus, kategori Q3 akan menempati posisi peringkat 51 hingga 75.

Q4 (Quartile 4)

Quartile 4 (Q4), tingkatan jurnal internasional ini memiliki pengaruh paling minim jika dibandingkan dengan kategori-kategori lainnya. Dalam daftar 100 Jurnal yang diindeks oleh Scopus, Q4 ini akan berada di posisi peringkat 76 hingga 100, yang dapat dianggap sebagai 25 jurnal paling rendah.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

baca Juga : Cara Menembus Jurnal Scopus

Cara Mencari Jurnal Scopus

Tingkatan Jurnal Scopus

Nah, setelah membahas mengenai tingkatan jurnal scopus, kurang rasanya jika kita tidak membahas mengenai cara mencari jurnal scopus

1. Cara Mencari Jurnal Di Scopus Gratis Di Scimago JR

Cara pertama adalah dengan menggunakan situs scimagojr.com. Saya sering ke SJR untuk melihat ranking sebuah jurnal yang terbagi menjadi 4 kuartil yaitu Q1, Q2, Q3, dan Q4.

Cara pertama yang dapat digunakan adalah melalui portal scimagojr.com. Saya sering sekali mengunjungi SJR untuk mengecek peringkat suatu jurnal yang terbagi menjadi empat quarti/kuartil, yakni Q1, Q2, Q3, dan Q4.

Buka dan kunjungi situs web scimagojr.com

Pilih bidang subjek yang diperlukan untuk jurnal. Misalnya, karena ini adalah bidang farmasi, maka kita akan mencari bidang “Farmakologi, Toksikologi dan Farmasi“.

  • Pertama-tama silahkan kamu buka dan kunjungi laman scimagojr.com.
  • Setelah itu, pilihlah kategori subjek yang relevan dengan jurnal yang diinginkan. Sebagai contoh, karena dalam konteks ini terkait dengan farmasi, maka kita akan mencari kategori “Farmakologi, Toksikologi, dan Farmasi”.
  • Silihkan pilih kategori subjek jurnal yang Anda inginkan. Kategori subjek ini merupakan sub-kategori dari bidang subjek jurnal internasional yang Anda sedang mencari.
  • Setelah itu, carilah kuartil yang sesuai dan lakukan pengunduhan data ke dalam format Excel.
  • Pastikan bahwa jurnal tersebut telah terindeks di dalam Scopus.

2. Cara Mencari Jurnal Index Scopus Di Web Resmi Scopus

Cara kedua dapat digunakan jika Anda sudah memiliki daftar nama jurnal untuk diperiksa. Simak cara-caranya di bawah ini:

Cara kedua bisa diaplikasikan bila kamu telah memiliki daftar jurnal yang ingin diperiksa. Silahkan ikuti panduan di bawah ini untuk langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama kamu kunjungi laman utama Scopus melalui tautan https://www.scopus.com/home.url
  • Pada bagian atas halaman, klik opsi “Sources”
  • Lengkapi kolom “Enter Title” dengan nama jurnal yang diinginkan, lalu tekan tombol Enter atau pilih “Find Source”
  • Apabila jurnal yang Anda masukkan ke dalam kolom pencarian telah terdeteksi, silakan klik pada jurnal tersebut dan periksa rentang tahun publikasinya.
  • Pastikan untuk mengaktifkan pilihan “Scopus Content Coverage” yang terletak di bagian bawah. Jurnal yang termasuk dalam Scopus dengan data tahun 2020 yang diinputkan akan tetap tercatat dalam indeks.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Nah, mungkin itu saja yang bisa kami berikan terkait tingkatan jurnal scopus, semoga dengan adanya tingkatan jurnal scopus bisa berguna dan bermanfaat bagi rekan-rekan semua. Terimakasih!


FAQ

Jurnal scopus itu apa?

Scopus adalah database jurnal ilmiah yang dikelola oleh perusahaan informasi ilmiah Elsevier. Scopus mengindeks lebih dari 24.000 jurnal ilmiah, konferensi, dan seri buku dari lebih dari 5.000 publisher di seluruh dunia.

Apa itu Q1 Q2 Q3 dalam jurnal?

Jurnal Quartile 1 (Q1) adalah jurnal yang memiliki percentile 75%-99%. Jurnal Quartile 2 (Q2) adalah jurnal yang memiliki percentile 50%-74%. Jurnal Quartile 3 (Q3) adalah jurnal yang memiliki percentile 25%-49%. Jurnal Quartile 4 (Q4) adalah jurnal yang memiliki percentile 0%-24%.

Bagaimana cara masuk scopus?

Silahkan kamu buka browser dan buka laman Scopus atau kamu bisa klik url berikut https://www.scopus.com. Kemudian masuk ke menu di atas dan klik Author search. Masukan data diri nama dan afiliasi kamu yang pernah kamu terbitkan pada Jurnal kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like

Head Office Greenland Sendang Residence No. E-06, Sendang, Kec. Sumber, Cirebon, Jawa Barat 45611 Customer Support 0852-1341-2727

Attention!

Mau Skillmu Makin Jago dan Karirmu Melesat? Yuk, Gunakan Jasa Sertifikasi Profesi di Ditekindo Sekarang Juga!