Syarat Jadi Dosen

Halo sobat akademisi, apakah kamu pernah bermimpi ingin menjadi dosen atau bahkan penasaran dengan apa saja syarat jadi dosen.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai syarat jadi dosen. Apabila Anda bermimpi menjadi seorang dosen, tentunya Anda harus harus memiliki nit yang kuat dan tetap konsisten agar mmimpi tersebut dapat terwujud.

Namun sebelum masuk ke syarat-syarat jadi dosen, ada baiknya jika kita memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan menjadi dosen.

Di bawah ini telah kami rangkum mengenai syarat jadi dosen. Lantas apa saja persyaratannya? Untuk itu, mari kita simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Dosen

syarat jadi dosen
Portrait of businessman with laptop isolated on white background.

Dosen merupakan tenaga pendidik dan ilmuwan profesional yang mempunyai misi utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

 Pada umumnya, dosen akan mengajar di universitas dan melatih mahasiswa. Untuk menjadi dosen harus mempunyai latar belakang akademik, kemampuan, izin mengajar, sehat jasmani dan rohani, serta memenuhi kualifikasi lain yang dipersyaratkan oleh universitas tempat Anda akan bekerja.

Sebagai dosen harus mampu mencapai tujuan pendidikan nasional. Tentu saja, ketika dihadapkan pada tanggung jawab yang besar, mempertahankan posisi instruktur tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Keuntungan Menjadi Dosen

Banyak sekali manfaatnya bagi yang menjadi pengajar tetap Seperti yang saya tulis di poin pertama, ada dua jenis pengajar, yaitu pengajar tetap dan pengajar sukarela.

Memiliki Tunjangan

Seperti yang sudah di tuliskan di poin pertama bahwa ada 2 macam jenis dosen, dosen tetap dan honorer.

Dan seperti yang sudah sedikit di disinggung di poin pertama bahwa untuk seorang dosen tetap akan ada tunjangan.

Tentunya tunjangan ini adalah hal yang menguntungkan untuk kamu seorang dosen.

Mendapatkan Gaji yang Sesuai

Sejatinya setiap pekerjaan yang di kerjakan tentunya akan mendapat imbalan berupa gaji atau upah.

Tentunya keuntungan umum menjadi seorang dosen adalah kamu akan mendapat gaji.

Gaji yang kamu terima tentu berasal dari universitas tempat dimana kamu mengajar mahasiswa-mahasiswimu.

Bertemu Orang Baru Dan Pengalaman Baru

Di setiap perjalanan hidup tentunya kamu akan bertemu dengan orang baru dan pengalaman baru.

Perjalanan hidup bisa kamu artikan dalam bentuk pekerjaan kamu nanti. Nah! Jika kamu bermimpi menjadi seorang dosen tentunya dalam hal ini akan menjadi lebih istimewa.

Menjadi Pengajar Bukan Berarti Berhenti Belajar

Tugas utama dosen sejatinya adalah memberikan ilmu kepada para mahasiswa dan mahasiswinya sama seperti guru yang memberi ilmu kepada murid-muridnya.

Melakukan Tugas yang Mulia

Karena tugas dosen adalah mengajarkan ilmu yang sejatinya sama dengan tugas guru.

Bisa di artikan bahwa seorang dosen juga sama mulianya dengan guru. Dan tentunya membuat derajat seorang dosen juga tinggi di mata tuhan, tentunya karena mengajarkan ilmu dan membagikan ilmu kepada orang lain.

Profesi yang Sangat Dibutuhkan

Dalam dunia perkuliahan dosen di anggap sebagai orang yang berpengaruh besar terhadap mahasiswa dan mahasiswinya.

Selain berperan sebagai pengajar seorang dosen juga berperan sebagai penentu kelulusan dan tentunya seorang dosen itu sendiri tau betul akan perannya. 

Syarat Menjadi Dosen Bagi  yang  ingin menjadi dosen, kami telah merangkum cara menjadi dosen yang perlu Anda ketahui dari “Manajemen Bisnis Setelah Pensiun” karya Angono Lalas.

Syarat Jadi Dosen

syarat jadi dosen

Syarat terpenting untuk menjadi dosen pada perguruan tinggi negeri adalah memenuhi kualifikasi akademik.

Gelar ini dapat diperoleh melalui program pascasarjana pada universitas yang terakreditasi  sesuai dengan bidang keilmuan yang dilamar.

Pendidikan Minimal Magister Pendidikan atau gelar Magister merupakan syarat mutlak untuk menjadi seorang guru.

Hal ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Disebutkan bahwa dosen wajib punya kualifikasi akademik minimal S2 (Magister) untuk program diploma atau program sarjana dan lulusan doktor (S3) untuk program pascasarjana.

Aturan ini kemudian berlaku secara nasional sejak tahun 2014. Sehingga, setelah tahun tersebut nyaris tidak ada dosen yang lulusan S1 di Indonesia. Aturan ini menjadi bagian dari tujuan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi.

 Memiliki bidang ilmu yang linear

Sebelum lanjut S2 pastikan sudah memilih jurusan yang linier. Sebab, untuk menjadi seorang dosen, calon dosen harus memiliki linieritas jurusan antara strata 1, strata 2, maupun strata 3.

Sehat jasmani dan rohani

Sehat dalam hal ini lebih kepada kondisi kesehatan yang baik, tidak mengidap suatu penyakit yang mengganggu dirinya melaksanakan kewajibannya sebagai seorang dosen.

Sedangkan sehat rohani yakni memiliki kesehatan jiwa yang baik. Biasanya dalam lowongan dosen akan disebutkan syarat ini, dengan melampirkan bukti surat sehat dari dokter maupun rumah sakit.

Bebas dari tindak pidana

Saat akan mendaftar sebagai seorang dosen, biasanya juga akan diminta surat keterangan bebas dari tindak pidana berdasarkan putusan pengadilan.

Syarat ini bertujuan untuk menjaga dosen dari berbagai tindakan kriminal yang bisa mencoreng nama baik universitas dan dunia pendidikan.

Memiliki satu artikel jurnal

Salah satu syarat lainnya adalah harus memiliki satu buah artikel yang sudah dimuat di jurnal ilmiah. Memiliki jurnal akan meningkatkan resume Anda.

Jika resume berkualitas, akan lebih mudah untuk seseorang meraih profesi dosen.

Bagi kamu yang ingin publikasi jurnl bisa klik whatsapp dibawah ini!

Alasan Mengapa Kamu Harus Menjadi Dosen

 Berpeluang Lanjut Kuliah

Dengan memilih profesi dosen, peluangmu untuk lanjut kuliah doktor akan semakin terbuka.

Bahkan Kamu bisa dengan mudah dapat beasiswa untuk kuliah di luar negeri. Ini tentu menjadi keuntungan yang sangat besar dan tak boleh Kamu lewatkan.

 Profesi Yang Mulia

Dosen adalah sebuah pilihan profesi yang sangat mulia. Apa yang Kamu lakukan tidak hanya menguntungkan dirimu tapi juga mendatangkan manfaat bagi banyak orang. Kamu berbagi ilmu dan bisa membantu orang lain meraih cita-citanya.

 Kesempatan Traveling Gratis

Salah satu alasan menjadi dosen adalah karena Kamu bisa punya kesempatan untuk traveling gratis. Kamu biasanya akan diminta mengikuti pelatihan atau seminar di luar kota.

Bahkan Kamu juga bisa berkesempatan jalan-jalan ke luar negeri dengan biaya yang ditanggung universitas.

Bisa Ikut Penelitian

Kamu juga punya peluang besar untuk ikut beragam proyek penelitian setelah bekerja menjadi dosen.

Bergabung dengan penelitian dan membuat karya ilmiah bisa membuat kualitas resume meningkat. Selain itu, Kamu juga bisa dapat keuntungan berupa uang.

 Dapat Gaji Besar

Sebagai dosen Kamu punya kesempatan dapat gaji besar. Rata-rata gaji dosen pns berkisar antara Rp3.000.000,00 hingga Rp5.000.000,00 belum lagi tunjangan lainnya. Jumlah ini bisa terus bertambah seiring prestasi dan karya-karya yang Kamu hasilkan.

 Waktu Fleksibel

Dosen memiliki waktu kerja yang sangat fleksibel. Jika dilihat-lihat, waktu kerja dosen justru lebih singkat dari jenis profesi lainnya.

Sebagai dosen Kamu tidak harus bekerja dari pagi sampai malam karena mengajar mengikuti jam kuliah.

Kesimpulan

Itulah alasan menjadi dosen yang penting untuk dijadikan referensi. Ternyata profesi dosen terlihat begitu menyenangkan, bukan? Semoga informasi ini bisa menjadi motivasi bagimu untuk bekerja sebagai dosen.


FAQ

Apa tugas seorang dosen?

Tugas utama yang harus dipenuhi oleh seorang dosen adalah sebagai tenaga pendidik. Mereka bertugas untuk melaksanakan pengajaran kepada para mahasiswa. Selain itu, dosen juga berkewajiban untuk mematuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi secara utuh ketika bekerja.

Apa perbedaan antara guru dan dosen?

Lebih lanjut, guru dalam lingkupnya, tidak diwajibkan untuk melakukan penelitian atau berkontribusi pada masyarakat. Sementara dosen, selain tugas mengajar, memiliki tanggung jawab untuk melakukan penelitian dan memberikan kontribusi kepada masyarakat.

Apa yang dimaksud dengan dosen?

Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mengajar, mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.1 Kedudukan dosen sebagai tenaga profesional berfungsi untuk meningkatkan martabat dosen ..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like

Head Office Greenland Sendang Residence No. E-06, Sendang, Kec. Sumber, Cirebon, Jawa Barat 45611 Customer Support 0852-1341-2727

Attention!

Mau Skillmu Makin Jago dan Karirmu Melesat? Yuk, Gunakan Jasa Sertifikasi Profesi di Ditekindo Sekarang Juga!