Submit Jurnal Sejarah

Bagi kamu yang sedang mencari artikel mengenai submit jurnal sejarah, kamu bisa simak artikel ini, karena didalam artikel ini kami memnbahas mengenai submit jurnal sejarah. Yuk simak sampai habis artikel ini agar kamu mendapatkan jawabannya!

Apa Itu Jurnal Sejarah?

Jurnal Sejarah adalah suatu publikasi akademis yang berfokus pada kajian, analisis, dan interpretasi tentang peristiwa, proses, dan perkembangan masa lampau dalam berbagai aspek kehidupan manusia dan masyarakat. Jurnal sejarah menyajikan artikel-artikel ilmiah yang ditulis oleh para peneliti, akademisi, dan sejarawan yang memaparkan hasil penelitian mereka tentang berbagai topik sejarah.

Isi dari sebuah jurnal sejarah dapat mencakup berbagai hal, seperti peristiwa politik, ekonomi, sosial, budaya, dan teknologi yang telah terjadi di masa lampau. Jurnal sejarah juga bisa membahas konsep-konsep historis, metode penelitian dalam bidang sejarah, serta dampak-dampak peristiwa sejarah terhadap perkembangan masa kini.

Tujuan utama dari jurnal sejarah adalah untuk memahami dan menganalisis masa lalu, baik untuk menarik pelajaran dari pengalaman masa lalu, mengidentifikasi tren dan pola, maupun untuk mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang asal-usul dan perkembangan berbagai aspek kehidupan manusia. Jurnal sejarah juga merupakan sarana untuk berbagi pengetahuan, pemahaman, dan temuan-temuan baru dalam bidang sejarah dengan komunitas akademis dan masyarakat luas.

Baca Juga : Submit Jurnal Sinta

Cara Submit Jurnal Sejarah

Submit Jurnal Sejarah

1. Memilih Topik yang Relevan

Langkah pertama dalam menulis jurnal sejarah adalah memilih topik yang relevan dan menarik. Pilihlah topik yang memiliki signifikansi historis dan juga sesuai dengan minat peneliti. Hal ini akan memastikan bahwa penelitian Anda memiliki dampak yang lebih besar dalam komunitas akademis.

2. Merumuskan Pertanyaan Penelitian

Setelah topik dipilih, langkah berikutnya adalah merumuskan pertanyaan penelitian yang jelas dan tajam. Pertanyaan penelitian akan membimbing Anda dalam mengumpulkan data dan menganalisis informasi yang ditemukan.

3. Pengumpulan Data

Pengumpulan data adalah inti dari penelitian sejarah. Sumber data bisa berupa dokumen sejarah, arsip, buku, artikel, catatan, dan lain sebagainya. Pastikan data yang Anda kumpulkan relevan dengan pertanyaan penelitian dan memiliki keakuratan yang tinggi.

4. Menganalisis Data

Setelah data terkumpul, langkah selanjutnya adalah menganalisisnya. Identifikasi pola, tren, dan peristiwa penting dalam data Anda. Gunakan pendekatan analitis yang sesuai dengan metode penelitian Anda.

5. Penulisan

  • Abstrak: Ringkasan singkat tentang topik, pertanyaan penelitian, metodologi, temuan, dan kesimpulan.
  • Pendahuluan: Menjelaskan latar belakang topik, signifikansi penelitian, dan pertanyaan penelitian.
  • Kajian Pustaka: Menyajikan tinjauan literatur yang relevan dengan penelitian Anda dan menjelaskan bagaimana penelitian Anda berbeda atau melengkapi penelitian sebelumnya.
  • Metodologi: Mendeskripsikan pendekatan yang digunakan dalam pengumpulan data dan analisis. Jelaskan metode Anda secara rinci agar peneliti lain dapat mengulang penelitian Anda.
  • Temuan: Menampilkan hasil analisis Anda dalam bentuk teks, tabel, grafik, atau ilustrasi lainnya. Jelaskan temuan Anda secara terperinci.
  • Diskusi: Membahas implikasi temuan Anda dan menghubungkannya kembali ke pertanyaan penelitian. Evaluasi kekuatan dan kelemahan penelitian Anda.
  • Kesimpulan: Merangkum temuan utama dan memberikan pandangan tentang arah penelitian masa depan dalam topik ini.

6. Mengedit dan Merapikan

Setelah menulis draf pertama, lakukan pengeditan dan perbaikan. Periksa tata bahasa, struktur, dan kejelasan tulisan Anda. Pastikan setiap bagian jurnal berjalan dengan lancar dan logis.

7. Rujukan dan Daftar Pustaka

Pastikan Anda memberikan rujukan yang akurat untuk semua sumber yang Anda kutip, parafrase, atau gunakan dalam penelitian Anda. Sertakan daftar pustaka yang mencantumkan semua sumber yang Anda gunakan.

8. Peer Review

Sebelum mengirimkan jurnal, disarankan untuk meminta rekan sejawat atau ahli dalam bidang Anda untuk mengulasnya. Masukan dari pihak ketiga dapat membantu meningkatkan kualitas jurnal Anda sebelum diajukan ke penerbit.

9. Memilih Jurnal dan Menyerahkan Artikel

Cari jurnal yang sesuai dengan topik dan metode penelitian Anda. Bacalah panduan penulisan jurnal tersebut dengan cermat dan pastikan Anda mengikuti semua petunjuk yang diberikan. Kemudian, kirimkan artikel Anda sesuai dengan prosedur yang ditentukan oleh jurnal.

10. Menanggapi Revisi

Jika artikel Anda diterima dengan revisi, luangkan waktu untuk melakukan perbaikan sesuai dengan masukan dari editor jurnal atau reviewer. Pastikan revisi Anda mencerminkan perbaikan substansial dan mengikuti panduan yang diberikan.

Kesimpulan

Mungkin itu saja artikel yang bisa kami berikan mengenai submit jurnal sejarah, semoga dengan adanya artikel submit jurnal sejarah bisa berguna dan bermanfaat. Terimakasih!