Submit Jurnal Scopus

Bagi kamu yang ingin mengetahui terkait submit jurnal scopus, kamu bisa simak artikel ini sampai habis.

Scopus adalah sebuah pangkalan data dan indeks akademik yang sangat dihormati dalam dunia penelitian ilmiah. Dikelola oleh Elsevier, Scopus dirancang khusus untuk menyediakan akses terhadap jurnal-jurnal ilmiah, konferensi, dan literatur ilmiah lainnya.

Ini membantu para peneliti, ilmuwan, dan akademisi untuk mengejar penelitian terbaru dan memahami tren dalam berbagai bidang ilmu.

Scopus mencakup berbagai disiplin ilmu, termasuk ilmu alam, ilmu sosial, teknik, kedokteran, seni, dan humaniora.

Data yang tersedia di Scopus meliputi artikel ilmiah, abstrak, dan referensi, yang memungkinkan pengguna untuk melacak perkembangan penelitian, mengidentifikasi kolaborator potensial, dan mengukur dampak penelitian mereka melalui berbagai metrik seperti jumlah kutipan.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga : Submit Jurnal Sinta

Cara Submit Jurnal Scopus

Submit Jurnal Scopus

Submit jurnal Scopus melibatkan beberapa cara, terutama jika kamu merupakan penulis atau penyunting yang ingin memasukkan jurnal ke dalam Scopus.

Nah, dibawah ini kami berikan secara lengkap terkait cara submit jurnal scopus

1. Pemahaman Tentang Scopus

Sebelum Anda mulai, penting untuk memahami apa itu Scopus. Scopus jurnal adalah basis data yang mencakup jurnal ilmiah, konferensi, dan buku yang telah diulas oleh para pakar.

Basis data ini digunakan oleh peneliti, dosen, dan akademisi untuk mencari literatur ilmiah terkini dalam berbagai bidang.

Sebelum Anda memutuskan untuk submit jurnal ke Scopus, pastikan bahwa scopus jurnal Anda memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh Scopus.

2. Persiapkan Artikel Anda

Langkah pertama dalam proses submit jurnal ke Scopus adalah mempersiapkan artikel Anda.

Pastikan artikel Anda memiliki kualitas yang baik, metode penelitian yang kuat, dan kontribusi yang signifikan dalam bidang ilmu yang relevan.

Jurnal Scopus hanya menerima artikel berkualitas tinggi, jadi pastikan untuk memeriksa tata cara penulisan yang relevan dan memastikan artikel Anda sesuai dengan panduan penulisan Scopus.

3. Identifikasi Jurnal yang Terindeks oleh Scopus

Sebelum Anda mengirim artikel Anda, Anda perlu mengidentifikasi jurnal yang terindeks oleh Scopus dan yang paling sesuai dengan topik artikel Anda.

Anda dapat menggunakan fitur pencarian di situs web Scopus untuk mencari jurnal-jurnal yang relevan.

Pastikan untuk membaca pedoman dan persyaratan khusus yang mungkin diberlakukan oleh jurnal-jurnal tersebut.

4. Siapkan Dokumen-dokumen yang Diperlukan

Setiap jurnal yang terindeks oleh Scopus mungkin memiliki persyaratan yang berbeda dalam hal dokumen yang diperlukan untuk submit jurnal. Dokumen-dokumen yang umumnya diperlukan termasuk:

  • Naskah artikel lengkap
  • Surat pengantar kepada editor jurnal
  • Daftar referensi
  • Lembar pernyataan etika penelitian (jika diperlukan)

Pastikan Anda membaca pedoman dari jurnal yang Anda pilih dengan cermat dan mempersiapkan dokumen-dokumen tersebut sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan.

5. Daftar dan Login ke Akun Scopus

Sebelum Anda dapat submit jurnal ke Scopus, Anda perlu memiliki akun di platform ini. Jika Anda belum memiliki akun, Anda dapat mendaftar secara gratis di situs web Scopus.

Setelah Anda memiliki akun, loginlah ke akun Anda untuk mulai proses pengiriman.

6. Pilih Jurnal Target dan Proses Submit

Setelah Anda login, cari jurnal yang Anda inginkan di basis data Scopus. Ketika Anda menemukan jurnal yang sesuai, klik pada tautan “Submit Manuscript” atau serupa.

Ini akan membawa Anda ke halaman submit jurnal.

Pada halaman submit jurnal, Anda akan diminta untuk mengisi informasi seperti judul artikel, abstrak, dan daftar penulis.

Pastikan Anda mengisi semua informasi ini dengan benar dan sesuai dengan pedoman jurnal yang Anda pilih.

Selain itu, Anda akan diminta untuk mengunggah dokumen-dokumen yang telah Anda persiapkan, seperti naskah artikel dan surat pengantar.

Pastikan semua dokumen terunggah dengan benar dan dalam format yang sesuai.

7. Mengevaluasi dan Mengirim Artikel

Setelah Anda mengisi semua informasi yang diperlukan dan mengunggah dokumen-dokumen, Anda akan diminta untuk meninjau kembali semua informasi yang Anda berikan.

Pastikan semuanya benar dan lengkap sebelum Anda mengirim artikel Anda.

Setelah Anda yakin semua informasi sudah benar, Anda dapat mengirim artikel Anda. Jangan lupa untuk memeriksa biaya pengiriman yang mungkin dikenakan oleh jurnal tersebut dan membayar biaya tersebut jika diperlukan.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

8. Proses Review

Setelah Anda mengirim artikel Anda, jurnal akan mengirimnya untuk direview oleh para pakar dalam bidang yang relevan.

Proses ini dapat memakan waktu beberapa bulan tergantung pada jurnal dan tingkat persaingan. Selama proses ini, Anda dapat mengikuti perkembangan melalui akun Scopus Anda.

9. Hasil Review

Setelah artikel Anda direview, Anda akan menerima hasil review dari jurnal tersebut. Hasilnya dapat berupa:

  • Diterima tanpa revisi
  • Diterima dengan revisi
  • Ditolak

Jika artikel Anda diterima dengan revisi, pastikan untuk melakukan perubahan yang diminta oleh para reviewer sebelum mengirimkan versi akhir.

10. Publikasi

Setelah artikel Anda diterima dan semua revisi telah selesai, artikel Anda akan diterbitkan di jurnal terindeks Scopus.

Ini akan memberikan Anda pengakuan dan eksposur yang besar dalam komunitas ilmiah.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Nah, mungkin itu saja artikel yang bisa kami berikan terkait submit jurnal scopus, semoga dengan adanya artikel submit jurnal scopus bisa berguna dan bermanfaat bagi rekan-rekan semua. Terimakasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like