Sistem Perlindungan HKI

Sistem Perlindungan HKI

Nah, bagi kamu yang sedang mencari artikel mengenai apa saja sistem perlindungan HKI, kalian bisa mengecek artikel ini sampai habis.

Pengertian Hak Kekayaan Intelektual (HKI)

Sistem Perlindungan HKI

sebelum kita membahas mengenai sistem perlindungan HKI, ada baiknya jika kita ketahui terlebih dahulu perngertian HKI

“Hak kekayaan intelektual atau yang biasa sering orang sebut HKI adalah hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada inventor, kreator, atau pendesain atas temuannya atau hasil kreasi yang mempunyai nilai komersial, baik itu langsung secara otomatis maupun itu dengan melalui pendaftaran pada instansi terkait, sebagai bentuk pengakuan atau penghargaan hak yang harus diberikan perlindungan hukum.”

Sederhananya, hak kekayaan intelektual atau HKI adalah hak untuk mendapatkan perlindungan atas kekayaan intelektual yang dimiliki seseorang atau individu, perusahaan, maupun kelompok.

Tujuan Hak Kekayaan Intelektual (HKI)

sebelum kita masuk kedalam pembahasan mengenai sistem perlindungan hki, alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu mengenai tujuan HKI

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tujuannya diadakan hak kekayaan intelektual atau HKI adalah untuk mendorong pengembangan dan inovasi kreativitas di masyarakat.

Hal ini dapat diartikan sebagai masyarakat tidak harus takut mengembangkan atau berinovasi kreativitas yang dimilikinya. Oleh karena itu temuan dan hasil kreasinya akan dilindungi dalam hak kekayaan intelektual atau HKI.

Selain itu, dengan diadakannya hak kekayaan intelektual atau HKI juga ditunjukan untuk merangsang orang lain supaya terus menerus mau mengembangkan dan berinovasi ide kreatifnya.

  1. Mendorong pengembangan serta inovasi kreativitas pada masyarakat
  2. Sebagai bentuk pengakuan serta penghargaan atas hasil kreativitas atau karya seseorang
  3. Mendorong orang lain agara terus menerus mengembangakan ide dan berinovasi .

Sistem Perlindungan HKI

Sistem Perlindungan HKI

Fakta saat ini, negara yang mempunyai sumber daya manusia yang berbasis kekayaan intelektual jauh lebih kaya atau Makmur mempunyai sumber daya atalam yang melimpah akan tetapi sedikit sekali mempunyai sumber daya menusia berbasis kekayaan intelektual.

Apa sih Kekayaan Intelektual (KI)?

  • Hak yang timbul hasil oleh pikir atau intelektual, karsa, rasa manusia yang dapat menghasilkan suatu produk atau proses barang atau jasa berguna bagi manusia itu sendiri.
  • Hak ekslusif atau limited yang diberikan negara kepada inventor, desainer, kreator, dan pencipta berkaitan dengan karya atau kreasi intelektual mereka.
  • Hal ekslusif atau limited bagi pemegang hak untuk bisa melarang atau mengizinkan pihak lain dalam menggunakan hak mereka untuk tujuan komersial yang telah di atur bersadarkan undang-undang.

Mengapa harus Melindungi Kekayaan Intelektual?

  • Untuk bisa mencegah dipalsukan atau dijiplak
  • Kebijakan perusahaan atau kerajinan
  • Mendahului kompetitornya
  • Prestige (harkat) perusahaan
  • Untuk mencegah dikatakan barang palsu

Kekayaan intelektual atau (KI) dibagi menjadi 2 yaitu kekayaan intelektual Personal dan kekayaan intelektual Komunal

1. Kekayaan Intelektual Personal

Sistem Perlindungan HKI

kekayaan intelektual yang pertama dalam sistem perlindungan hki adalah Hak Kekayaan Intelektual atau HKI yang bersifat personal atau pribadi adalah HKI atau hak kekayaan intelektual yang dimiliki sepenuhnya oleh individu atau pribadi dan kelompok individu dengan atau tanpa harus mengajukan permohonan kepada Negara untuk bisa memperoleh hak monopoli atas eksploitasi secara ekonomi.

  • Badan Hukum atau Hak individu
  • Keuntungan Ekonomis bagi Individu maupun Badan Hukum
  • Berupa Produk maupun Proses
  • Karya disusun secara sistematis dan tertulis

2. Kekayaan Intelektual Komunal

Sistem Perlindungan HKI

hak kekayaan intelektual yang kedua dalam sistem perlindungan hki adalah Hak Kekayaan Intelektual atau HKI yang bersifat komunal atau umum adalah hak kekayaan intelektual atau HKI yang dimiliki sepenuhnya oleh kelompok masyarakat yang hidup di suatu tempat secara tetap.

  • Hak Masyarakat Adat atau masyarakat Lokal
  • Milik bersama (Komunal) sehingga bisa dibagi
  • Dijaga, dipelihara, dan Disusun oleh tradisi

Hak kekayaan Intelektual diatur dalam perundang-undangan sebagai berikut:

  • Undang – Undang Nomor. 29/2000 Tentang Varietas Tanaman
  • Undang – Undang Nomor. 30/2000 Tentang Rahasia Dagang
  • Undang – Undang Nomor. 31/2000 Tentang Desain Industri
  • Undang – Undang Nomor. 32/2000 Tentang Desai Tata Letak Sirkuit Terpadu
  • Undang – Undang Nomor. 28/2014 Tentang Hak Cipta
  • Undang – Undang Nomor. 13/2016 Tentang Paten
  • Undang – Undang Nomor. 20/2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis

Jasa Konsultasi HKI Kredibel, Berkualitas, Cepat & Terpercaya

Jasa Konsultan HKI Ridwan Institut

Sebagai seorang klien, menginginkan pengurusan HKI dengan biaya murah, pelayanan ramah, Fast Respons & pengurusan cepat, itu semua sah-sah saja.

Oleh karena itulah Kami hadir menjadi solusi terbaik bagi rekan-rekan yang sedang memiliki kebutuhan seputar pendaftaran HKI, pengurusan HKI, Konsultasi HKI dan lain sebagainya.

Sudah lebih dari ratusan client yang sudah kami dampingi dalam proses permohonan dan pendaftaran berbagaimacam bidang HKI.

Dan hampir semuanya, berhasil approve pada masing-masing keperluan bidang HKI.

Kami siap mendampingi kebutuhan HKI rekan-rekan sampai benar-benar bisa approve secara resmi.

Jika sewaktu-waktu ada yang melakukan pelanggaran terhadap HKI milikmu, maka Tim Ridwan Institute akan melakukan yang terbaik untukmu.

Biaya yang kamu perlukan untuk melakukan jasa pendampingan ini sangatlah bersahabat.

Mengenai biaya, kami memberikan diskon berupa potongan harga untuk 7 orang pertama dibulan ini yang menggunakan Jasa Konsultan HKI dari Ridwan Institute.

Dan sampai hari ini, hanya tersisa 2 slot potongan harga saja.

Bagi Kamu Yang membutuhkan Jasa Konsultan HKI, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Konsultan HKI Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini! (Gratis)

Harga & Biaya Pendaftaran HKI Murah & Cepat

Harga & Biaya Pendaftaran HKI Murah & Cepat

Menginginkan Biaya Jasa Pendaftaran HKI yang murah, memang menjadi kebutuhan setiap individu yang ingin mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual.

Tenang saja, biaya yang dikeluarkan untuk melakukan pendaftaran HKI di Ridwan Institute terbilang sangat murah.

Kami juga memberikan diskon promo potongan harga untuk 7 klien pertama di Bulan ini. Dan sampai detik ini, hanya tersisa 2 slot promo saja.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Jasa Pendampingan HKI, Yuk Langsung Konsultasi Dengan Tim Konsultan HKI Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Nah, mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai Sistem Perlindungan HKI, semoga bisa membantu, berguna, dan juga bermanfaat bagi rekan-rekan semua. Terimakasih!!