Cara Publikasi Jurnal Internasional

  • Whatsapp
publikasi jurnal internasional
publikasi jurnal internasional

Jurnal Internasional adalah jurnal hasil dan publikasikan pada jurnal yang memenuhi syarat jurnal internasional dan bisa correspondensi keasliannya.

dengan kata lain jurnal internasional menjadi pembeda dari jurnal lainnya karena mempunyai tingkatan yang lebih global dari dengan jurnal nasional.

Bacaan Lainnya

tingkatan tersebut bisa melihat dari prosesnya yang tidak instan mulai dari penelitian hal baru, tulis dan artikan menggunakan bahasa inggris dan proses submit artikel melalui online journal system yang ketat yang reviewernya oleh dewan reviewer oleh pengelola jurnal tersebut.

apabila melihat dari para ahli ada beberapa pendapat referensi, sebagai berikut :

Samir Raouf

pada tahun 2012, Samir Raouf adalah Menteri irak yang menjabat sebagai Kementerian Sains dan Teknologi, mengemukakan bahwa suatu jurnal mengatakan “internasional” hal ini terkait dengan penulis, pembaca, anggota dewan, bahasa dan memiliki nomor ISSN dan apakah termasuk dalam layanan abstrak ilmiah.

Beliau berpendapat bahwa membatasi definisi jurnal yang termasuk dalam layanan abstrak ilmiah internasional dan memiliki nomor ISSN sebagai persyaratan minimum untuk memenuhi syarat sebagai jurnal internasional.Sumber : Penelitianilmiah

Dr. Fahimuddin Shaik

Mengemukakan pendapatnya kriteria dalam mengartikan jurnal sebagai jurnal internasional yang mengacu pada komentar, ulasan, dan isi artikel. Dr. Fahimuddin Shaik merupakan dari Annamacharya Institute of Technology & Sciences, Rajampet.

Dewan editorial / associate atau asisten editor 25% tinggal dalam luar negara penerbitan, atau lebih dari sepertiga (33%) dari jumlah makalah yang published berasal dari luar negara publikasi atau lebih besar dari setengah (50%) jumlah total langganan berasal dari lembaga atau individu luar negara penerbitan.

Signifikansi pekerjaan penelitian dalam hal penerimaan yang lebih luas dan kutipan.

Journals terindeks dalam layanan terkenal seperti Web Of Science, SCOPUS, PubMed Central, DBLP dan Crossref.

Penerbit ternama seperti ACM, SPRINGER, IEEE, TAYLOR DAN FRANCIS, ELSEVIER dll.Sumber : penelitianilmiah

Berikut langkah – langkah Publikasi Jurnal Internasional

Memiliki naskah artikel jurnal yang akan publish (berbentuk draft)

Tahap pertama adalah artikel yang berdasarkan hasil penelitian seseorang, memiliki buku referensi yang tarap internasional dan ternama, juga memiliki rujukan sumber primary. tentu yang berbahasa inggris atau bahasa pengakuan PBB dalam hasil penelitian tersebut

Terjemahkan bahasa secara profesional keilmuwannya

Semua jurnal yang berbentuk internasional pastinya menggunakan bahasa yang sesuai SK PBB salah satunya bahasa inggris atau bahasa lainnya, terjemah ini bukan hanya menenrjemahkan pada bahasa tujuan akan tetapi terjemahan yang menyesuaikan dengan konteks keilmuwan, tujuan dan maksud artikel itu sendiri.

Mempunyai jurnal yang relevan dengan rumpun keilmuwan

Rujukan jurnal yang terindeks tentunya sangat penting dalam memilih artikel relevan, rekomendasi situs untuk mencari jurnal internasional antaranya: Scopus, Thomson Reuters, Elsevier, Proquest.

Bagus tidaknya nilai tergantung seberapa tinggi Impact factor jurnal itu sendiri

Lihat Jurnal yang sesuai

Format artikel sesuaikan dengan format yang berlaku suatu penerbit jurnal internasional, hal yang harus tahu sebagai berikut ; tabel, gambar, grafik, dan lainnya, untuk meningkatkan peluang jurnal kamu akan terbit.

Cara Submit publikasi Jurnal Internasional

pada tahap ini ada beberapa pengelola jurnal yang memiliki sistem submit yang berbeda, salah satunya ridwan institute yang memiliki penerbitan jurnal internasional ( Jsss.co.id ), publish artikel jurnal internasional dengan skala terbitan 2 bulan sekali dengan rumpun keilmuwan sosial.

Jika Artikel Accepted oleh penerbit, maka bisa terbit pada penerbit, apabila sudah melengkapi administrasi.

Jika artikel Rejected, bisa memilih jurnal lain dengan IF yang lebih rendah dan mengikuti prosedur yang sama.

Tunggu Proses Review

Setelah artikel Accepted oleh penerbit, kemudian dengan langkah reveiw, oleh peer reveiwer, rentan waktu proses reviewer mulai dari yang tercepat 1 hingga yang sedikit lama 8 bulan.

Revisi

Reviewer akan memberikan masukan sesuai rekomendasi reviewer sejawat. Hampir 90% revisi penulis pemula adalah mengenai bahasa. maka pada proses penerjemahan harap secara profesional oleh peneliti atau pu menggunakan jasa translate.

Pembayaran

untuk harga sendiri relatif tergantung pada penerbit yang mematok harga, biasanya harga sebanding pada kualitas proses dan hasil jurnal itu sendiri. kisaran dari $30 sampai $5000.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa menjadi rujukan pada pembuatan jurnal internasional. untuk yang akan submit jurnal nasional baca juga artikel cara mudah membuat jurnal nasional

Ada kendala publikasi Jurnal Internasional Scopus ?
Segera Hubungi Admin Ridwan Institute klik > Konsultasi !

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *