Pengertian BUKU & Jenis BUKU, YUK Simak!

No Comments

Apa itu BUKU?

Buku adalah kumpulan kertas atau bahan lain yang digabungkan menjadi satu pada satu ujung, termasuk teks, gambar, atau lampiran. Setiap sisi kertas dalam buku disebut halaman.

Jenis-jenis buku

Berikut beberapa contoh buku:

  • Novel
  • Majalah
  • Kamus
  • Komik
  • Manga
  • Ensiklopedia
  • Biografi
  • Naskah
  • Ligth novel (novel ringan)

1. Novel adalah karya sastra yang berbentuk prosa. Cerita dalam novel adalah sebuah karya imajinasi, membahas kehidupan seseorang atau berbagai karakter.

Cerita dalam novel dimulai dari masalah yang dihadapi oleh karakter dan diakhiri dengan pemecahan masalah. Kisah novel lebih rumit dari cerita pendek. Karakter dan lokasi yang diceritakan dalam novel sangat beragam dan lama dibahas dalam penceritaan. Ciri-ciri dalam novel menonjolkan kepribadian dan karakteristik masing-masing aktor dalam cerita. Novel ini terdiri dari bab dan sub bab tertentu sesuai dengan cerita ceritanya. Novelis disebut novelis.

2. Majalah (bahasa Inggris: magazine, periodical, glossies atau serials) adalah publikasi yang dicetak di atas kertas menggunakan tinta dan diterbitkan secara berkala, seperti mingguan, dwimingguan atau bulanan.

Majalah tersebut memuat berbagai artikel dengan berbagai topik yang ditujukan untuk masyarakat umum dan ditulis dalam bahasa yang mudah dipahami banyak orang. Biasanya, pendanaan majalah berasal dari iklan, harga jual, biaya langganan prabayar, atau ketiganya.

3. Kamus adalah buku referensi untuk menjelaskan arti kata. Kamus membantu orang lain mengenali kata-kata baru. Selain menjelaskan arti kata, kamus juga dapat memiliki pedoman khusus, sumber kata (etimologi), dan contoh penggunaan kata. Untuk memperjelas, terkadang ada ilustrasi di kamus. Biasanya, ini ditemukan dalam kamus bahasa Prancis.

4. Komik adalah media untuk mengekspresikan ide melalui gambar, biasanya digabungkan dengan teks atau informasi visual lainnya.

Komik biasanya berupa rangkaian panel yang disandingkan. Perangkat teks seperti balon ucapan bicara, subtitle dan onomatopoeia biasanya mewakili dialog, narasi, efek suara, atau informasi lainnya. Ukuran dan susunan kelompok berkontribusi pada ritme narasi. Kartun dan bentuk ilustrasi serupa adalah metode menggambar yang paling umum dalam komik. Fumetti adalah salah satu bentuk penggunaan gambar fotografi. Bentuk umum komik termasuk komik, editorial dan lelucon, serta buku komik. Sejak akhir abad ke-20, volume yang mengikat seperti novel grafis, album manga, dan tankōbon menjadi semakin umum, dan komik web telah berkembang pesat pada abad ke-21.

5. Manga (bahasa Jepang: 漫画) adalah komik atau novel grafis Jepang yang dibuat atau digunakan dalam bahasa Jepang konsisten dengan gaya yang dikembangkan di Jepang pada akhir abad ke-19. Manga memiliki sejarah awal yang panjang dan rumit dalam seni rupa Jepang awal.

6. Ensiklopedia adalah karya referensi atau abstrak yang memberikan ringkasan informasi di semua cabang ilmu atau bidang tertentu.

Ensiklopedia dibagi menjadi artikel atau entri, biasanya disusun menurut alfabet, terkadang menurut kategori subjek. Artikel ensiklopedia bahkan lebih panjang dan lebih rinci dari pada kamus yang paling ekstensif. Secara umum, tidak seperti entri kamus yang berfokus pada informasi linguistik (seperti makna, pengucapan, penggunaan, dan bentuk tata bahasa) kata, artikel ensiklopedia berfokus pada informasi faktual tentang subjek yang disebutkan dalam judul artikel.

7. Biografi adalah karya sastra yang memuat biografi orang-orang terkenal. Biografi tidak hanya lebih rumit dari daftar tanggal lahir atau kematian dan data pekerjaan seseorang, tetapi juga menceritakan perasaan yang terlibat dalam mengalami peristiwa tersebut.

Dalam biografi ini dijelaskan peran kehidupan dari masa kanak-kanak hingga usia tua bahkan kematian. Ini juga menjelaskan semua layanan, pekerjaan, dan segala sesuatu yang dihasilkan atau dilakukan peran tersebut. Teks biografi ditulis oleh orang lain selain Anda sendiri.

8. Naskah (dari bahasa Arab: نص, nas, teks; نسخ, nasikha, fotokopi; atau نسخة, nuskhat, fotokopi) adalah segala jenis dokumen buatan tangan yang langsung dibuat dengan tangan, baik tertulis maupun diketik, berbeda dengan yang dicetak oleh mesin Atau dapat disalin secara otomatis atau tidak langsung dengan tangan.

Nah, istilah manuskrip juga diartikan sebagai karya tertulis dalam bentuk tulisan tangan, diketik atau ditulis, yang dihasilkan oleh pengarang sendiri melalui aplikasi pengolah kata (bahasa Inggris: pengolah kata), yang berbeda dengan karya tulis dalam bentuk cetakan. Sebelum mengenal teknologi percetakan, semua dokumen dan buku adalah manuskrip. Isi naskah belum pasti, naskah dapat menggabungkan teks dengan perhitungan matematis, peta, diagram atau ilustrasi penjelasan. Naskah bisa berupa buku, gulungan atau manuskrip. Naskah yang diterangi kaya akan gambar, bingkai halaman, inisial dengan efek relief yang rumit atau ilustrasi satu halaman penuh.

9. Light novel / novel ringan (ラ イ ト ノ ル ル raito noberu) adalah jenis novel, biasanya disertai ilustrasi anime atau manga, biasanya ditujukan untuk remaja usia sekolah menengah.

Novel ringan termasuk dalam kategori wasei-eigo, yaitu istilah bahasa Jepang yang dipinjam dari kosakata bahasa Inggris, tetapi bukan merupakan bagian dari idiom bahasa Inggris. Di Jepang, novel jenis ini biasa disebut ranobe (ラ ベ) atau LN di Barat. Panjang novel semacam itu biasanya antara 40.000 dan 50.000 kata (panjang LN kira-kira sama dengan panjang novel), jarang melebihi 200 halaman, dan sering diterbitkan pada konferensi terjadwal, biasanya dalam bentuk Bunkobon, dan Ilustrasi sering dilampirkan. Cerita LN biasanya pertama kali dibuat berseri di majalah dan kemudian diterbitkan dalam bentuk buku.

Artikel Lainnya

Lihat semua artikel

Leave a Comment