Pengertian Buku Dan Jenis Buku

Hallo teman-teman Ridwan Institute👋🏻 Bingung mencari informasi terkait pengertian buku dan apa saja jenis buku? Tidak perlu khawatir! karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi lengkap seputar pengertian buku dan jenis buku.

Penasaran seperti apa pembahasannya? simak terus sampai habis artikel ini agar kamu mendapatkan jawabannya!

Pengertian Buku

Pengertian Buku dan Jenis Buku

Menurut (KBBI) Kamus Besar Bahasa Indonesia, buku adalah kumpulan atau sekumpulan lembaran kertas yang terjilid, dalam lembaran tersebut berisi tulisan maupun kosong.

Buku merupakan kumpulan bahan atau kertas lainnya kemudian dijadikan satu dan berupa tulisan ataupun gambar. Setiap lembaran dalam buku disebut halaman.

Jenis buku

1. Novel

Novel adalah karangan prosa panjang yang berisi serangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang-orang di sekitarnya yang menonjolkan atau memfokuskan karakter dan sifat masing-masing aktor.

Berbeda dengan karya sastra lainnya, novel merupakan karya sastra yang panjang.

Makanya, novel-novel yang sering kamu lihat di toko buku rata-rata memiliki halaman yang cukup tebal, bukan?

2. Cergam

Buku cerita bergambar atau biasa disebut dengan cergam adalah suatu media grafis berupa bacaan yang berisi pesan-pesan berbentuk literal yang dilengkapi dengan gambar atau ilustrasi untuk memperjelas isi pesan-pesannya.

3. Komik

Komik merupakan cerita bergambar (di majalah, surat kabar, atau berbentuk buku) yang pada umumnya lucu dan mudah untuk dipahami.

Komik merupakan cerita yang bertekanan pada Tindakan dan gerak yang ditampilkan lewat urutan gambar yang dibuat secara khas dengan paduan kata-kata.

4. Ensiklopedi

Ensiklopedia adalah karya acuan atau referensi yang disajikan dalam buku (atau jilid) yang berisi informasi tentang semua cabang pengetahuan, sains, dan teknologi, atau yang secara komprehensif merangkum cabang ilmu dalam serangkaian artikel yang judul subjeknya disusun menurut abjad.

5. Nomik

Nomik adalah singkatan dari novel-komik. Dari namanya saja dapat disimpulkan bahwa nomik adalah gabungan dari novel yang berisi cerita tentang seseorang, dan komik yang merupakan buku teks bergambar dengan bahasa percakapan.

6. Antologi

Buku antologi adalah buku yang terdiri dari kelompok-kelompok tulisan yang tidak berkaitan.

Akan tetapi masih satu jenis tulisan dan biasanya juga satu tema. Antologi biasanya berupa kelompok cerita pendek, kelompok puisi, kelompok esai, dan lain sebagainya.

7. Dongeng

Dongeng adalah salah satu jenis karya sastra kuno yang berisi kisah-kisah luar biasa dan imajiner (fiksi) yang dianggap masyarakat umum sebagai cerita yang tidak benar-benar terjadi.

Pendapat lain mengatakan bahwa dongeng adalah cerita tradisional yang diceritakan secara turun-temurun yang tujuannya adalah untuk menghibur dan mengajarkan nilai-nilai moral.

Dongeng sering digunakan untuk membantu anak-anak belajar membayangkan, membentuk, dan membangun karakter mereka.

8. Biografi

Biografi adalah cerita tentang kehidupan seseorang yang ditulis oleh orang lain, jika cerita tentang seseorang ditulis oleh diri sendiri, maka itu disebut sebagai biografi otomatis.

Tertarik menulis biografi karakter? Sebelum menulis tentang seorang tokoh, Grameds tentu perlu riset mendalam dan mengetahui apa itu teks biografi agar dapat menghasilkan tulisan yang baik.

9. Catatan Harian

catatan harian adalah buku atau catatan yang berisi peristiwa menarik yang ditulis oleh seseorang.

Melalui buku harian seseorang dapat mengungkapkan pengalaman, pikiran dan perasaan yang dialami dengan menggunakan bahasa yang baik, benar dan efektif.

Buku harian adalah catatan masa lalu seseorang yang berisi aktivitas atau tindakan yang telah dilakukan.

10. Novelet

Novelet sebenarnya masih berkaitan erat dengan novel. Istilah novelet berasal dari kata novel yang digabungkan dengan akhiran -ette yang berarti ‘kecil’.

Istilah tersebut kemudian diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi novelette yang berarti novel kecil

11. Fotografi

Jika melihat dari definisinya, fotografi adalah proses melukis atau menulis dengan menggunakan media cahaya.

Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode menghasilkan gambar atau foto suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek pada media peka cahaya.

12. Karya Ilmiah

Karya ilmiah adalah karya tulis yang dibuat dengan kaidah ilmiah berdasarkan data dan fakta yang diperoleh dari pengamatan, eksperimen, dan kajian pustaka.

Secara umum, karya ilmiah berisi data, fakta dan solusi untuk memecahkan masalah dalam makalah.

Masalah yang terkandung dalam karya ilmiah bersifat objektif dan faktual. Jadi dapat kita simpulkan bahwa karya ilmiah adalah tulisan yang mengandung fenomena atau peristiwa yang ditulis berdasarkan kenyataan.

13. Tafsir

Kitab tafsir merupakan kitab terjemahan dari karya ulama dan menjadi rujukan. Kitab-kitab tafsir memuat isi suatu hadits atau ayat yang dijelaskan dalam bahasa yang lebih mudah dicerna oleh masyarakat.

14. Kamus

Kamus adalah buku referensi yang berisi daftar kata atau kombinasi kata dengan informasi tentang berbagai aspek makna dan penggunaannya dalam bahasa tertentu. Kamus biasanya disusun menurut abjad.

15. Panduan (how to)

Buku panduan adalah sebuah dokumen atau publikasi yang berisi informasi terstruktur dan rinci tentang cara melakukan suatu tugas atau aktivitas tertentu.

Buku panduan biasanya dirancang untuk membantu pembaca memahami langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan tertentu, baik itu dalam bidang teknis, pemasaran, pembelajaran, atau bidang lainnya.

16. Atlas

Buku atlas adalah kumpulan peta yang disatukan dalam bentuk buku. Selain buku, atlas juga ditemukan dalam bentuk multimedia, seperti Google Earth.

Atlas dapat berisi informasi tentang geografi, batas-batas negara, statistik geopolitik, sosial, agama, dan ekonomi.

17. Buku Ilmiah

Secara umum, jenis buku ilmiah adalah buku yang berisi uraian tentang suatu bidang ilmu, buku ilmiah lebih diarahkan pada karya ilmiah.

Atau bisa juga disebut buku non-fiksi, alias ditulis berdasarkan penelitian dan fakta.

18. Teks

Buku teks merupakan salah satu asal mula pembelajaran dan materi pembelajaran yang banyak digunakan dalam materi pembelajaran di sekolah.

Buku teks adalah bahan pembelajaran simultan untuk asal pelajaran bagi siswa standar.

19. Majalah

Majalah adalah kumpulan berita, artikel, cerita, iklan, dll yang dicetak pada lembaran karton atau kertas berukuran folio, diikat dalam bentuk buku.

Majalah biasanya diterbitkan secara teratur seminggu sekali, setiap dua minggu, atau sebulan sekali.

20. Buku Digital

Buku digital merupakan salah satu jenis buku atau bacaan yang hadir dalam bentuk softcopy atau elektronik yang kemudian dapat dibaca menggunakan perangkat digital, baik itu smartphone maupun komputer (PC dan laptop).

Akhir Kata

Mungkin itu saja infromasi yang bisa kami berikan terkait Pengertian Buku dan jenis buku, semoga dengan adanya artikel Pengertian Buku dan jenis buku ini bisa berguna dan bermanfaat bagi teman-teman.

Terimakasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like

Head Office Greenland Sendang Residence No. E-06, Sendang, Kec. Sumber, Cirebon, Jawa Barat 45611 Customer Support 0852-1341-2727

Attention!

Mau Skillmu Makin Jago dan Karirmu Melesat? Yuk, Gunakan Jasa Sertifikasi Profesi di Ditekindo Sekarang Juga!