Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah metode penelitian yang digunakan oleh pendidik untuk meningkatkan proses belajar mengajar di dalam kelas.
Metode ini melibatkan siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan secara berulang-ulang.
Dalam konteks pendidikan, Penelitian Tindakan Kelas menjadi alat yang efektif untuk mengidentifikasi masalah, menguji solusi, dan mengimplementasikan strategi pengajaran yang lebih baik.
Dengan melakukan PTK, guru dapat mengembangkan pendekatan yang lebih inovatif dan responsif terhadap kebutuhan siswa, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan efektif.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah suatu bentuk penelitian praktis yang dilakukan oleh guru atau praktisi pendidikan di dalam kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. PTK berfokus pada permasalahan nyata yang dihadapi guru dalam proses belajar mengajar dan mencari solusi yang efektif melalui tindakan yang terencana, sistematis, dan reflektif.
PTK memiliki beberapa tujuan utama, yaitu:
Melakukan PTK memberikan banyak manfaat bagi guru, siswa, dan sekolah, di antaranya:
PTK umumnya dilakukan dalam beberapa siklus, yang terdiri dari langkah-langkah berikut:
Terdapat beberapa jenis PTK, di antaranya:
Berikut adalah beberapa contoh topik PTK:
PTK merupakan alat yang bermanfaat bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
PTK membantu guru untuk mengidentifikasi masalah, merumuskan solusi, dan mengevaluasi efektivitas tindakan yang mereka lakukan.
Dengan melakukan PTK secara berkelanjutan, guru dapat terus belajar dan berkembang sebagai profesional pendidikan dan ultimately meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan.
FAQ
Model PTK Kurt Lewin > Model PTK Kemmis & McTaggart > Model PTK John Elliot > Model PTK Hopkins
PTK merupakan sebuah penelitian yang dilakukan di ruangan kelas dengan menggunakan tindakan yang dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar.
PTK digunakan dalam konteks pendidikan untuk meningkatkan praktik pembelajaran di kelas.
PTK mendasarkan pada masalah-masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran di kelas.