Masa Berlaku Akta Pendirian PT

Bagi kamu yang ingin mengetahui terkait masa berlaku akta pendirian PT, kamu bisa simak artikel ini sampai habis!

Pada prinsipnya PT (Perseroan Terbatas) adalah suatu perikatan, sehingga pendirian Perseroan Terbatas wajib dilakukan oleh 2 orang atau lebih. Perikatan itu dilakukan dengan cara pembuatan Akta Pendirian dengan sebuah akta. Akta Pendirian PT atau Perseroan Terbatas adalah akta yang dibuat dihadapan Notaris, yang berisi keterangan mengenai kesepakatan dan identitas para pihak untuk mendirikan PT beserta Anggaran Dasarnya. Untuk mendapatkan status Badan Hukum, sebuah PT harus mendapatkan pengesahan dari Menteri-Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM). Dalam Akta Pendirian, setiap pendiri harus mengambil bagian saham pada saat pendiriannya.

Pengertian Akta Pendirian PT

Sebelum memasuki kedalam inti pembahasan yaitu masa berlaku akta pendirian pt, setiap pengusaha setidaknya harus memahami fundamental dan pengetahuan dasar tentang keperluan yang perlu dipersiapkan dalam upaya pendirian usaha.

Salah satu Langkah yang perlu kamu ambil adalah mengetahui dan memahami seberapa pentingnya membuat akata pendirian pt sebagai alat bukti bahwa badan usaha tersebut sudah mempunyai izin yang legal.

Akta Pendirian Perusahaan merupakan jenis dokumen yang penting yang berfungsi sebagai alat bukti yang menyatakan adanya pembangunan badan usaha baru. Sederhananya, akta pendirian pt tersebut merupakan bukti yang sah yang bisa mengesahkan suatu perusahaan di mata hukum Indonesia.

Dan sejatinya, akta pendirian pt ini sifatnya wajib untuk dimiliki baik itu bagi jenis badan usaha kecil, sedang, maupun besar.

Akta tersebut lebih wajib dimiliki oleh setiap badan usaha yang memiliki urusan dengan instansi pemerintah maupun badan usaha besar yang telah berstatus legal.

Dengan kata lain, penting atau tidaknya pembuatan akta pendirian pt badan usaha tergantung kepada kebutuhan perusahaan yang bersangkutan. Untuk jenis badan usaha kecil dan tidak mempunyai hubungan dengan lembaga pemerintah, kepemilikan akta pendirian ini masih tidak terlalu urgent keberadaannya.

Akan tetapi, untuk jenis badan usaha berskala besar dengan tingkat produktivitas tinggi, kepemilikan akta pendirian badan usaha tetap wajib menjadi salah satu syarat wajib

Baca Juga : Jasa Pembuatan PT

Masa berlaku akta pendirian PT

Masa berlaku akta pendirian PT (Perseroan Terbatas) adalah seumur hidup, selama perusahaan beroperasional. Berbeda dengan kebanyakan izin lainnya yang mempunyai masa berlaku beberapa tahun saja. Jadi kamu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk mengurus akta PT untuk menikmati hasil selamanya. Hal yang mungkin bisa terjadi adalah bukan berakhirnya masa berlaku, akan tetapi perubahan akta pendirian PT.

Perubahan ini yang mungkin saja sering terjadi dalam perusahaan kamu. Dan sudah  banyak sekalo yang melakukannya. Tidak ada yang salah dengan perubahan akta pendirian PT.

Perubahan ini bisa terjadi oleh karena perubahan nama perusahaan, alamat saham, perubahan perusahaan, dan perubahan jajaran direksi atau perubahan lainnya. Jika perubahannya seperti hal ini, maka akta juga harus diubah. Yang mana itu artinya, biaya perubahannya juga cenderung lebih tinggi dari pada perubahan lainnya.

Syarat Pembuatan Akta Pendirian PT

Setelah mengetahui tentang masa berlaku akta pendirian pt, selanjutnya kita akan masuk kedalam pembahasan tentang syarat pembuatan akta pendirian PT

  • Fotokopi KTP pemilik saham dan pengurus minimal 2 (dua) orang
  • Fotokopi KK direktur atau penanggung jawab perusahaan
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) penanggung jawab
  • Foto berwarna dari penanggung jawab
  • Fotokopi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)
  • Surat Keterangan dari RT dan RW bila Anda berada di perkampungan
  • Foto kantor Anda

Contoh Akta Pendirian PT

Setelah mengetahui tentang masa berlaku akta pendirian PT, berikutnya kami akan membahas mengenai contoh akta pendirian Pt.

Pengurusan Akta Pendirian PT tidaklah sulit. Dengan berdasarkan PP NO 24 Tahun 2018, dimana pemerintah telah mengizinkan layanan atau akses OSS(Online Single Submission) untuk beroperasi melayani seluruh pengurusan Izin Usaha, maka pengurusan Pendirian CV maupun PT ini menjadi lebih mudah dan sederhana.

Akta Pendirian PT sendiri berisikan tentang keterangan mengenai Identitas atau tanda pengenal Perusahaan serta Perjanjian diantara para pendiri perusahaan, yang intinya membahas Anggaran Dasar serta Tujuan didirikannya perusahaan.

Adapun hal-hal seperti jangka waktu berdirinya perusahaan, maka besarnya jumlah modal atau aset yang dimiiki, disetor, perubahan anggaran dasar, mengatur anggaran dasar, kepengurusan perusahaan, menentukan besarnya jumlah saham, pemberhentian atau penggantian Anggota Direksi dan Komisaris yang dibahas pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan menetapkan pembagian dividen.

RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) merupakan kebijakan yang paling tinggi dalam perusahaan. Menurut UU, Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) ini digelar minimal setahun sekali dalam menentukan jalannya perusahaan selama periode selanjutnya. Hal-hal seperti penggantian Anggota Komisaris, Direksi, serta pembagian dividen ditentukan dan dibicarakan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Struktur Pengurus PT

setelah kita memahami dan mengetahui tentang masa berlaku akta pendirian PT dan pembahasan lainnya, kurang rasanya jika kita tidak membahas mengenai struktur pengurusan PT

Kepengurusan struktur organisasi dalam sebuah PT sebagaimana yang tertuang dalam Akta Pendirian Perusahaan adalah terdiri dari :

  • Lebih dari 1 (satu) orang.
  • mempunyai setidaknya Anggota Direksi dan Komisaris.
  • Namun Anggota Direksi tidak dapat menjabat sebagai Komisaris sekaligus.

Meski begitu, jika sebuah bisnis online ingin mendirikan PT, maka paling tidak PT tersebut wajib beranggotakan 1 (satu) orang. Sang pemilik modal atau pemegang saham bisa berperan sebagai Pemilik perusahaan, dan yang lainnya sebagai Komisaris yang bertugas mengawasi Direksi dalam menjalankan perusahaannya.

Kesimpulan

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai masa berlaku akta pendirian PT, semoga dengan adanya artikel masa berlaku akta pendirian PT bisa berguna dan bermanfaat bagi teman-teman semua. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like