Keuntungan Publikasi Jurnal Internasional bagi Dosen

Bagi kamu yang sedang mencari informasi seputar Keuntungan Publikasi Jurnal Internasional bagi Dosen bisa simak artikel ini sampai habis yah!

Publikasi jurnal internasional merupakan salah satu aspek penting dalam karier akademik, terutama bagi para dosen dan peneliti.

Melalui publikasi jurnal, pengetahuan dan temuan baru dapat dibagi kepada komunitas ilmiah dan masyarakat luas, memungkinkan terjadinya diskusi serta pengembangan lebih lanjut di bidang studi tersebut.

Selain itu, publikasi jurnal juga sangat penting dalam pengembangan karier akademik dosen, memberikan mereka kesempatan untuk mendapatkan pengakuan di tingkat nasional maupun internasional.

Nah, sebelum masuk kedalam pembahasan keuntungan publikasi jurnal internasional bagi dosen, ada baiknya jika kamu ketahui dan pahami terlebih dahulu apa yang di maksud dengan jurnal internasional.

Apa Itu Jurnal Internasional?

Keuntungan Publikasi Jurnal Internasional bagi Dosen

Jurnal internasional adalah karya ilmiah yang ditulis dan dipublikasikan dalam skala internasional dan dapat dipertanggungjawabkan.

Jurnal itu sendiri pada dasarnya adalah media untuk menerbitkan artikel ilmiah. Jadi, jurnal akan menerima artikel ilmiah yang disusun oleh dosen untuk dipublikasikan mengikuti jadwal publikasi jurnal secara berkala. Jurnal dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu jurnal nasional dan jurnal internasional.

Jurnal internasional biasanya mempublikasikan artikel ilmiah dari peneliti dari berbagai negara. Dalam ketentuan Dikti, jurnal dapat disebut jurnal internasional jika artikel di dalamnya ditulis oleh minimal 2 penulis dari 2 negara yang berbeda.

Keuntungan Publikasi Jurnal Internasional bagi Dosen

Keuntungan Publikasi Jurnal Internasional bagi Dosen

Dalam publikasi ilmiah, dosen tidak hanya sebatas memiliki pilihan jurnal ilmiah. Tetapi kamu juga dapat menerbitkan karya kamu melalui prosiding untuk menerbitkan buku.

Namun, jurnal ilmiah sedikit lebih istimewa. Salah satunya karena tidak ada batasan jumlahnya. Artinya, dosen sepanjang tahun atau bahkan setiap bulan dapat mempublikasikan jurnal ilmiah jika memungkinkan dan semua dapat masuk BKD atau dinilai oleh Tim PAK untuk kenaikan jabatan fungsional.

Selain itu, ada lebih banyak keuntungan publikasi jurnal internasional yang dapat dirasakan oleh dosen. berikut beberapa keuntungan publikasi jurnal internasional bagi dosen:

1. Menjadi Rekam Jejak Dosen

Rekam jejak adalah semua hal yang telah dilakukan seseorang di masa lalu, yang menunjukkan seberapa baik mereka dalam melakukan pekerjaan mereka, mengatasi masalah, dan sebagainya.

Track record disebut juga track record. Bagi dosen, membangun rekam jejak tentu sangat penting untuk menunjukkan kinerja dan segala bentuk kontribusi yang diberikan terhadap profesinya.

Publikasi ilmiah, termasuk hingga jurnal internasional membantu dosen membangun rekam jejak tersebut. Sehingga dikenal dan diakui oleh masyarakat luas sebagai dosen yang bertanggung jawab dan profesional.

2. Meningkatkan Reputasi Dosen

Keuntungan kedua menerbitkan jurnal internasional bagi dosen adalah meningkatkan reputasi sebagai akademisi dan peneliti. Karena tugas dosen tidak hanya menjadi pendidik tetapi juga menjadi ilmuwan melalui kegiatan penelitian.

Publikasi dikatakan sebagai bagian dari membangun reputasi dosen, karena dapat ditelusuri seberapa besar manfaatnya bagi masyarakat.

Salah satunya dari jumlah sitasi dari publikasi tersebut. Semakin banyak kutipan yang diperoleh dari karya yang diterbitkan oleh dosen, semakin menunjukkan dampak besar dari karya tersebut. Sehingga menjadi bagian dari reputasi positif seorang dosen dan mampu menunjukkan kredibilitasnya.

3. Bentuk Kontribusi Dosen terhadap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Publikasi ilmiah ke dalam jurnal internasional juga merupakan bentuk kontribusi dosen terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia. Publikasi ke jurnal diawali dengan kegiatan penelitian dan studi pustaka.

Semua hasil penelitian dan pembelajaran dosen kemudian akan dipublikasikan dalam jurnal untuk dibaca oleh masyarakat luas. Konten tersebut tentu saja berisi hal-hal baru dan penemuan-penemuan baru yang dapat mendukung perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan.

Adanya publikasi ke jurnal dan media lainnya membuat dosen memiliki bukti bahwa mereka telah memberikan kontribusi langsung terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Jadi inilah alasan mengapa mempublikasikan semua temuan dosen adalah wajib.

4. Menjadi Portofolio Dosen

Publikasi ilmiah hingga jurnal internasional juga memberikan manfaat berupa kepemilikan portofolio. Bagi dosen, portofolio sangat penting untuk dibangun atau dimiliki, karena akan menjadi bukti kinerja dan keahlian mereka dalam suatu bidang.

Sebuah portofolio yang dibangun dari publikasi ilmiah hingga jurnal internasional akan menguntungkan berbagai hal. Seperti digunakan sebagai bagian dari kelengkapan administrasi saat mendaftar program beasiswa dan kebutuhan lainnya.

Jika kedepannya dosen membutuhkan studi lanjut, baik untuk jenjang S3 maupun untuk mengikuti program postdoctoral. Baik dengan biaya sendiri atau beasiswa, portofolio ini dapat membantu mencapai tujuan ini.

Karena sering menjadi pertimbangan perguruan tinggi dalam menerima mahasiswa baru dan penyelenggara program hibah. Membangun portofolio tentu tidak bisa satu malam, butuh waktu. Selain itu, publikasi ke jurnal juga membutuhkan waktu yang lumayan.

5. Memenuhi Syarat Kenaikan Jabatan Dosen

Keuntungan publikasi jurnal internasional juga berkaitan dengan pengembangan karir dosen. Menurut penjelasan sebelumnya, publikasi ke jurnal ilmiah wajib bagi dosen dan ketika diuangkan, dosen mendapatkan angka kredit atau KUM.

KUM yang terkumpul dapat menjadi sarana bagi dosen untuk melamar kenaikan jabatan fungsional. Misalnya, jika kamu telah mengumpulkan 850 poin KUM, kamu dapat mendaftar untuk menjadi Profesor.

Artinya, publikasi ke jurnal internasional membantu dosen memenuhi persyaratan minimal nomor KUM agar pengajuan dapat dipromosikan. Semakin banyak jurnal yang diterbitkan, semakin cepat dosen naik jabatan fungsional.

6. Sarana Membangun Jaringan Internasional

Bentuk keunggulan publikasi jurnal internasional bagi dosen selanjutnya adalah dapat menjadi sarana membangun jejaring. Menariknya, jurnal internasional dapat membantu dosen mendapatkan jaringan internasional.

Pasalnya, jurnal internasional diakses oleh komunitas ilmiah dari berbagai negara di dunia. Beberapa dari mereka mungkin mencari profil penulis dan menghubungi kontak yang diterbitkan.

Sehingga selain saling mengenal, mereka juga saling bertukar informasi bahkan berkolaborasi ke depannya. Semakin banyak jurnal internasional yang diterbitkan, semakin luas jaringan internasional yang dimiliki dosen.

Sumber | Dunia Dosen

Info Publikasi Jurnal Internasional Mudah Dan Bisa Terbit Di Waktu Yang Dekat (Scopus, WoS, DOAJ)

Perlu kamu ketahui bahwasannya ada banyak publisher yang menyediakan tempat publikasi jurnal internasional. Akan tetapi, biasanya mereka hanya memiliki terbitan 1 atau 2 kali saja pertahunnya.

Dan juga, slot naskah untuk setiap terbit biasanya berkisar antara 5-15 artikel saja.

Jadi, dalam 1 tahun jurnal internasional tersebut hanya mempublikasi 10-30 naskah jurnal saja.

Tapi, tak perlu khawatir, pasti ada solusi untukmu yang menginginkan publikasi jurnal internasional mudah dan terbit dengan cepat. Yaitu dengan menerbitkan naskahmu di jurnal internasional milik Ridwan Institute.

Mengapa publikasi jurnal internasional di Ridwan Institute bisa terbit di waktu yang dekat?

Karena kami adalah lembaga publikasi ilmiah yang sudah berbadan hukum dan yang menerbitkan jurnal Nasional maupun Internasional secara bulanan.

Kami memiliki banyak Tim yang masing-masing sudah ahli dalam bidangnya.

Kami juga menyediakan 20 slot Naskah untuk dipublikasi di setiap bulannya.

Di bulan Juni ini, hanya 5 slot naskah saja yang tersisa.

Jika kamu berhasil mendapatkan slot tersebut, maka naskahmu bisa terbit bulan ini juga. Proses review naskahmu tidak memerlukan waktu yang lama karena dikerjakan oleh banyak Tim yang masing-masing sudah ahli dalam bidangnya.

Konsultasikan segera kebutuhanmu terkait publikasi jurnal internasional pada whatsapp dibawah ini!

Penutup

Nah, mungkin itu saja artikel yang bis kami berikan terkait keuntungan publikasi jurnal internasional bagi dosen, semoga dengan adanya artikel keuntungan publikasi jurnal internasional bagi dosen bisa berguna dan bermanfaat bagi rekan-rekan.

Terimakasih.


FAQ

Publikasi jurnal Internasional untuk apa?

Jurnal internasional menjadi destinasi publikasi hasil penelitian yang utama bagi dosen di Indonesia bahkan di negara lainnya. Sebab jurnal dengan skala global ini akan memaksimalkan publikasi dan meningkatkan jumlah pembaca. Tujuannya agar hasil penelitian dimanfaatkan lebih banyak orang.

Kenapa dosen harus publikasi?

Selain bermanfaat sebagai rekam jejak kompetensi, publikasi ilmiah bisa menjadi portofolio apabila ingin mendaftar beasiswa atau melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi. Nah., itu dia manfaat publikasi ilmiah bagi dosen dan mahasiswa.

Apa tujuan utama dari publikasi?

Publikasi dilakukan untuk memudahkan masyarakat mendapat informasi mengenai hal yang berkaitan dengan perusahaan atau organisasi dan mendapatkan respon yang positif dari masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like