6 Situs Jurnal Online Gratis dan Berkualitas

  • Whatsapp
Jurnal Online

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia akademisi, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya jurnal online. Menurut Pane, dkk (2020), jurnal merupakan suatu publikasi ilmiah yang terdiri dari kumpulan artikel dan umumnya terbit secara berkala. 

Karya ilmiah yang satu ini sangat berguna sebagai referensi dalam membuat penelitian ataupun sebagai basis data dalam membuat kebijakan publik. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai jurnal daring:

Rekomendasi Situs Jurnal Online Gratis

Ada banyak situs jurnal ilmiah yang bisa Anda kunjungi, baik nasional maupun internasional. Adapun, situs jurnal yang banyak digunakan di Indonesia yaitu sebagai berikut:

  1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas)

Perpusnas mempunyai website yang bisa Anda akses jika ingin mencari jurnal online. Website tersebut memiliki tampilan layaknya perpustakaan online dan menyediakan berbagai buku dan jurnal yang dapat dikunjungi secara online

Agar bisa mengaksesnya, Anda perlu melakukan registrasi terlebih dahulu melalui situs E-resources.perpusnas.go.id hingga menjadi anggota Perpusnas. Popularitas Perpusnas online sudah tidak perlu diragukan lagi. Menurut data dari Kepala Perpusnas, pada bulan Maret – April 2020 lalu, jumlah anggota iPusnas mencapai 40.902 orang.

  1. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

LIPI merupakan suatu lembaga berbasis keilmuan yang menyediakan wadah bagi para penerbit jurnal agar bisa mempublikasikan jurnal  melalui situs lipi.go.id. Anda berkesempatan mencari berbagai jenis jurnal secara online

  1. Library Genesis

Situs jurnal gratis yang dapat Anda kunjungi berikutnya adalah Library Genesis atau yang biasa disebut dengan Libgen. Situs jurnal ini menyediakan berbagai jenis dokumen seperti buku akademik, jurnal ilmiah, majalah, dan bahkan komik.

  1. Researchgate

Researchgate merupakan salah satu situs penyedia layanan jurnal terkemuka di Indonesia. Situs ini menyediakan wadah bagi para komunitas peneliti untuk berkumpul secara online. Tentunya, banyak mahasiswa yang memanfaatkan situs Reaserchgate.net untuk mencari berbagai jurnal.

  1. Directory of Open Access journals (DOAJ)

Doaj.org adalah salah satu contoh direktori online yang cukup populer di kalangan akademisi. Situs jurnal ilmiah ini dikuratori oleh suatu komunitas yang bertugas mengindeks serta menyediakan akses ke open journal yang berkualitas tinggi.

  1. Scopus

Scopus adalah database tersebesar yang menyediakan jurnal online dari seluruh dunia. berbagai macam jurnal ada pada situs ini. dan bisa di akses dan download ataupun melakukan sitasi menggunakan aplikasi mendeley secara gratis pastinya. jika ada kesulitan scopus bisa klik disini

Sebetulnya, masih banyak situs jurnal online lain yang bagus dan memiliki reputasi baik di Indonesia. Agar tidak bingung karena terlalu banyak pilihan, Anda bisa mencoba beberapa situs di atas untuk menunjang penelitian Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *