Jurnal Internasional Bereputasi

Bagi kamu yang sedang mencari informasi seputar jurnal internasional bereputasi bisa simak artikel dibawah ini sampai habis! Karena pada artikel ini kami akan memberikanmu informasi lengkap seputar jurnal internasional bereputasi

Sebagai dosen, Kamu wajib menulis karya tulis ilmiah atau jurnal. Namun untuk mendapatkan karya tulis dan jurnal ilmiah yang baik, seorang dosen harus mampu membuat karyanya tembus di jurnal internasional.

Sayangnya, memperoleh jurnal internasional bergengsi dan bereputasi bukanlah hal yang mudah. Penulis harus melalui beberapa tahapan agar jurnal tersebut berhasil diterbitkan di berbagai jurnal internasional.

Tidak hanya itu, penulis harus memastikan bahwa jurnal tersebut juga terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Saat ini banyak jurnal bergengsi yang bisa membatalkan karir seorang dosen. Sangat disayangkan, bukan?

Apa Itu Jurnal Internasional?

Jurnal Internasional Bereputasi

Nah, sebelum masuk kedalam pembahasan jurnal internasional bereputasi sebaiknya kamu ketahui dan pahami terlebih dahulu mengenai jurnal internasional bereputasi.

Jurnal internasional adalah publikasi ilmiah yang berisi artikel-artikel penelitian, makalah, atau tinjauan ilmiah yang ditulis oleh para peneliti, ilmuwan, atau akademisi dari berbagai negara di seluruh dunia. Jurnal ini dirancang untuk menyebarkan pengetahuan baru, temuan penelitian, dan kontribusi ilmiah dalam berbagai disiplin ilmu kepada audiens internasional.

Daftar Jurnal Internasional Bereputasi

1. Directory of Open Access Journals (DOAJ)

DOAJ adalah sebuah platform yang memfasilitasi akses ke jurnal-jurnal unggulan. Akses ini bersifat terbuka dan memungkinkan jurnal-jurnal tersebut untuk dinilai oleh para peneliti sesama.

Dalam DOAJ, tersedia jurnal-jurnal dari 80 bahasa, berasal dari 130 negara, mencakup 17 ribu jurnal, dan menyediakan akses ke 7 juta artikel.

2. SCOPUS

Dalam dunia perguruan tinggi, SCImago Journal & Country Rank (SCOPUS) adalah sebuah nama yang sudah sangat dikenal. SCOPUS adalah sebuah portal publik yang menyajikan data jurnal ilmiah dan indikator kinerja negara. Jurnal ini memanfaatkan berbagai sumber informasi yang beragam, yang mencakup 27 tema, 313 subjek, 34 ribu judul, melibatkan lebih dari 5 ribu penerbit, dan berasal dari 239 negara di seluruh dunia.

3. Thomson Reuters

Portal ini adalah salah satu sumber yang memuat berbagai jurnal. Thomson Reuters, pada kenyataannya, memanfaatkan beberapa indeks, termasuk:

  • Science Citation index expanded (SCIE)
  • Social Sciences Citation Index (SSCI)
  • Arts & Humanities Citation Index (AHCI)
  • Emerging Sources CItation Index (ESCI)
  • Conference Proceeding Citation Index (CPCI)
  • Book Citation Index (BCI)

4. Elsevier

Elsevier adalah salah satu penyedia informasi ilmiah, teknis, dan medis yang paling komprehensif di dunia. Perusahaan teknologi yang telah beroperasi sejak tahun 1880 ini menawarkan 400 ribu jurnal setiap tahun dari 2500 jurnal yang berbeda. Salah satu contoh jurnal yang terdapat dalam Elsevier adalah Procedia Social and Behavioral Sciences.

5. Springer

Springer, sebuah perusahaan penerbitan global terkenal, telah sukses dalam menerbitkan beragam jenis karya, termasuk buku elektronik, sains, jurnal, teknis, dan medis. Mereka memiliki berbagai pangkalan data ilmiah seperti SpringerLink, Springer Protocols, dan SpringerImage. Saat ini, Springer telah berhasil menerbitkan lebih dari 88 ribu judul karya elektronik dari berbagai kategori. Untuk dapat mengaksesnya, kita perlu…

6. Wiley Online Library

Utuk bisa mengakses berbagai multidisiplin ilmu seperti ilmu alam, kesehatan, sosial, fisika, dan humaniora, Anda bisa menggunakan Wiley Online Library. Pada layanan ini terdapat 4 juta artikel dari 1500 jurnal, 9 ribu buku, dan ratusan edisi lainnya di dalamnya. Laman resmi yang bisa Anda kunjungi yaitu https://onlinelibrary.wiley.com/.

7. Taylor & Francis

 Kalau perusahaan multinasional yang satu ini merupakan perusahaan yang sudah menerbitkan buku dan jurnal akademik. Terdapat 2700 jurnal di sini dengan berbagai macam tema. Mulai dari humaniora, ilmu sosial, kesehatan, teknologi, dan lainnya.

Bagi kamu yang ingin pendampingan publikasi jurnal Scopus, segera hubungi kami sebelum kehabisan Slot! Silahkan klik gambar Whatsapp di bawah ini!

Cara Mengetahui Jurnal Internasional Bereputasi

1. Scimago Jr

Di bawah ini saya akan memberikan contoh cara mengetahui jurnal internasional bereputasi di Scimagojr.

  • Pertama-tama kamu buka halaman Scimago JR dengan url https://www.scimagojr.com/
  • Setelah masuk ke halaman utama, silahkan masukkan nama jurnal yang akan kamu cari. Lalu tekan “Enter” atau klik tombol/tanda cari untuk melakukan pencarian.
  • apa bila telah muncul nama jurnal yang sama persis saat dimasukkan, berarti jurnal itu telah terindeks Scopus dan sudah tercatat di scimago JR. Akan Tetapi, apabila nama jurnal tidak muncul, ada dua kemungkinan. Yang pertama, jurnal tidak terindeks Scopus. Dan yang kedua, jurnal tersebut telah terindeks Scopus, tetapi belum terindeks oleh database Scimago. Biasanya jurnal yang baru saja terindeks scopus tidak langsung terindeks oleh scimago JR.
  • Jika nama jurnal yang kamu cari telah muncul, silahkan klik nama jurnal internasional yang terkenal.
  • Selanjutnya kamu akan dibawa masuk ke halaman detail jurnal internasional tersebut.
  • Nah untuk melihat status Q dari jurnal ilmiah,  arahkan kursor ke bawah layar sampai kamu menemukan blok “Quarters”. 

2. Scopus

  • Silahkan kamu buka halaman Scopus dengan url berikut https://www.scopus.com/. lalu klik “Sumber” pada sudut kanan atas monitor kamu.
  • Kemudian ketikan nama jurnal pada kolom “Enter title” lalu klik “Find sources”.
  • Hasil pencarian kamu akan otomatis muncul. Dan jika tidak muncul, jurnal mungkin telah ditangguhkan oleh pihak Scopus.
  • Kemudian silahkan kamu klik nama jurnal pada hasil pencarian jika jurnal yang kamu butuhkan telah muncul.
  • Nah untuk melihat posisi relatif dari jurnal internasional berbasis CiteScore di Scopus, arahkan kursor kamu ke bagian bawah layar.
  • Nah kemudian kamu bisa meliat tinggi rendahnya jurnal dari masing bidang keilmuan tertentu.

3. WoS

  • Silahkan kamu buka laman Master Journal List dari Web of Science pada laman https://mjl.clarivate.com/home
  • Jika kamu tidak memiliki akun, silahkan login atau buat akun terlebih dahulu. Untuk mendaftarnya sangat mudah dan gratis, kamu dapat mendaftar atau masuk dengan email Google pada perangkat kamu.
  • Setelah kamu berhasil login, silahkan ketikan nama jurnal yang ingin kamu cari dan klik “Search Journal”.
  • Nah apabila jurnal tersebut tidak muncul pada hasil pencarian, itu artinya jurnal tidak terindeks oleh WoS.
  • Jadi sebagai gantinya, kami akan memeriksa jurnal yang muncul pada bagian atas pencarian. Kemudian silakan klik “Lihat Halaman Profil” untuk melihat Faktor Dampak dari jurnal.
  • Penjelasan rinci mengenai jurnal ditunjukkan akan muncul. Untuk melihat faktor dampak, arahkan kursor ke bagian bawah monitor kamu.
  • Untuk hasilnya ternyata jurnal tersebut belum masuk dalam standar jurnal bereputasi internasional. Karena walaupun masuk dalam WoS, impact factornya atau dampaknya tetap 0,000.
  • Yang termasuk jurnal internasional bergengsi dengan indeks WoS merupakan jurnal yang sudah memiliki impact factor di atas angka 0,000.  

Bagi kamu yang ingin pendampingan publikasi jurnal Scopus, segera hubungi kami sebelum kehabisan Slot! Silahkan klik gambar Whatsapp di bawah ini!

Ciri-ciri Utama Jurnal Bereputasi

Jurnal Internasional Bereputasi

ciri-ciri utama yang dapat digunakan untuk mengenali jurnal bereputasi, baik dalam skala internasional . Dengan memahami ciri-ciri ini, diharapkan pembaca dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam memilih jurnal yang sesuai dengan kebutuhan penelitian mereka.

1. Kredibilitas Editorial Board

Salah satu ciri utama keunggulan sebuah jurnal adalah adanya dewan redaksi yang berprestasi. Dewan redaksi ini terdiri dari pakar-pakar di bidang ilmu yang relevan yang terkenal karena kontribusi mereka dalam penelitian dan pemikiran. Keberadaan para ahli ini menunjukkan bahwa jurnal tersebut telah melalui seleksi yang ketat dan memiliki standar tinggi dalam penerbitan ilmiah.

2. Proses Peer Review yang Ketat

Selain itu, jurnal-jurnal berkualitas seringkali menerapkan prosedur peer review yang sangat ketat. Dalam konteks ini, setiap artikel yang diajukan akan dievaluasi oleh para ahli independen yang berkompeten di bidang yang bersangkutan sebelum diterbitkan. Peer review ini membantu memastikan bahwa kualitas dan keandalan penelitian telah diperiksa dengan cermat sebelum disebarkan. Biasanya, jurnal-jurnal berkualitas juga secara eksplisit menyatakan dalam panduan mereka bahwa mereka mengikuti proses peer review yang ketat.

3. Frekuensi Terbitan yang Konsisten

Ciri-ciri jurnal yang memiliki reputasi baik juga mencakup konsistensi dalam frekuensi penerbitannya. Jurnal-jurnal seperti itu biasanya memiliki jadwal terbitan yang dipegang dengan ketat, misalnya, keluaran bulanan, kuartalan, atau tahunan. Konsistensi dalam frekuensi terbitan mengindikasikan bahwa jurnal tersebut dijalankan secara profesional dan memiliki komitmen untuk secara teratur menyediakan publikasi berkualitas tinggi.

4. Fokus pada Topik atau Disiplin Tertentu

Selain itu, jurnal-jurnal yang memiliki reputasi baik seringkali fokus pada topik atau disiplin tertentu. Mereka berfungsi sebagai wadah untuk penelitian mendalam dalam bidang ilmu pengetahuan tertentu. Adanya fokus ini memberi kesempatan kepada penulis untuk mendapatkan pengakuan dari rekan sejawat yang memiliki minat pada topik yang sama. Jurnal-jurnal dengan reputasi baik sering dikenal sebagai pemimpin di dalam bidang spesifik mereka.

5. Praktik Publikasi Etis

Ciri-ciri jurnal bereputasi mencakup praktik publikasi yang etis. Jurnal-jurnal ini menerapkan standar tinggi dalam hal integritas akademik dan etika publikasi. Mereka juga mengikuti pedoman dan kode etik yang ditetapkan oleh organisasi profesional dan asosiasi ilmiah.

Ciri-ciri Jurnal Internasional Bereputasi

Jurnal Internasional Bereputasi

Mencari jurnal internasional masih banyak yang salah sangka, lho. Perhatikan ciri jurnal internasional ini untuk skripsi dan penelitian untuk dijadikan karya tulis ilmiah seperti jurnal atau makalah seminar nasional dan internasional.

1. Indeksasi dalam Basis Data Terkemuka

Baca juga  Daftar Jurnal Sinta Bidang Penelitian Hukum De Jure

Salah satu ciri utama dari jurnal internasional bereputasi adalah inklusinya dalam basis data terkemuka seperti Scopus, Web of Science, atau PubMed. Indeksasi dalam basis data ini menunjukkan bahwa jurnal tersebut telah melewati proses evaluasi yang ketat dan diakui secara internasional sebagai publikasi yang berpengaruh dalam bidangnya.

2. Citations dan Impact Factor yang Signifikan

Jurnal-jurnal internasional bereputasi sering kali memiliki jumlah kutipan yang signifikan dan faktor dampak yang tinggi. Kutipan yang tinggi menunjukkan bahwa penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal tersebut telah mempengaruhi perkembangan ilmu pengetahuan dan diakui oleh komunitas akademik.

3. Keragaman Penulis dari Berbagai Institusi

Jurnal internasional bereputasi umumnya memiliki keragaman penulis yang tinggi dari berbagai institusi di berbagai negara. Ini menunjukkan bahwa jurnal tersebut mendapatkan pengakuan internasional dan dianggap sebagai sumber penelitian penting oleh peneliti dari seluruh dunia.

Penawaran Pendampingan Publikasi Jurnal Internasional Bereputasi Scopus Terbit Tahun Ini

jasa jurnal scopus

Belakangan ini, masih banyak dari mereka yang belum mengetahui terkait berapa harga normal yang dibutuhkan untuk publikasi jurnal internasional bereputasi scopus. Dan mereka menganggapnya sangat mahal.

Tapi, perlu diketahui juga bahwa harga tersebut tergantung pada rangking jurnal dan reputasinya. Jadi, tidak semua publikasi jurnal scopus ini di tarif dengan harga mahal.

Kita semua tahu bahwa ada banyak jurnal internasional bereputasi Scopus dan ISI Thomson yang tidak memerlukan biaya sepeserpun dalam publikasinya.

Tapi perlu ingat, bahwa jasa publikasi jurnal Scopus yang gratis, proses reviewnya super ketat. Bahkan, untuk proses reviewnya saja bisa memakan waktu 1-2 tahun. Dan itu juga kalau naskah bapak/ibu di ACC oleh publisher.

Jadi, jika naskah milik bapak/ibu ingin cepat di ACC dan terbit di jurnal Scopus, maka dibutuhkan jasa publikasi jurnal internasional bereputasi Scopus yang berkualitas.

Kini Kami (Ridwan Institute) hadir untuk menjadi solusi terbaik terkait publikasi jurnal Scopus. Terkhusus kepada rekan-rekan baik dosen, mahasiswa, peneliti, doctor dan guru.

Kami siap mendampingi naskah milik Bapak/Ibu agar bisa terbit di jurnal internasional bereputasi Scopus baik Q1, Q2, Q3 dan Q4.

Berikut beberapa benefit yang akan kamu dapatkan :

  • Jaminan mendapatkan ID Scopus
  • Jaminan Sertifikat
  • Jaminan terindeks Scopus
  • Jaminan Non Presentation
  • Jaminan Full Text
  • Jaminan Terbit
  • Harga Terjangkau

Jika naskah yang kamu miliki belum lengkap, kami juga siap untuk melengkapi dan memperbaiki naskah milik kamu agar sesuai dengan kriteria dalam publikasi jurnal Scopus.

Kami hanya menyediakan 20 Slot untuk pendampingan publikasi jurnal internasional bereputasi Scopus di tahun ini. Saat artikel ini dibuat, sampai saat ini tersisa 4 Slot terakhir.

Bagi kamu yang ingin pendampingan publikasi jurnal Scopus, segera hubungi kami sebelum kehabisan Slot! Silahkan klik gambar Whatsapp di bawah ini!

Keseimpulan

Nah, mungkin itu saja artikel yang bisa kami berikan terkait jurnal internasional bereputasi, semoga dengan adanya artikel jurnal internasional bereputasi bisa berguna dan bermanfaat. Terimakasih


FAQ

Apa yang dimaksud dengan jurnal internasional bereputasi?

Suatu jurnal dapat dikatakan sebagai jurnal internasional bereputasi adalah jika jurnal tersebut memiliki kriteria terindeks oleh pangkalan data internasional bereputasi, seperti Scopus. Berdasarkan ruang lingkupnya, data jurnal bereputasi dibagi menjadi dua, yaitu Sinta dan Scopus.

Bagaimana cara mencari jurnal internasional yang bereputasi?

Kunjungi laman https://www.scopus.com, lalu temukan Sources di bagian atas. Pilih salah satu informasi yang akan diinput, seperti Subject area, Title, Publisher dan ISSN. Hasil pencarian Anda akan muncul beberapa saat.

Apa itu Q1 Q2 q3 Q4 dalam jurnal?

Q1 merupakan jurnal dengan kualitas tertinggi. Dan selanjutnya diikuti oleh urutan Q2-Q4. untuk menilai dari sebuah jurnal, di scopus sendiri memiliki klasterisasi kualitas jurnal yang dibagi menjadi 4 Quartile (Q). Q1 merupakan jurnal yang memiliki kualitas tinggi, sedangkan untuk urutan Q2-Q4 berada dibawahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like

Head Office Greenland Sendang Residence No. E-06, Sendang, Kec. Sumber, Cirebon, Jawa Barat 45611 Customer Support 0852-1341-2727

Attention!

Mau Skillmu Makin Jago dan Karirmu Melesat? Yuk, Gunakan Jasa Sertifikasi Profesi di Ditekindo Sekarang Juga!