Jasa Konsultansi Pendidikan dan Karya Ilmiah

No Comments

Jasa Konsultansi Pendidikan dan Karya Ilmiah adalah jasa layanan profesional yang akhirnya membutuhkan keahlian tertentu diberbagai bidang keilmuan yang mengutamakan adanya olah pikir. karena itu Konsultan merupakan sebutan untuk orang yang menekuni bidang ini.

Perbedaan antara seorang konsultan dengan ahli biasa adalah sang konsultan bukan merupakan pegawai perusahaan sang penggunalayan (client), melainkan seseorang yang menjalankan usahanya sendiri atau bekerja di sebuah perusahaan kepenasihatan, serta berurusan dengan berbagai penggunalayan dalam satu waktu.

Kita juga perlu mengenal pengertian konsultan lebih dalam lagi. Memang Konsultan ialah tenaga professional yang memberikan jasa kepenasihatan dalam bidang tertentu. maupun Untuk bidang Jasa Publikasi, jasa ini penting dalam memberikan pertimbangan dan masukan yang memungkinkan proyek berjalan efektif.

kemudian juga Jasa ini sangat diperlukan, apalagi bagi jasa publikasi berskala nasional. bahkan Adannya konsultan dalam perusahaan bidang publikasi memungkinkan pelaksanaan dan hasil akan sesuai dengan perencanaan dan konsep awal.

Kemudian Jasa konsultansi didefinisikan dengan layanan jasa keahlian profesional dalam berbagai bidang dalam rangka mencapai sasaran yang diinginkan pengguna jasa. Begitu juga Output jasa konsultansi merupakan suatu piranti lunak, nasehat, rekomendasi, rencana, rancangan, ataupun layanan jasa profesional seperti manajemen proses, pengawasan, audit, dsb.

Saya Membuka Jasa Publikasi Jurnal, Haki, Buku dan lain” klik disini dan masuk ke website kami Ridwaninstitute

Oleh karena itu, perlu diingat kembali sebelum masuk tahap ini, pengguna dituntut untuk memahami terlebih dahulu karakteristik kebutuhan jasa konsultansinya, termasuk kebutuhan akan output yang ingin diperoleh. Pada banyak kasus, pengguna tidak cukup memahami kebutuhannya sehingga waktu merumuskan kerangka acuan kerja (TOR) tidak cukup tergambar metodologi pelaksanaan kegiatan, input yang diperlukan serta bagaimana jasa konsultansi memenuhi kebutuhan tersebut.

LAYANAN LENGKAP UNTUK DUNIA PENDIDIKAN

Lebih Lanjut Kami Memberikan Jasa Selengkap Mungkin dan Sesuai yang Anda Butuhkan

Jasa Konsultansi Publikasi Ilmiah

Publikasi Juga Banyak yang masih bingung bagaimana caranya makalah atau naskah ilmiah kita yang sudah di buat dapat masuk pada publikasi jurnal nasional. Mungkin itu adalah masalah yang juga Anda alami dan rasakan sekarang. Tentu, pertanyaan ini sering muncul dikalangan mahasiswa atau dosen dan juga peneliti.

Publikasi di jurnal ini memang sangat penting. Pentingnya publikasi ilmiah terutama pada jurnal – jurnal yang bereputasi tingkat nasional maupun internasional untuk kebutuhan pendidikan maupun penelitian.

karena itu Reputasi nasioal tentu ukurannya adalah terakreditasi SINTA dikti. Sedangka juga reputasi interasional salah satu ukurannya adalah terindex scopus. Namun Terdapat banyak jurnal Indonesia yangg terindex scopus, simak lengkapnya disini.

Jasa Konsultansi Publikasi Jurnal

Jasa Konsultansi
Jurnal Syntax Literate

kemudian Karena Itu Publikasi ilmiah adalah sistem publikasi yang dilakukan berdasarkan peer review dalam rangka untuk mencapai tingkat obyektivitas setinggi mungkin. “Sistem” ini, bervariasi tergantung bidang masing-masing, dan selalu berubah, meskipun sering kali secara perlahan. Sebagian besar karya akademis diterbitkan dalam jurnal ilmiah atau dalam bentuk buku.

Bahkan Banyak yang masih bingung bagaimana caranya makalah atau naskah ilmiah kita yang sudah di buat dapat masuk pada publikasi jurnal nasional. Mungkin itu adalah masalah yang juga Anda alami dan rasakan sekarang. Tentu, pertanyaan ini sering muncul dikalangan mahasiswa atau dosen dan juga peneliti.

Apalagi Publikasi jurnal ini memang sangat penting. Pentingnya publikasi ilmiah terutama pada jurnal – jurnal yang bereputasi tingkat nasional maupun internasional untuk kebutuhan pendidikan maupun penelitian.

Kemudian Reputasi nasioal tentu ukurannya adalah terakreditasi SINTA dikti. Sedangkan reputasi interasional salah satu ukurannya adalah terindex scopus.

Selain itu dengan adanya persyaratan untuk kenaikan jabatan untuk dosen, peneliti, guru, widyaiswara, perekayasa serta fungsional lainnya yang juga membutuhkan naskahnya masuk dalam publikasi jurnal nasional. kebutuhan lainnya adalah persyaratan bagi para dosen untuk mempertahankan tunjangan kehormatan jabatan Guru Besar dan Lektor Kepala sesuai dengan Permenristekdikti Nomor 20 Tahun 2017.

  1. Kemudian Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia : Publish Setiap Bulan
  2. Lalu Kemudian juga Jurnal Syntax Idea : Publish Setiap Bulan
  3. Begitu Juga Jurnal Syntax Transformation : Publish Setiap Bulan
  4. Akhirnya Jurnal Syntax Admiration : Publish Setiap Bulan
  5. Begitu Juga akhirnya Jurnal Health Sains : Publish Setiap Bulan
  6. Begitu Juga Journal Of Social Science : Publish Setiap Bulan

Jurnal Syntax Idea

Syntax Idea terbit setiap bulan Namun Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi atau studi ilmiah kritis dan komprehensif tentang isu-isu penting dan terkini atau ulasan buku-buku ilmiah.

Jasa Konsultansi Hak Cipta (Haki)

Jasa Konsultansi
Haki

Kemudian Selain itu Selanjutnya Hak Cipta adalah hak bagi pencipta maupun penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya maupun memberi izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan ? bahkan pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Faktanya Hak kekayaan intelektual, disingkat “HKI” atau akronim “HaKI”, Namun adalah padanan kata yang biasa digunakan untuk Intellectual Proerty Rights (IPR), yakni hak yang timbul untuk hasil pikir otak yang menghasilkan suatu produk atau proses yang berguna untuk manusia. Pada intinya HKI adalah hak untuk menikmati secara ekonomis hasil dari suatu kreativitas intelektual. Objek yang diatur dalam HKI adalah karya-karya yang timbul atau lahir karena kemampuan intelektual manusia.

adalah padanan kata yang biasa digunakan untuk Intellectual Proerty Rights (IPR), yakni hak yang timbul untuk hasil pikir otak yang menghasilkan suatu produk atau proses yang berguna untuk manusia. Pada intinya HKI adalah hak untuk menikmati secara ekonomis hasil dari suatu kreativitas intelektual. Objek yang diatur dalam HKI adalah karya-karya yang timbul atau lahir karena kemampuan intelektual manusia.

Kemudian kami membuka jasa pembuatan haki dan kami juga ingin membantu orang’ yang membutuhkan kami untuk membuatnya

  1. Kemudian Juga Kami Membuka Jasa Konsultasi Membuat Haki
  2. Demikian juga kami Membuat Paten
  3. Bahkan kami juga membuat Konsultasi Merek

Jasa Konsultansi Publikasi Buku

Jasa Konsultansi
Buku
  • Benefit Pubikasi Buku di Penerbit Ridwan Institute, diantaranya;
  • Selain Itu Nilai Kerjasama
  • Kemudian Kualitas Terbitan Terjamin
  • Memang Biaya Terjangkau

Kemudian Free Design Cover buku adalah bagian paling depan yang tak hanya berfungsi untuk melindungi, tapi juga menghadirkan konsep desain keren nan menraik. Tak jarang, orang membeli buku karena gambar pada sampul buku yang menonjol Makin bagus cover, makin tertarik orang membelinya,

Kemudian Free Layout Adalah pemetaan area yang dirancang sebagai tempat menjual  suatu produk untuk membantu konsumen dalam berbelanja dan pencarian barang yang akan dibeli, tujuan dari layout sendiri ialah untuk mendekatkan produk kepada konsumen agar tersedia dalam tempat serta jumlah yang tepat, untuk kenyamanan dan kemudahan untuk memperoleh produk, serta untuk efisiensi dan efektifitas space yang ada, yaitu pengelompokan produk berdasarkan group dan sub group.

Tapi Bahkan Free Editing Naskah Ringan penyuntingan bukan merupakan pekerjaan yang ringan karena tidak dapat dijadikan pekerjaan sampingan. Kemudian Dengan kata lain, pekerjaan ini menuntut fokus yang tinggi dari orang yang melakukan proses penyuntingan tersebut namun Tidak mengherankan apabila penghasilan yang didapatkan oleh seorang penyunting sesuai dengan usaha yang telah dikeluarkannya.

Meskipun demikian, ada beberapa pihak yang masih menganggap remeh profesi penyunting yaitu dengan tidak memberikan imbalan yang sesuai dengan beban tugas yang diembannya. Selain membutuhkan kemampuan yang sempurna di bidang bahasa, seorang penyunting juga dituntut untuk memiliki modal waktu, kemauan yang kuat, dan disiplin kerja yang tinggi. Hal tersebut menjadi penting karena penyunting adalah aktor terakhir yang memiliki peran vital sebelum naskah yang disuntingnya dicetak secara resmi dalam proses penerbitan buku

Kemudian Free ISBN adalah (International Standard Book Number) berikutnya adalah kode pengidentifikasian buku yang bersifat unik. begitu Informasi tentang judul, penerbit, dan kelompok penerbit tercakup dalam ISBN. kemudian ISBN terdiri dari deretan angka 13 digit, sebagai pemberi identifikasi terhadap satu judul buku yang diterbitkan oleh penerbit. Oleh karena itu satu nomor ISBN untuk satu buku akan berbeda dengan nomor ISBN untuk buku yang lain,

Jasa Konsultansi Penerbitan Buku Ber-ISBN Non Cetak

Kehadiran Ridwan Institute diharapkan dapat menjadi solusi yang tepat dan cepat bagi anda yang ingin mendaftarkan bukunya sehingga memperoleh ISBN (International Standard Book Number).

Selain Itu Penerapan program ISBN mulai dirintis sejak Desember 1984 oleh Pemerintah melalui Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Sementara Sejak saat itu, penerbit buku pun memiliki tugas untuk membubuhkan ISBN pada buku-buku terbitannya.

Namun Bagi penulis, fungsi ISBN mampu memudahkan dalam pengajuan angka kredit untuk kenaikan pangkat/golongan, penambah nilai atas hasil penelitiannya, dan identitas untuk hasil karya tulisnya.

Penerbitan Buku Ber-ISBN Cetak

Buku adalah sumber ilmu terbaik bagi siapa pun yang membacanya .Ridwan Institute hadir memberikan solusi bagi rekan-rekan yang ingin menerbitkan buku dan juga membantu mendampingi hingga buku sampai pada proses cetak.

Penerbitan Buku ISBN Internasional

Lebih Lanjut Dikutip dari laman Wikipedia penerbit-penerbit Jerman memproduksi lebih dari 700 juta buku tiap tahunnya dengan 80.000 judul, sekitar 60.000 judul di antaranya judul baru. Jerman adalah negara ketiga terbesar dalam jumlah buku yang dipublikasikan, setelah negara-negara berbahasa Inggris dan Republik Rakyat Tiongkok. Selain Itu Dalam mengembangkan lingkup penerbitannya, Ridwan Institute menjalin kerja sama yang baik dengan beberapa usaha penerbitan besar di Jerman yang berlisensi.

Laporan Tahunan Pemerintahan / Swasta Ber-ISBN

adalah laporan pertanggung-jawaban pelaksanaan suatu badan Pemerintahan atau Swasta pada setiap tahun baik laporan penelitian maupun pertanggung jawaban operasi , laporan perubahan saldo anggaran, Neraca, Laporan Operasional, Laporan Arus Kas, dan Laporan Perubahan Ekuitas ber-ISBN, sebagai identitas bagi suatu badan atau lembaga baik pemerintahan ataupun swasta.

Standar Operational Prosedur Penulisan Naskah

  • Bahkan Naskah diketik menggunakan font Times New Roman atau Arial
  • Selanjutnya Ukuran font 12 pt
  • Kemudian Spasi Harus (leading) 1,5 (tanpa ada Add Space Before/After Paragraph)
  • Bahkan Margin Harus kiri 3 cm, kanan 2 cm, atas 3 cm, dan bawah 2 cm
  • Memang Size file A4 ( Dapat disesuaikan )
  • Naskah yang diserahkan merupakan naskah lengkap, dengan bagian-bagian sebagai berikut:
  • Judul
  • Kata pengantar
  • Namun Daftar isi
  • Namun Daftar tabel (jika ada
  • Pendeknya Apalagi Daftar gambar (jika ada)
  • Selain Itu Isi Pembahasan
  • Kemudian Daftar pustaka
  • Glosarium (jika ada)
  • Indeks Lampiran (jika ada)
  • Biodata narasi + foto penulis
  • Sinopsis Buku (1 halaman untuk cover belakang)
  • Lebih Lanjut Jumlah minimal halaman naskah yang diajukan adalah sebanyak 100 halaman, tidak termasuk halaman judul, kata pengantar, daftar isi, daftar pustaka, dan halaman pendukung (glosarium, indeks, lampiran-lampiran, dll.).
  • Penggunaan tabel tidak menggunakan format JPG/Excel, tetapi merupakan hasil ketikan dengan menggunakan fitur pada MS. kemudian Word. Selanjutnya Setiap tabel yang dicantumkan di dalam naskah haruslah disebutkan sumbernya (diolah dari ……..; diterjemahkan dari ………; disadur dari ……..; hasil penelitian; dll.)
  • Gambar dengan keterangan teks harap berbahasa Indonesia, selain kasus-kasus khusus yang tidak bisa diterjemahkan. bahkan Setiap gambar yang dicantumkan di dalam naskah haruslah disebutkan sumbernya (diolah dari ……..; diterjemahkan dari ………; disadur dari ……..; dokumentasi pribadi; dll.)
  • Selain Ini Gambar menggunakan resolusi yang tinggi (minimal 300 pixel), merupakan gambar asli, dan sebaiknya tidak mengambil dari internet.
  • memang Bagan dibuat dengan objek secara manual (bukan berupa foto), dilengkapi dengan keterangan dan sumber.
  • Pengutipan referensi khususnya dari website/internet harap diketik lengkap.
  • kemudian Judul yang diajukan merupakan judul yang sudah. bahkan Judul yang telah didaftarkan ke Perpusnas tidak dapat diubah dengan alasan apa pun.
  • Penulis berhak melakukan revisi sebanyak 1 kali terhadap naskah setelah proofread, tetapi tidak diperkenankan mengganti banyak bagian atau mengganti total seluruh naskah.

Berikut prosedur atau langkah-langkah yang kami lakukan agar naskah anda bisa menjadi buku.

Jasa Konsultansi Akreditasi

Akreditasi

Apakah Anda adalah pengelola Program Studi atau Perguruan Tinggi yang sedang mencari jasa konsultan untuk membantu akreditasi kampus?

Jika iya, maka Anda berada pada artikel yang tepat.

Ada banyak alasan kenapa perguruan tinggi maupun prodi masih membutuhkan pihak konsultan untuk melakukan improvement, salah satunya dari sisi akreditasinya.

Misalnya rutinitas yang padat serta semua pihak sudah memiliki tugas masing – masing yang sulit ditinggalkan.

Banyak kampus yang selama ini akreditasinya masih gitu – gitu aja, padahal sudah berulang kali mengajukan akreditasi. Bisa jadi bukan salah kampusnya, tapi hanya butuh pendampingan pihak eksternal.

Ada baiknya Anda simak baik – baik info tentang jasa konsultan akreditasi kampus ini, untuk membantu prodi maupun perguruan tinggi Anda.

Kedua Tentu ada alasan kenapa Anda butuh menggunakan jasa konsultan akreditasi prodi maupun perguruan tinggi. Jika ada salah satu alasan yang benar dari beberapa alasan dibawah ini, maka segera untuk konsultasi.

Pola Pendampingan Akreditasi

Kami menyebutkan pendampingan, karena memang prosesnya kami dampingi. Selain itu Tidak ada cara instan dan ingin cepat selesai.

Namun Semuanya berbasis proses. Namun proses yang terarah Untuk mensukseskan akreditasi program studi dan perguruan tinggi.

Oleh karena itu dalam hal ini dibutuhkan sinergitas dan kerjasama antara kami dengan prodi maupun perguruan tinggi.

Beberapa hal yang kami dampingi prosesnya adalah sebagai berikut:

  • Kemudian Penyusunan instrumen Laporan Evaluasi Diri
  • Demikian juga Penyusunan instrumen Laporan Kinerja PS dan PT
  • Kemudian Juga Menyusun bukti fisik (dokumen pendukung)
  • Demikian Juga Penanganan anti plagiasi
  • Hasil dari Persiapan visitasi atau pra visitasi (simulasi)

Pengalaman Pendampingan Kami

Kemudian Kami telah mendampingi berbagai jenis pergurun tinggi, mulai dari Akademi, Politeknik, Sekolah Tinggi, Isntitut, dan Universitas. di samping itu Baik akreditasi untuk program studi atau perguruan tinggi.

Selain itu, kami telah membantu banyak kampus untuk menyelesaikan agenda akreditasinya untuk yang 7 (tujuh) standar maupun menggunakan 9 (sembilan) kriteria.

Sejak 2012 kami memberikan pendampingan akreditasi, sebagai jasa konsultan akreditasi perguruan tinggi atau kampus kami telah melewati dari mekanisme manual hinggal saat ini yang berlaku secara elektronik (SAPTO dan SAPTA).

Kemudian Menghadapi akreditasi kampus yang terbaik adalah dihadapi secara mandiri oleh perguruan tingginya. Namun tidak ada yang salah jika harus meminta bantuan pihak eksternal selama untuk meningkatkan kualitas dari sisi akreditasinya. Bahkan Lebih Seperti kerjasama dengan jasa konsultan perguruan tinggi.

Kampus yang Telah Bekerjasama Dengan Kita

Kami bekerjasama dengan semua mitra baik dalam lembaga pendidikan, pemerintahan, perusahaan dan lainnya. kemudian Kerja sama adalah suatu usaha bersama antara individu atau kelompok sosial untuk mencapai tujuan bersama. karena itu Kerja sama dilakukan sejak manusia berinteraksi dengan sesamanya.

No

Nama Kampus

Kota

1.

Selain Itu juga Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Cirebon

2.

Selain itu Juga Universitas Swadaya Gunung Jati

Cirebon

3.

Selain Itu Stikom – Poltek Cirebon

Cirebon

4.

Selain Itu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon

Cirebon

5.

Selain Itu STF YPIB Cirebon

Cirebon

6.

Selain Itu Stikes Mahardika

Cirebon

7.

Selain Itu Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon

Cirebon

8.

Selain Itu STIE Yasmi Cirebon

Cirebon

9.

Selain Itu AMC (Akademi Maritim Cirebon)

Cirebon

10.

Selain Itu Akademi Maritim (AKMI) Cirebon

Cirebon

11.

Selain Itu STIKes YPIB Majalengka

Majalengka

12.

Selain Itu STIT Al-Amin Indramayu

Indramayu

13.

Akper Buntet Pesantren

Cirebon

14.

Selain Itu Sekolah Tinggi Bahasa Asing Invada

Cirebon

15.

Selain Itu Sekolah Tinggi Teknologi Cirebon

Cirebon

16.

STIE Cirebon

Cirebon

17.

STIE Yasmi

Cirebon

18.

STMIK CIC

Cirebon

19.

Selain Itu Politenik Kesehatan Yakesbi

Cirebon

20.

Selain Itu Akademi Analisis Kesehatan An Nasher

Cirebon

21.

Selain Itu Akademi Keperawatan Dharma Husada Cirebon

Cirebon

22.

Selain Itu AMIK Bumi Nusantara

Cirebon

23.

Selain Itu Politeknik Sukabumi

Sukabumi

24.

Selain Itu Ikatan Apoteker Indonesia Jawa Barat

Sukabumi

25.

Selain Itu Universitas Soerjo Ngawi

Jawa Timur

26.

Selain Itu Universitas Bina Sarana Informatika

Bandung

27.

Selain Itu Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia

Bandung

28.

Selain Itu STMIK Pranata Indonesia

Bekasi

29.

Selain Itu Politeknik Guna Karya Indonesia

Bekasi

30.

Selain itu kampus STIE IGI

Jakarta

31.

Selain Itu Stikes Kesosih

Jakarta

32.

Selain Itu Universitas Kuningan

Kuningan

33.

Selain itu STAI Sukabumi

Sukabumi

34.

Selain Itu Universitas Majalengka

Majalengka

35.

Selain Itu STT Stapin Majalengka

Majalengka

Jasa konsultansi Pendirian dan Pengembangan

Kemudian Kami Mendampingi Proses Izin Pendirian, semua tingkat pendidikan mulai dari PAUD, RA, TK, SD, MI, SMP, MTS, MA, SMA, SMK. kemudian juga Pendampingan dilakukan secara komprehensif, Meliputi :

Pendirian Perguruan Tinggi Swasta

Universitas Berbagai rumpun minimal jenjang sarjana Kemudian juga Institut Sejumlah rumpun ilmu minimal jenjang sarjana Sekolah Tinggi satu rumpun ilmu minimal jenjang sarjana Politeknik prodi vokasi mencakup berbagai rumpun ilmu Akademi prodi vokasi mencakup satu rumpun ilmu

Pembukaan Program studi baru

kemudian Juga Pembukaan program studi sebagai penambahan jumlah program studi pada perguruan tinggi yang sudah berdiri dengan memenuhi standar minimum akreditasi.

Ketentuan Pembukaan prodi baru

Sejalan dengan kebijakaan pertama itu, harus memenuhi syarat minimun akreditasi prodi.

  1. Karena itu Kurikulum Program Studi disusun berdasarkan kompetensi lulusan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  2. Dosen paling sedikit berjumlah lima orang untuk satu Program Studi di Kampus Utama, dengan ketentuan memenuhi usia dan kualifikasi akademik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  3. untuk tujuhan dari Pada program doktor memiliki paling sedikit dua orang calon Dosen tetap dengan jabatan akademik profesor dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan Program Studi;
  4. dengan niat ini kemudian Pada program doktor terapan memiliki paling sedikit dua orang calon Dosen tetap dengan jabatan akademik doktor/doktor terapan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan Program Studi; Baca juga: 5 Syarat PTN Dapat Berbadan Hukum Menurut Permendikbud 4/2020
  5. Untuk Dosen yang dimaksud bersedia bekerja penuh waktu selama 37,5 jam per minggu;
  6. Penempatan Dosen dan tenaga kependidikan pada Program Studi yang dibuka sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  7. kemudian Persetujuan Badan Penyelenggara ini untuk pembukaan Program Studi pada PTS
  8. Program Studi dikelola oleh unit pengelola Program Studi dengan organisasi dan tata kerja sebagai berikut: Pada PTN disusun berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan; kemudian juga PTS disusun dan ditetapkan oleh Badan Penyelenggaran

Karena itu Saling tolong menolong bisa menjadi renungan untuk membantu sesama. kemudian Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri. bagaimanapun manusia saling membutuhkan satu sama lain. Manusia secara tidak langsung juga mempunyai hubungan timbal balik dengan manusia lainnya.

Membantu sesama sudah menjadi hal yang lumrah, bahkan diwajibkan dalam setiap agama yang ada di muka bumi. Bukan semata-mata untuk menjalankan perintah agama saja, menolong sesama juga mengasah naluri kita sebagai makhluk sosial.

Tolong menolong tak hanya sebatas ucapan di bibir saja, tetapi perlu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. berikutnya Setiap manusia wajib untuk menolong orang-orang terdekat di sekitar yang membutuhkan.

Mulanya Dengan memiliki sikap saling tolong menolong, pekerjaan sesulit apa pun akan bisa teratasi. Namun, untuk memiliki sikap saling tolong menolong memerlukan proses dan kepekaan.

Baca Juga artikel disini dengan mengklik artikel ini anda sudah tau jasa jasa di kami apa saja

Kemudian Cara Mudah Membuat Jurnal

Kemudian Begitu Cara Mudah Publikasi Artikel Ilmiah di jurnal Nasional Bereputasi

Karena Itu Penerbitan Buku ISBN International Standard Book Number

Kemudian Selanjutnya Cara Membuat jurnal yang baik dan benar

Selanjutnya Informasi tentang jurnal

Lebih Lanjutnya Berkarir dalam dunia Pendidikan

Referensi : Google

Artikel Lainnya

Lihat semua artikel

Leave a Comment