Format Penulisan Jurnal Scopus

Kali ini kami akan sedikit membahas Format penulisan jurnal scopus yang masih banyak orang-orang pertanyakan.

Kamu harus mengetahui bahwasannya dalam sistematika pada jurnal, penulis wajib dan mengetahui tentang target jurnal yang akan ia tulis.

Target jurnal yang dimaksud yakni mengenai ruang lingkup jurnal, fitur aksebilitas, jurnal target hingga jenis-jenis artikel yang dibutuhkan.

Bukan hanya itu saja, penulis juga harus mengetahui betul mengenai format penulisan pada jurnal scopus yang sedang ditulis olehnya.

Contohnya ialah menyiapkan paper dan menyusun manuscript, dan jika kamu menulis sebuah jurnal dari web, maka format penulisannya memiliki perbedaan dengan menulis dari sebuah buku.

Dalam penulisan jurnal kalian harus Menyusun dan menyiapkan dengan baik terlebih saat penulisan bagian abstrak dan penyusunan manuscript.

Mengenal Scopus

Sebelum membahas lebih dalam lagi mengenai Format penulisan jurnal scopus, ada baiknya rekan-rekan terlebih dahulu mengenal scopus terlebih dahulu.

Scopus sendiri merupakan salah satu database (pusat data) yang dimana sitasi atau literatur ilmiahnya dimiliki oleh penerbit terkemuka dunia, Elsevier.

Scopus sendiri mulai dikenalkan pada masyarakat luas pada tahun 2004. Dan biasanya Scopus bersaing ketat dengan Web of Science (WOS) yang diterbitkan oleh Thomson Reuters yang juga menjadi salah satu pusat data terbesar di dunia.

Format Penulisan Jurnal Scopus

Kami telah mengumpulkan informasi dari berbagai sumber mengenai beberapa bagian penting dalam sebuah jurnal yang harus diperhatikan, yakni sebagai berikut.

Baca Juga: Cara Masuk Jurnal Scopus

1. Judul Artikel

Dalam penulisan sebuah artikel maka judul artikel merupakan hal yang sangat penting dan tidak boleh sembarangan.

Judul artikel memiliki dampak yang besar bagi penulis, yang dimana kamu harus membuat judul artikel yang menari dan bersifat provokatif yang tidak berupa singkatan, menggambarkan temuan, objek dan lokasi penelitian.

2. Abstrak

Abstrak merupakan bagian yang penting dalam sebuah jurnal, yang dimana abstrak sendiri merupakan intisari dari sebuah penelitian, dan juga karena abstrak merupakan bagian pertama yang akan di baca oleh para pembaca.

3. Keyword

Bukan hanya abstrak saja, keyword juga merupakan bagian yang tidak kalah penting dalam penulisan.

Karena keyword sendiri dapat merepresentasikan kemata arah pembicaraan jurnal yang sedang kalian tulis.

4. Pendahuluan

Pendahuluan adalah bagian awalan dari sebuah jurnal yang harus kalian buat dan ditulis secara jelas.

5. Metode Penelitian

Pada bagian yang satu ini kalian bisa memastikan terlebih dahulu metode yang sedang kalian gunakan pada penelitian yang sedang kalian kerjakan, apakah penelitian itu sudah benar atau salah, jika sudah makan kalian bisa mencantumkan nya di bagian ini.

6. Hasil Dan Pembahasan

Hasil dan pemabahasan merupakan salah satu bagian penting dalam Dalam format penulisan jurnal Scopus, agar para pembca bisa mengetahui arah dari penelitian tersebut.

7. Diskusi

Meskipun hasil dan pembahasan merupakan salah satu hal yang penting tapi diskusi juga tidak kalah penting, karena dengan diskusi maka jurnal tersebut akan dapat mudah dipahami oleh para pembaca.

8. Simpulan

Dalam penulisan jurnal Scopus tentunya harus diikuti juga dengan sebuah simpulan, karena pada bagain simpulan harus kamu benar-banar perhatikan agar jurnal milikmu bisa dengan mudah diserap oleh para pembaca.

9. Ucapan Terima Kasih

Dalam penulisan jurnal scopus ucapan terimakasih juga penting, karena biasanya ucapan terimakasih berisikan beberapa pihak yang terlah turut serta dalam pembuatan jurnal tersebut.

10. Referensi

Bagian referensi merupakan bagian terakhir dari penulisan jurnal scopus, yang dimana jurnal tersebut akan terlihat lebih terpercaya jika kalian mencantumkan referensi yang datanya bisa dipertanggung jawabkan.

Kesimpulan

Tadi adalah sedikit pembahasan yang bisa kami berikan mengenai Format penulisan jurnal scopus, semoga pembahasan kami kali ini bisa membantu rekan-rekan semua yang sedang mengalami kesulitan. Terimakasih.


FAQ

Apa yang dimaksud dengan Scopus?

Scopus adalah salah satu layanan indeksasi dan penyedia database atau pusat data jurnal yang berada di bawah naungan Elsevier, sebuah organisasi atau perusahaan penerbit publikasi ilmiah internasional yang berbasis di Amsterdam, Belanda, dan berdiri sejak 1880.

Apa guna Scopus?

Scopus merupakan salah satu data base atau pusat data yang bisa digunakan sebagai mesin pencarian artikel ilmiah dan jurnal ilmiah. Biasanya para akademisi akan sering mengejar jurnal atau prosiding yang terindeks Scopus

Jurnal Scopus untuk apa?

Jurnal terindeks Scopus adalah salah satu database (pusat data) kutipan atau literatur ilmiah yang dimiliki oleh penerbit terkemuka dunia, Elsevier.