Contoh Parafrase Jurnal

Contoh Parafrase Jurnal

Kamu sedang mencari contoh parafrase jurnal? Kebetulan sekali, pada kesempatan ini kami akan memberikanmu beberapa contoh tentang parafrase jurnal baik untuk jurnal kesehatan dan lain sebagainya. Silahkan simak artikel ini sampai habis yah!

Seiring berkembangnya teknologi, kini banyak orang bisa dengan mudah untuk mengakses segala informasi yang ada di Internet. Singkatnya, mereka bisa memperoleh semua informasi yang dibutuhkan.

Sepertihalnya karya tulis ilmiah (artikel, jurnal hingga buku).

Terlebih lagi saat ini sudah ada sistem copy-paste yang membuat mereka (penulis) bisa dengan mudah untuk mengambil sumber referensi darimanapun.

Tapi, yang kami sayangkan adalah kemudahan yang ada tersebut tidak diimbangi dengan kesadaran akan literasi yang baik.

Saat ini, dalam budaya akademik, etika tentang pengutipan sumber informasi (copy-paste) belum menjadi hal yang diperhatikan. Hal ini mengakibatkan munculnya budaya asal comot-mencomot informasi dan salah satunya yang bisa kita temukan dalam contoh parafrase jurnal.

Meskipun budaya ini sudah menjadi rahasia umum bagi para akademisi, namun sudah seharusnya kita tidak boleh melakukan hal tersebut.

Karena, ada beberapa orang dari kalangan akademisi yang terjerat kasus plagiasi.

Nah, sebagai pencegahan dan penganggulangan akan hal tersebut, pemerintah melalui Permendiknas RI No. 17 Tahun 2010 dalam pasal 12 dengan jelas menyebutkan bahwa bagi para dosen/tenaga/peneliti dan mahasiswa akan dikenakan sanksi jika terbukti melakukan plagiat.

Kamu Membutuhkan Jasa Parafrase? Yuk Konsultasi Dengan Tim Parafrase Kami Melalui Whatsapp Di Bawah Ini!

Contoh Parafrase Jurnal

Nah, sebelum kamu melakukan parafrase dalam artikel ilmiah, maka kamu harus mahir dalam melakukan teknik-teknik rahasia ini. Jika kamu sudah mahir, maka cobalah untuk membuat tulisan untuk sebuah paragraf.

Nah, pada bagian ini kami akan memberikanmu sedikit contoh parafrase jurnal yang bisa langsung kamu cek di bawah ini.

Contoh Parafrase Jurnal 1 :

Naskah Asli:

Paragraf Asli
"Walden Pond digital akan menampilkan sudut pandang orang pertama di mana Anda dapat menjelajahi dedaunan New England yang rimbun, berhenti untuk memeriksa semak dan memetik buah, melemparkan pancing, kembali ke kabin sederhana yang dimodelkan setelah Thoreau dan hanya berkeliaran di sekitar hutan, bergulat dengan pertanyaan- pertanyaan hidup yang tidak dapat diketahui."

Nah, teks di atas tersebut merupakan naskah asli.

Kemudian, teks yang kami sajikan di bawahnya ini dianggap sebagai hasil plagiasi. Kenapa? Karena parafrase-nya sangat mirip sekali dengan naskah aslinya.

Parafrase Salah
Menurut Hayden (2012), permainan Walden Pond akan menawarkan pandangan orang pertama di mana permainan dapat berkelok-kelok di antara pepohonan dan hutan belantara New England, berhenti sejenak untuk mempelajari dedaunan atau mengambil makanan, pergi memancing, pulang ke rumah. kabin kecil berdasarkan kabin Thoreau, dan hanya menjelajah di hutan, merenungkan pertanyaan penting tentang kehidupan (para. 3).

Nah, kali ini kami akan memberikanmu contoh parafrase jurnal yang aman dan tidak dianggap sebagai jurnal yang plagiasi.

Parafrase Benar
Menurut Hayden (2012), video game Walden Pond yang akan datang adalah game orang pertama yang mensimulasikan kehidupan dan pengalaman Thoreau ketika dia tinggal di Walden Pond. Berdasarkan karya Thoreau yang terkenal, Walden, permainan ini memungkinkan pemain untuk mengalami kehidupan di hutan New England, memberikan kesempatan bagi pemain untuk memancing, mengumpulkan makanan, tinggal di kabin, dan merenungkan kehidupan, semua dalam dunia digital (para. 3)

Baca Juga : Contoh Format Literature Review Jurnal Pdf

Contoh Parafrase Jurnal 2 :

Naskah Asli:

Itu contoh Naskah Aslinya.

Teks Asli 
Kami belum memahami semua cara di mana bahan kimia otak terkait dengan
emosi emosi dan pikiran, tetapi poin pentingnya adalah bahwa keadaan pikiran
kita memiliki efek langsung dan langsung pada keadaan tubuh kita. (Sumber:
Siegel, B. (1986). Cinta, Pengobatan dan Mukjizat (hlm. 69). New York: Harper
dan Row.)

Nah, di bawah ini kami berikan contoh parafrase dalam bentuk gambar yang legal :

Parafrase 1 
Siegel (1986) menulis bahwa meskipun hubungan antara kimiawi otak dan pikiran serta perasaan tidak sepenuhnya dipahami, kita kita tahu tahu bahwa keadaan psikologis kita mempengaruhi keadaan fisik kita.

Kemudian, di bawah ini kami berikan contoh parafrase dalam bentuk gambar yang versi plagiat :

Parafrase 2 
Siegel (1986) menulis bahwa hubungan antara zat kimia di otak dan pikiran serta perasaan kita hanya dipahami sebagian. Dia melanjutkan dengan mengatakan, bagaimanapun, satu hal yang jelas: kondisi mental kita mempengaruhi kondisi tubuh kita.

Teknik Dan Langkah-Langkah Dalam Menulis Contoh Parafrase Jurnal

Langkah-Langkah Dalam Menulis Contoh Parafrase Jurnal

Nah, pada bagian ini kami akan memberikan beberapa teknik dan langkah-langkah dalam menulis contoh parafrase jurnal. Silahkan disimak!

  1. Bacalah tulisan yang ingin kita parafrase tersebut secara berulang-ulangkali sampai kita berhasil mendapatkan maknanya
  2. Selama kamu membaca, cobalah membuat catatan untuk menulis kata kunci pada tulisan tersebut agar kamu dapat memahaminya
  3. Langsung tulis apa makna dari tulisan yang sudah kamu baca tersebut dengan menggunakan gaya bahasa kamu sendiri
  4. Jika sudah selesai, cobalah untuk membandingkan tulisan versi gaya bahasa kamu dengan versi aslinya apakah sudah terlihat beda atau belum
  5. Terakhir, jangan lupa catat kepustakaan aslinya untuk kamu gunakan dalam kepustakaan artikel milik kamu

Baca Juga : Cara Mencari Jurnal Internasional Di Google Scholar

Menyatakan Ulang Ide Sendiri Sebelum Memparafrase Jurnal

Kamu bisa menyatakan ulang ide-ide tersebut menggunakan gaya bahasamu sendiri. Agar lebih mudah, kamu bisa menggunakan catatan dan pemahaman kamu mengenai teks tersebut secara keseluruhan.

Jangan cuma hanya mengganti kata-kata dalam kutipan orisinil ke sinonimnya saja, karena itu masih tetap terhitung plagiasi. Jadi, pastikan tulisan milikmu itu original/orisinil.

Kami akan memberikanmu contohnya dalam bentuk gambar.

Kamu Membutuhkan Jasa Parafrase? Yuk Konsultasi Dengan Tim Parafrase Kami Melalui Whatsapp Di Bawah Ini!

Di bawah ini merupakan kutipan asli.

Teks Asli 
Karena perspektif unik mereka, orang Amerika tidak begitu takut pada globalisasi daripada orang lain, dan sebagai konsekuensinya, mereka kurang memikirkannya daripada orang lain. Ketika orang Amerika berpikir tentang globalisasi, mereka menganggap ekonomi global sebagai versi ekonomi Amerika yang diperbesar. (Sumber: Thurow, L. (1993). Fortune Favours the Bold (p. 6). New York: Harper Collins.)

Di bawah ini merupakan kalimat yang masih terdeteksi plagiasi.

Plagiarism 

Menurut Lester Thurow (1993) orang Amerika lebih takut terhadap globalisasi daripada orang-orang dari negara lain dan akibatnya menghabiskan lebih sedikit waktu untuk memikirkannya. Memang, orang Amerika melihat globalisasi sebagai versi yang diperbesar dari ekonomi mereka sendiri.

Setelah ini, kami akan memberikan contoh kalimat yang sudah aman dari plagiasi.

Parafrase

Lester Thurow (1993) menyatakan bahwa karena orang Amerika melihat globalisasi hanya sebagai bentuk ekonomi mereka sendiri yang lebih besar, mereka kurang peduli tentang hal itu daripada orang lain di dunia.

Manfaat Parafrase

Manfaat Parafrase

Perlu kamu ketahui bahwa teknik dari parafrase ini memiliki 3 tujuan :

  1. Sifatnya seperti ringkasan yang menkontekstualisasikan informasi (kapan, siapa dan di mana)
  2. Untuk menyatakan kembali semua poin pendukung yang ada dalam inti kalimat tersebut serta mengembangkan gagasannya
  3. Dalam teknik memparafrase, penulis sebagian besar menggunakan kata-kata dan gaya bahasa sendiri. Hal ini akan mempertahankan opini dari penulis dengan cukup kuat sembari berbagi informasi penting berdasarkan sumbernya.

Nah, ketiga teknik tersebut merupakan cara yang paling umum untuk mengintegrasikan informasi dari sumber yang kamu miliki. Kamu haruy menghindari kutip-mengutip seminimal mungkin pada sebagian besar makalah penelitia.

Melakukan parafrase dengan menggunakn ketiga teknik tersebut akan membuat kamu dapat menintegrasikan sumber tanpa kehilangan pendapat sebagai seorang penulis. Tapi, parafrase akan cukup rumit dilakukan.

Kamu Membutuhkan Jasa Parafrase? Yuk Konsultasi Dengan Tim Parafrase Kami Melalui Whatsapp Di Bawah Ini!

Contoh Parafrase Jurnal Yang Baik Dan Benar

Contoh Parafrase Jurnal Yang Baik Dan Benar

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, bahwa kalau kamu sedang parafrase sebuah artikel, kamu tidak boleh jika hanya mengubah sepatah kata dari bagian aslinya. Jadi, kamu juga harus mengubah struktur kalimatnya.

Terkadang, para penulis tersebut hanya melakukan parafrase hanya dengan mengganti kata-kata yang asli dengan sinonim. Sungguh, ini bukan merupakan metode parafrase yang efektif.

Agar kamu tidak bingung tentang bagaimana sih contoh parafrase jurnal yang baik dan benar itu, silahkan simak gambar di bawah ini.

Baca Juga : Ciri Ciri Jurnal Internasional

Paragraf Asli

Agar kamu bisa memahami contoh parafrase yang kami bahas, kamu harus memperhatikan terlebih dahulu contoh paragraf aslinya.

Berikut contoh paragraf asli :

Contoh Paragraf Asli 
"Walden Pond digital akan menampilkan sudut pandang orang pertama di mana Anda dapat menjelajahi dedaunan New England yang rimbun, berhenti untuk memeriksa semak dan memetik buah, melemparkan pancing, kembali ke kabin sederhana yang dimodelkan setelah Thoreau dan hanya berkeliaran di sekitar hutan, bergulat dengan pertanyaan- pertanyaan hidup yang tidak dapat diketahui."

Contoh Parafrase Yang Salah

Nah, kali ini kami berikan contoh parafrase jurnal yang salah.

Contoh Parafrase Salah 
Menurut Hayden (2012), permainan Walden Pond akan menawarkan pandangan orang pertama di mana permainan dapat berkelok-kelok di antara pepohonan dan hutan belantara New England, berhenti sejenak untuk mempelajari dedaunan atau mengambil makanan, pergi memancing, pulang ke rumah. kabin kecil berdasarkan kabin Thoreau, dan hanya menjelajah di hutan, merenungkan pertanyaan penting tentang kehidupan (para. 3).

Penjelasan Dari Contoh Parafrase Yang Salah

Kenapa bisa salah? Mari kita cek.

Di sini, kamu bisa melihatnya bahwa โ€œParafraseโ€ masih mengikuti struktur dari bagian aslinya. Meskipun beberapa kata sudah diubah, tapi ini masih dianggap plagiasi oleh beberapa orang karena struktur kalimatnya sudah disalin. Sehingga, bagian ini melebihi ide dari bagian tersebut.

Nah, mari kita coba lihat parafrase yang benar. Kamu bisa cek gambar di bawah ini!

Baca Juga : Contoh Judul Karya Ilmiah

Contoh Parafrase Yang Benar

Pada bagian ini, kami akan memberikan contoh parafrase jurnal yang benar.

Contoh Parafrase Benar 
Menurut Hayden (2012), video game Walden Pond yang akan datang adalah game orang pertama yang mensimulasikan kehidupan dan pengalaman Thoreau ketika dia tinggal di Walden Pond. Berdasarkan karya Thoreau yang terkenal, Walden, permainan ini memungkinkan pemain untuk mengalami kehidupan di hutan New England, memberikan kesempatan bagi pemain untuk memancing, mengumpulkan makanan, tinggal di kabin, dan merenungkan kehidupan, semua dalam dunia digital (para. 3).

Penjelasan Dari Contoh Parafrase Yang Benar

Bisa kamu lihat sendiri bahwa dalam parafrase kali ini, dia (penulis) sudah menangkat gagasan utama dari kalimat tersebut dan sudah mengubah struktur kalimat beserta kata-katanya.

Selain itu, ada penambahan beberapa konteks yang membantu dalam hal parafrase seperti contoh memberikan latar belakang.

Nah, inilah contoh dari parafrase jurnal yang benar.

Kamu Membutuhkan Jasa Parafrase? Yuk Konsultasi Dengan Tim Parafrase Kami Melalui Whatsapp Di Bawah Ini!

Pengertian Parafrase Menurut Para Ahli

Pengertian Parafrase Menurut Para Ahli

Di sini, kami akan memberikanmu 3 sumber yang membahas tentang pengertian dari parafrase.

1. Wikipedia

Wikipedia

Parafrase merupakan suatu istilah ilmi bahasa (linguistik) yang memiliki arti pengungkapan kembali terhadap sebuah konsep dengan cara yang berbeda tetapi masih menggunakan bahasa yang sama dan tidak merubah maknanya.

Wikipedia

2. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Parafrase adalah segala pengungkapan kembali sebuah tuturan dari sebuah tingkatan atau berbagai macam bahasa menjadi kalimat lain tapi tanpa mengubah arti dari kalimat tersebut.

KBBI

3. L. Behrens

Parafrase adalah semua ringkasan yang bisa ditulis menggunakan kata-kata dan gaya bahasa anda sendiri. Secara singkat, seperti menyatakan kembali poin utama dari penulis aslinya.

Kamu Membutuhkan Jasa Parafrase? Yuk Konsultasi Dengan Tim Parafrase Kami Melalui Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Nah, demikianlah pembahasan kami mengenai contoh parafrase jurnal baik jurnal kesehatan maupun jurnal lainnya.

Jadi, pada intinya parafrase itu seperti kita menulis ulang kembali poin-poin yang terdapat pada kalimat tersebut menggunakan gaya bahasa kita sendiri tanpa mengubah makna dari kalimat tersebut.

Semoga artikel tentang contoh parafrase jurnal yang kami tulis ini bisa bermanfaat bagi kamu.

Terimakasih!


FAQ

Apa itu paraphrase jurnal?

Parafrase adalah merumuskan ide-ide orang lain dengan kata-kata Anda sendiri.

Apakah kutipan langsung harus di parafrase?

Tidak harus

Apa itu paraphrase dalam bahasa Inggris?

Suatu cara untuk menuliskan kembali sebuah frase atau kalimat menggunakan kata-kata yang berbeda tapi dalam bahasa inggris