Contoh Hak Paten

Contoh Hak Paten

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi sedikit mengenai contoh hak paten, dan semoga setelah kalian melihat artikel ini dapat menjadi solusi dan bermanfaat bagi kalian, namun sebelum kalian masuk lebih dalam kita ikuti ulasan berikut ini.

Hak Paten adalah bagian dari Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) yang diberikan oleh negara kepada individu atau lembaga. Contoh paten dalam kehidupan sehari-hari sering kita jumpai, seperti yang diajukan oleh BJ Habibie, mantan presiden Republik Indonesia, untuk menghitung retak pada sayap pesawat terbang.

Penemuan Habibie tentang perhitungan retak pada sayap pesawat membawa manfaat yang sangat besar bagi komunitas penerbangan. Terutama dalam hal menjaga keselamatan, biaya perawatan pesawat, dan mengurangi risiko kematian.

Hak paten juga bisa diartikan sebagai bentuk jaminan kepastian hukum atas hasil karya intelektual seseorang. Tentu saja, karya yang dihasilkan harus mempunyai solusi atas masalah dan manfaat bagi kehidupan manusia.

Baca Juga : Berikut 8 Jenis & Macam Macam HAKI Yang Wajib Kamu Ketahui!

Pengertian Hak Paten

Contoh Hak Paten

Sebelum kamu mengetahui tentang contoh hak paten, ada baiknya jika kamu ketahui terlebih dahulu tentang pengertian hak paten.

Hak Paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada inventor atas penemuan (invensi) dalam bidang teknologi.

Dengan cara ini, dalam jangka waktu tertentu, para penemu atau inventor bisa membuat penemuannya sendiri. Pada saat yang sama, pihak lain memerlukan persetujuan untuk menggunakan atau melakukan temuan tersebut.

pengertian lain dari hak paten adalah bentuk perlindungan hak atas kekayaan intelektual yang sangat efektif karena bisa mencegah orang lain mengerjakan invensi tanpa izin dari pemegang hak paten. dan Ini berlaku bahkan jika para pihak secara independen memperoleh teknologi.

Paten juga bisa diartikan sebagai suatu hak khusus berdasarkan undang-undang yang telah diberikan kepada inventor atas pengajuannya kepada negara.

Hak Paten ini bisa memberikan invensi baru dalam bidang teknologi, perbaikan invensi lama, dan cara kerja baru yang bisa diterapkan pada industri untuk jangka waktu tertentu.

Invensi adalah ide penemu yang disuntikkan ke dalam aktivitas pemecahan masalah tertentu dalam bidang teknologi.

Kegiatan tersebut bisa berupa proses atau produk maupun penyempurnaan dan penyempurnaan dari proses atau produk itu sendiri.

Menurut Undang-Undang tentang Hak Paten Nomor. 14 Tahun 2001, hak paten diberikan untuk invensi atau pencipta yang mengandung Langkah inventif, memenuhi syarat kebaruan, dan bisa di terapkan dalam industri selama 20 tahun ke depan. Berikut ini penjabarannya:

1. Bersifat baru

Dalam artian invensi tersebut tidak sama dengan tekonologi yang sudah ada sebelumnya.

2. Mengandung langkah inventif

Ini berarti bahwa suatu penemuan tidak bisa diprediksi sebelumnya bagi seseorang yang memiliki keahlian di bidang mekanik.

3. Dapat diterapkan dalam industri

Suatu invensi yang akan dipatenkan tentunya harus mampu digunakan atau diproduksi di berbagai jenis industri.

Jenis Hak Paten

Sebelum kamu memahami contoh hak paten, ada baiknya jika kita ketahui dulu jenis-jenis hak paten.

Dalam UU No. 14 Tahun 2001, paten dapat dibedakan menjadi dua jenis. Berikut adalah penjelasan tentang jenis-jenis paten:

1. Paten

Paten diberikan untuk invensi atau penemuan yang bersifat baru, inventif, dan bisa diterapkan di industri. Paten tersebut kemudian diberikan untuk jangka waktu 20 tahun sejak tanggal diterimanya permohonan paten.

2. Paten Sederhana

Contoh Hak Paten

Paten sederhana dapat diberikan untuk setiap invensi atau penemuan baru, pengembangan proses atau produk yang ada, dan bisa diterapkan di industri. Paten sederhana juga diberikan untuk invensi berupa proses, produk, atau metode baru.

Sementara itu, jangka waktu pemberian Paten Sederhana adalah 10 tahun, sejak tanggal diterimanya Permohonan Paten Sederhana.

Contoh Hak Paten

Jika kita membahas contoh hak paten, kami dapat menemukan banyak kreasi orang yang sudah mematenkannya, sehingga tidak digunakan secara sembarangan. Ciptaan tersebut pada umumnya berupa karya ilmiah atau benda-benda yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).

Dalam kasus B.J. Habibie misalnya, salah satu teorinya disebut teori retak, yaitu teori yang dapat memprediksi ada tidaknya keretakan pada pesawat terbang. Teori tersebut berhasil meminimalisir tingkat kecelakaan pada armada pesawat, dan B.J. Habibi mematenkan teorinya sebagai penciptanya agar tidak digunakan sembarangan.

1. Hak Paten atas Telepon oleh Alexander Graham Bell

Alat komunikasi telepon adalah penemuan yang cukup mengejutkan pada saat itu. sosok Alexander Graham Bell mempunyai jasa yang sangat besar dalam bidang komunikasi dan teknologi, mengingat keberadaan telepon memudahkan orang untuk berkomunikasi jarak jauh.

Temuan skala ini tentu patut dipatenkan karena dampaknya begitu nyata di masyarakat sekitar. Alexander Graham Bell akhirnya menciptakan perusahaan telekomunikasi bernama AT&T, dan di sanalah hak paten telepon disimpan.

2. Hak Paten atas Bluetooth oleh Jaap Haartsen

Bluetooth adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan data dari satu perangkat ke perangkat lain melalui sinyal radio kecil. Hampir setiap perangkat teknologi di era modern ini mempunyai Bluetooth, mulai dari ponsel, laptop, TV hingga kamera.

Jaap Haartsen adalah pria asal Belanda yang berhasil mengembangkan teknologi ini. Ia telah beberapa kali mencoba untuk mematenkan Bluetooth, meskipun ia menemui kendala dari banyak pihak yang mencoba untuk mematenkan penemuannya.

3. Hak Paten atas Vaksin AstraZeneca oleh Sarah Gilbert

Vaksin AstraZeneca merupakan salah satu yang banyak beredar di masyarakat untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus Covid-19. Adalah Sarah Gilbert, ilmuwan di balik penemuan vaksin yang sukses ini.

Penemuan penting seperti vaksin AstraZeneca tentu layak untuk dipatenkan. Meski Sarah Gilbert berhasil mendapatkan paten, akan tetapi ia menjatuhkan hak paten pada vaksin yang akan dirilisnya agar masyarakat bisa mendapatkan vaksin AstraZeneca dengan harga yang lebih terjangkau.

4. Hak Paten atas Cakar Ayam oleh Prof. Dr. Ir. Sedijatmo

Selain B.J. Habibie dari Indonesia juga banyak ilmuwan yang memegang hak paten atas benda atau karya ilmiah. Salah satunya adalah konstruksi cakar ayam pemikiran dari sang profesor. PhD. inframerah. Sedijatmo, dia dapat membuat bangunan berdiri kokoh di area dengan permukaan lunak.

Bentuk konstruksi ini sangat membantu mereka yang bekerja dalam bidang bangunan. Dan tidak cuman hanya masyarakat Indonesia saja yang terbantu, akan tetapi juga orang-orang lain di berbagai belahan dunia, sehingga hak paten atas cakar ayam oleh Prof. Dr. Ir. Sedijatmo sudah digunakan oleh banyak negara.

5. Hak Paten atas 4G LTE oleh Dr. Eng. Khoirul Anwar

Teknologi 4G LTE adalah teknologi yang membantu kita agar dapat terkoneksi lebih cepat dengan internet. Dan teknologi ini merupakan buah hasil dari ilmuwan yang berasal dari Indonesia yang bernama Dr. Eng. Khoirul Anwar. Dirinya mempublikasikan penemuannya ini pada tahun 2010 silam.

Lagi-lagi penemuan ini sangat bagus jika tidak dipatenkan. Dr. Eng. Khoirul Anwar telah mendapatkan hak patennya, dan saat ini teknologi 4G LTE juga telah digunakan oleh banyak perusahaan yang bergerak dalm bidang teknologi telekomunikasi dari berbagai negara, di antaranya yakni amerika serikat dan Jepang.

Jasa Konsultan HKI Kredibel, Berkualitas, Cepat & Terpercaya

Jasa Konsultan HKI Ridwan Institut

Sebagai seorang klien, menginginkan pengurusan HKI dengan biaya murah, pelayanan ramah, Fast Respons & pengurusan cepat, itu semua sah-sah saja.

Oleh karena itulah Kami hadir menjadi solusi terbaik bagi rekan-rekan yang sedang memiliki kebutuhan seputar pendaftaran HKI, pengurusan HKI, Konsultasi HKI dan lain sebagainya.

Sudah lebih dari ratusan client yang sudah kami dampingi dalam proses permohonan dan pendaftaran berbagaimacam bidang HKI.

Dan hampir semuanya, berhasil approve pada masing-masing keperluan bidang HKI.

Kami siap mendampingi kebutuhan HKI rekan-rekan sampai benar-benar bisa approve secara resmi.

Jika sewaktu-waktu ada yang melakukan pelanggaran terhadap HKI milikmu, maka Tim Ridwan Institute akan melakukan yang terbaik untukmu.

Biaya yang kamu perlukan untuk melakukan jasa pendampingan ini sangatlah bersahabat.

Mengenai biaya, kami memberikan diskon berupa potongan harga untuk 7 orang pertama dibulan ini yang menggunakan Jasa Pendampingan Konsultan HKI dari Ridwan Institute.

Dan sampai hari ini, hanya tersisa 2 slot potongan harga saja.

Bagi Kamu Yang membutuhkan Jasa Konsultan HKI, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Konsultan HKI Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini! (Gratis)

Kesimpulan

Nah, mungkin hanya itu yang dapat kami sampaikan terkait contoh hak paten, semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi teman-teman. Terimakasih.

Oh iya, bagi kamu yang ingin mengetahui berapa biaya pendaftaran HKI, silahkan cek link tersebut.