Ciri-Ciri Jurnal Internasional

  • Whatsapp
ciri ciri jurnal international

Bagi anda yang ingin mengetahui tentang apa saja ciri-ciri jurnal internasional yang baik, silahkan simak artikel ini sampai habis.

Beberapa mahasiswa bahkan para dosen, pasti sudah tidak asing lagi dengan istihal jurnal internasional.

Bacaan Lainnya

Singkatnya, jurnal internasional sendiri merupakan sebuah artikel ilmiah  yang tulisannya menggunakan bahasa internasional.

Sebenarnya, pengertian ini tidak sesederhana itu. Ada beberapa ciri-ciri jurnal internasional yang nantinya bisa membedakan bahwa jurnal tersebut termasuk jurnal internasional atau bukan.

Saat mendengar istilah “ciri-ciri jurnal internasional”, mungkin dibenak anda langsung terfikirkan “Kenapa kita harus mengetahuinya?

Mudahnya seperti ini, dengan anda mengetahui akan ciri-ciri jurnal internasional, anda akan bisa dengan mudah untuk mengidentifikasi mana saja jurnal yang merupakan jurnal internasional dan mana saja jurnal yang hanya dituliskan dengan bahasa internasional.

Ciri-Ciri Jurnal Internasional Yang Baik

Ciri Ciri Jurnal Internasional Yang Baik

Nah, pada kesempatan ini, kami akan memberikan anda 7 kriteria dan ciri-ciri jurnal internasional yang sangat penting untuk anda pahami. 7 kriteria yang akan kami sebutkan ini juga sudah disepakati dalam PAK (Pedoman Angka Kredit) dosen dari DIKTI.

Tapi, kriteria ini hanya berlaku secara nasional saja, sehingga tidak menutup kemungkinan jika anda menemukan informasi yang berbeda seputar kriteria jurnal internasional yang bersumber dari luar negeri.

1. Sudah Memiliki Terbitan Versi Online 

Ciri-ciri pertama pada jurnal internasional adalah sudah memiliki setidaknya satu terbitan secara online. Jadi, artikel jurnal mereka juga harus dipublikasikan secara online ditambah dengan berkas-berkas yang biasanya disimpan dalam format PDF.

Baca juga artikel tentang Cara Mencari Jurnal Di Scopus

Fungsi menerbitkan jurnal secara online ini akan membuat jangkauan jurnal yang anda miliki menjadi lebih luas. Hal ini karena jurnal internasional harus bisa diakses oleh semua orang di seluruh dunia.

2. Ditulis Dengan Bahasa Resmi PBB (Bahasa Internasional)

Jurnal internasional sangat wajib ditulis dengan bahasa internasional yang sudah diakui oleh PBB (Persatuan Bangsa Bangsa). Ada beberapa bahasa internasional di sini, seperti Mandarin, Spanyol, Perancis, Rusia dan Inggris.

3. Dewan Redaksi Setidaknya Berasal Dari 4 Negara Berbeda Dan Sudah Expert Di Bidangnya

Dewan Redaksi atau sering disebut sebagai “Editorial Board” di sebuah jurnal harus berasal setidaknya dari 4 negara yang berbeda. Masing-masing Dewan Redaksi tersebut juga harus ahli atau expert dibidangnya.

Jika ternyata Dewan Redaksi tersebut tidak expert di bidangnya, itu berarti bisa saja jurnal tersebut merupakan jurnal predator.

4. Artikel Harus Ditulis Dengan Etika Keilmuan Dan Kaidah Ilmiah

Agar bisa dikatakan jurnal internasional, maka setiap tulisannya harus ditulis dengan etika keilmuan dan kaidah ilmiah.

Jika anda menemukan sebuah artikel yang tidak sesuai dengan kaidah ilmiah, maka berarti itu bukan jurnal, melainkan hanya karya tulis, majalah dan lain sebagainya.

Tak hanya itu saja, jurnal internasional juga diharuskan untuk memuat beberapa artikel yang sudah ditulis dengan etika keilmuan juga.

Jadi, jurnal internasional dibuat harus berdasarkan evidence based atau bukti bukan sekedar opini semata.

5. Penulis Dalam Penerbitan Artikel Di 1 Issue Setidaknya Berasal Dari 2 Negara Berbeda

Ciri-ciri kelima adalah penulis yang menerbitkan artikel diharuskan berasal setidaknya dari 2 negara yang berbeda dalam 1 issue

6. Sudah Terindeks Internasional

Ciri-ciri jurnal internasional selanjutnya adalah harus sudah terindeks di database jurnal internasional seperti Scopus, Web of Science dan beberapa indeks lainnya.

7. Jurnal Harus Memiliki ISSN (International Standard Serial Number)

jurnal issn

Ciri-ciri jurnal internasional terakhir adalah harus memiliki nomor ISSN. Nah, nomor ISSN ini sendiri bisa anda cek pada situs jurnal tersebut.

Jika ternyata jurnal tersebut memiliki 2 cetakan yaitu versi cetak dan daring, maka nomor ISSN-nya juga harus ada 2.

Akhir Kata

Nah, cukup sekian saja pembahasan kami mengenai beberapa ciri-ciri jurnal internasional yang penting untuk anda ketahui.

Dengan adanya artikel ini, kami harap anda bisa membedakan antara jurnal yang benar-benar jurnal internasional dengan jurnal yang hanya dituliskan dengan bahasa internasional.

Semoga bermanfaat!

Referensi : https://ajopiaman.com/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *