Cara Upload Jurnal SINTA

Disini kami akan memberikan satu informasi penting yaitu cara upload jurnal SINTA.

Seperti yang kita ketahui SINTA adalah sebuah database nasional yang berisi banyak sekali JURNAL berkualitas dari berbagai sumber dari seluruh Indonesia.

Tahukah Anda? Cara upload jurnal sinta ini sangat penting diketahui terutama bagi seorang akademisi.

SINTA menjadi target bagi para dosen yang melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat. Ini karena ketika jurnal mereka diterima di SINTA, mereka akan menerima pengakuan berupa angka kredit, yang sekaligus menjadi bukti kualitas dari jurnal tersebut. Bagaimana sebenarnya cara untuk mempublikasikan jurnal di SINTA

Cara Upload Jurnal SINTA Bagi Mahasiswa S1

Berikut adalah cara upload jurnal ke sinta yang sebenarnya tidak lah selalu sulit, dan tahapan-demi tahapannya juga terbilang mudah. Adapun caranya sebagai berikut :

1. Mendaftar Akun Sinta 

Pada tahapan pertama, kalian perlu mendaftarkan akun di sinta itu sendiri, dan ini menjadi salah satu hal penting bagi para dosen.

Dan untuk pendaftaran akunnya sendiri terbilang mudah rekan-rekan hanya perlu masuk ke website atau laman dari sinta yakni https://sinta.kemdikbud.go.id/.

Langkah selanjutnya kalian bisa ke menu registration yang ada di atas, dan bagi rekan-rekan yang sudah mempunyai akun kalian bisa langsung login saja dengan masuk kedalam menu author login pada halaman utama.

2. Mengisi Formulir Registrasi 

Dan taha selanjutnya adalah mengisi formulir registrasi akun, di dalamnya kalian harus mengisi data di dalam formulir sesuai dengan ketentuan mulai dari nama lengkap, id di google scholar, nomor KTP, Id di Scopus, dan lain sebagainya sesuai dengan tampilanya.

3. Masukan ID Google Scholar 

Langkah selanjutnya adalah pengsian ID scopus dan google scholar. Dan Ini wajib di isi karena akan sinkron dengan kedua database.

Dan pastinya kalian harus sudah mempunyai akun Google Scholar atau Scopus agar proses pembuatan akun di Sinta bebas masalah dan cepat.

Baca Juga: Ciri Ciri Jurnal Terindeks Sinta

4. Pengecekan Kelengkapan Data 

Langkah selanjutnya kamu bisa memeriksa terlebih dahulu data dalam registrasi, setelah mengisi formulir jangan terlebih dahulu menekan tombol registrasi klain bisa terlebih dahulu memastikan semua data sudah benar dan lengkap.

Pastikan juga data yang kosong kecuali jika ada deskripsi data tertentu yang bisa dikosongkan, pastikan juga semua data telah valid karena pengelola halaman Sinta akan melakukan proses verifikasi nantinya.

5. Proses Verifikasi 

Ini merupakan tahap akhir dari pendaftaran yakni verifikasi. Proses verifikasi sendiri akan dilakukan oleh tim verifikator dari laman atau website Sinta. Seperti yang sudah disebutkan.

Sebelum itu, sinta akan lebih dulu mengecek validalitas data berdasarkan apa yang telah dimasukkan oleh instruktur.

Maka dari itu, universitas memverifikasi ID dengan Google Scholar, Scopus, NIDN, dll. Dan Jika telah terbukti asli atau valid, maka proses verifikasi selesai.

Dan jika sudah berhasil maka status pada akun sintamu akan berubah menjadi Terverifikasi, dan mungkin proses akan memakan waktu beberapa hari.

Ingin publikasi di jurnal terindeks sinta yang cepat terbit? Klik dibawah ya untuk konsultasi

6. Update Data Profil Dan Dokumen 

Setelah akun terverifikasi, maka langkah selanjutnya adalah memperbarui data profil. Yang artinya pengguna dapat melengkapi data pribadinya di akun Sinta yang telah dibuat.

Dan jika sudah, kalian bisa juga menentukan nama penulis jurnal yang akan diterbitkan ke Sinta. Gunakan nama dan data pribadi yang valid sekaligus akan mempermudah pencarian.

7. Tahap Sinkronisasi 

Tahap selanjutnya kalian bisa melakukan sinkronisasi akun Sinta dengan akun Google Scholar dan Scopus milikmu, dan setelah, disinkronkan, maka daftar jurnal yang diterbitkan di Scopus dan Google Scholar akan segera ditautkan.

8. Tahap Akreditasi 

Dan tahap selanjutnya adalah indeks yang merupakan tahapan terakhir yang bisa dilakukan sendiri oleh dosen itu sendiri.

Kalian harus mengajukan akreditasi terhadap jurnal tersebut ke ARJUNA. Yakni dilaman https://arjuna.kemdikbud.go.id/

Jika kalian mendapatkan nilai akreditasi antara 70-85, maka memperoleh akreditasi B, sehingga di dalam Sinta mendapat Kategori Sinta 2. Dan Jika akreditasi di atas 85, skor sertifikasi adalah A dan kategori Sinta 1.

Ingin publikasi di jurnal terindeks sinta yang cepat terbit? Klik dibawah ya untuk konsultasi

Keuntungan Upload Jurnal Di SINTA

Jika tadi kita telah mengetahui cara upload jurnal SINTA, disini kami akan memberikan informasi penting lagi yaitu keuntungan dari upload jurnal Sinta ini.

  1. Penambahan Nilai KUM untuk Dosen: Bagi para dosen, publikasi jurnal di SINTA memberikan keuntungan berupa peningkatan nilai KUM (Kinerja Utama Mahasiswa). Ini sangat penting karena nilai KUM yang tinggi dapat digunakan sebagai salah satu syarat untuk naik pangkat dalam karier akademis.
  2. Pemenuhan Persyaratan Akreditasi Kampus: Selain itu, publikasi jurnal di SINTA juga dapat mendukung kebutuhan akreditasi kampus. Keberadaan jurnal yang terakreditasi dalam daftar publikasi kampus dapat membantu meningkatkan reputasi dan kualitas institusi pendidikan.
  3. Syarat Lulus dan Sidang Akhir untuk Mahasiswa: Bagi mahasiswa, publikasi jurnal di SINTA dapat digunakan sebagai syarat lulus atau persyaratan untuk mengikuti sidang akhir, baik itu pada tingkat S2 maupun S3. Ini membuka peluang bagi mahasiswa untuk mengembangkan penelitian mereka dan mengakses platform yang lebih luas untuk berbagi hasil penelitian mereka.

Baca Juga | Cara Memasukan Jurnal Ke SINTA

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan, semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah pemahaman kita semua.

Terimakasih telah membaca!