Cara Publikasi Jurnal Di Sinta

Cara Publikasi Jurnal Di Sinta. Kalian ingin mengetahui cara mempublikasi jurnal nasional dengan baik? Berarti kamu datang di waktu yang tepat, Berikut kami lampirkan cara publikasi jurnal di sinta.

Seperti yang kita ketahui publikasi jurnal biasanya dilakukan oleh para akademis seperti golongan Mahasiswa, Dosen, Doctor dan para Peneliti.

Dengan cara publiksai jurnal yang baik, para akademis akan memperoleh banyak manfaat seperti meningkatkan angka kredit, sebagai syarat jabatan fungsional ataupun bisa untuk kelulusan.

Hal yang penting, publikasi jurnal bisa meningkatkan portofolio seorang akademisi khususnya untuk para Dosen.

Sedangkan bagi mahasiswa ini bisa menjadi syarat kelulusan ataupun tugas kuliah, akan tetapi masih banyak Akademis yang masih kebingungan cara mempublikasi Jurnal di Sinta.

Cara Publikasi Jurnal Sinta

Cara Publikasi Jurnal Sinta

Berikut kamu akan lampirkan cara mempublikasikan jurnal sinta yang baik dan benar agar jurnal milikmu bisa lolos masuk atau terindex oleh sinta.

Cara Publikasi Jurnal Di Sinta

Cara Publikasi Jurnal Di Sinta

Perlu diketahui bahwasaanya sinta menawarkan fitur analisi, identifikasi hasil penelitian dan benchmark yang sangat berguna dalam penerbitan jurnal sinta.

Biasanya, author atau para penulis di jurnal sinta merupakan penulis perseorangan maupun dari sebuah institusi.

Langkah-Langkah Beserta Cara Mempublikasi Jurnal Sinta:

  • Kalian bisa memulai dengan mendaftar akun terlebih dahulu ke sinta
  • Kalian juga bisa memulai tahap pendaftaran dengan login ke “https://sinta.kemdikbud.go.id/
  • Kamu diharuskan mengisi formulir untuk mengisi beberapa data diri seperti nama dan NIDN orang yang berprofesi sebagai instruktur
  • Lalu masukkan ID Google Cendekia yang terkait dengan masing-masing institusi.
  • Isikan nama kampus dan alamat email, ini tentunya resmi dan masih digunakan.
  • Pastikan semua data formulir sudah lengkap.
  • Data yang tidak lengkap dapat mengganggu proses validasi.
  • Luangkan waktu sejenak untuk menerima verifikasi dari tim verifikasi di lembaga penelitian, teknologi, dan pendidikan tinggi.

Dalam pemeriksaan verifikasi biasanya melalui beberapa pemeriksaan seperti, pemeriksaan nama, NIDN, verifikasi artikel di Google Scholar, dan verifikasi email. Hal ini membuat kamu harus melengkapi semua data formulir selama proses pendaftaran.

Jika beberapa tahapan ini terlewati, status pada tampilan layar dapat berubah menjadi Terverifikasi.

Jika tahapan ini sudah dilewati, status pada tampilan layar dapat berubah menjadi terverifikasi. Dan perlu kamu ketahui juga bahwa setelah proses verifikasi berhasil.

Dan untuk ID di google scholar tidak dapat diubah lagi, ini dikarenakan tim sinta hanya bisa mengubah data dengan mengirimkan beberapa metode terlebih dahulu.

Tips Agar Lolos Publikasi Jurnal Sinta

Tips Agar Lolos Publikasi Jurnal Sinta

Untuk lolos dari publikasi jurnal sinta merupakan hal tidak yang mudah untuk dilakukan.

Oleh sebab itu, kita harus memenuhi syarat dan format jurnal yang akan diterbitkan.

Agar jurnal yang dikirimkan dapat diterbitkan, dan sebaiknya jika kamu ingin mempublish jurnal sinta, sebaiknya mengetahui tips lolos publikasi jurnla sinta berikut ini.

1. Memahami Peraturan Dirjen Dikti

Kamu bisa memahami peraturan dirjen dikti no.1 tahun 2014, isi dari peraturan tersebut adalah untuk mengajukan suatu akreditasi.

Agar bisa masuk akreditasi B atau Sinta 2 dan jurnal yang ingin dipublish harus memenuhi syarat pengajuan dan memperoleh skor evaluasi diri lebih dari 70 poin.

2. Perhatikan Konten Penilaian Jurnal

Tips selanjutnya adalah dengan memerhatikan isi penilaian yang dilakukan oelh 4 asesor akreditasi.

Dalam penilaian sebuah jurnal tentunya dilakukan seleksi yang ketat dan terbagi menjadi dua aspek yakni isi dan manajemen.

3. Perhatikan Waktu Pendaftaran

Tips yang selanjutnya adalah dengan memerhatikan waktu pendaftaran, dalam satu tahun, Jika terlambat, jurnal yang kalian kirimkan akan ditinjau pada periode berikutnya.

4. Perhatikan Sistem Rating di Sinta

Tips yang selanjutnya adalah dengan memerhatikan system penilaian. Dan jika telah melakukan evaluasi diri dan mendapatkan skor kurang dari 30 sampai 70.

Tim evaluasi jurnal akan memeriksa dan menilai ulang kebenaran dari hasil eveluasi dan akan disesuaikan dengan nilai kategori jurnal.

Harus diketahui bahwasannya untuk lulus jurnal sinta kalian harus mendapatkan skor antara 70-85.

5. Perhatikan Format dan Lakukan Proofreading

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengecek format jurnal dan melakukan proofreading sebelum artikel jurnal dipublikasi.

Proofreading penting dilakukan untuk mencegah terjadinya kesalahan penulisan, seperti salah ketik, ejaan, tanda baca, dan tata bahasa. Meskipun terkesan sepele, kesalahan penulisan yang bisa menjadi penyebab sebuah jurnal tidak lolos publikasi.

Kesimpulan

Nah itu adalah pembahasan Cara Publikasi Jurnal Di Sinta yang bisa kami sampaikan kepada rekan-rekan mengenai cara publiksai jurnal sinta yang baik dan benar. Dan semoga bermanfaat dan berguna bagi rekan-rekan semua.


FAQ

Berapa lama waktu untuk publikasi jurnal?

Langkah langkah publikasi artikel ilmiah?

Apakah menerbitkan jurnal harus bayar?

Secara umum, proses publikasi artikel ilmiah ke jurnal memang dibebankan biaya. Biaya ini dibebankan oleh penerbit atau tim dari sebuah jurnal ilmiah.

Langkah langkah publikasi artikel ilmiah?

Apa Saja Tahap Publikasi Karya Ilmiah? Uraikan Tahap Publikasi! Menyusun manuskrip > Menentukan target jurnal > Submit manuskrip > Reply dari Editor > Revisi manuskrip > Submit manuskrip yang direvisi > Diterima / Ditolak > Proof manuskrip.