4 Cara Mudah Publikasi Jurnal Internasional Scopus Gratis

Publikasi Jurnal Internasional Scopus Gratis

Banyak akademisi kesulitan menemukan jurnal yang terindeks Scopus. Salah satu kendalanya adalah biaya akses yang diterapkan sejumlah penerbit. Padahal, Anda juga bisa mendapatkannya secara gratis. Bagaimana caranya? Simak caramudah publikasi jurnal internasional scopus gratis berikut ini.

Cara Mudah Publikasi Jurnal Internasional Scopus

Berikut ini adalah cara paling mudah agar Anda bisa mempublikasikan jurnal ilmiah yang sudah dibuat.

1.     Kenal Lebih Dekat Tentang Scopus

Sebelum masuk ke cara publikasi jurnal Scopus, sebaiknya kenali lebih mendalam tentang Scopus itu sendiri. Memangnya, apa itu jurnal internasional terindeks Scopus? Bagaimana proses submit artikel ke jurnal internasional? Berikut jawabannya.

Scopus adalah portal rujukan yang menyajikan berbagai hasil penelitian bereputasi tinggi dari para akademisi di seluruh dunia. Setiap jurnal penelitian yang masuk daftar Scopus telah melewati tahapan kurasi yang ketat. Mulai dari penelusuran originalitas, waktu penelitian, hingga kualitas penulisan.

2.     Pertimbangkan Penerbit Jurnal Scopus Gratis

Jika Anda bertanya-tanya apakah Scopus gratis? Jawabannya ada dua. Ada yang gratis, namun ada juga yang berbayar. Jika selama ini Anda berfokus ke penerbit berbayar, kini pertimbangkan penerbit Scopus gratis yang mudah ditembus dan tidak kalah berkualitas. Beberapa diantaranya adalah:

  • The International Review Research in Open and Distributed Learning (IRRODI)

Jurnal terbitan Universitas Athabasca yang spesifik meneliti kehidupan sosial, utamanya pendidikan.

  • International Journal of Management Science and Engineering Management

Jurnal terbitan YTaylor and Francis Online yang banyak mempublikasikan penelitian seputar manajemen bisnis, akuntansi, hingga sistem informasi.

3.     Temukan Referensi Jurnal Scopus yang Tepat

Selain mempertimbangkan biaya, sebenarnya yang tidak kalah penting adalah ketepatan jurnal yang Anda jadikan referensi. Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana mencari jurnal di Scopus? Karena saking banyaknya terbitan jurnal Scopus, untuk mencari yang level nasional saja sangatlah sulit.

Kuncinya, senantiasa teliti dan fokus pada penelitian yang paling relevan. Untuk memudahkan pencarian, coba masukkan kata kunci yang lebih detail, seperti judul publikasi, nama penerbit, atau bahkan kode ISSN-nya.

4.     Mulai Publikasikan Jurnal Penelitian Anda

Untuk menghasilkan jurnal terbaik yang terindeks Scopus, lakukan beberapa tips berikut ini:

  • Ikuti semua instruksi dan ketentuan penulisan jurnal sesuai penerbit yang Anda tuju
  • Coba berkorespondensi dengan akademisi dari universitas lain, akan lebih baik jika berasal dari negara berbeda, dan lakukan kerjasama penelitian
  • Lakukan penelitian dengan benar dan tepat sasaran
  • Tulis jurnal penelitian dalam 5000-7000 kata, penerjemahan secara tepat, padat referensi, dan hindari plagiasi
  • Terus bangun prestasi dan rekam jejak yang baik untuk diri dan karir Anda

Demikian 4 cara mudah Publikasi Jurnal Internasional Scopus Gratis yang bisa Anda terapkan. Anda Juga bisa konsultasi ke Ridwan Institute untuk mendapatkan saran terbaik dalam proses publikasi jurnal penelitian Anda. 

Sumber : Google