Cara mudah menulis buku untuk semua kalangan

  • Whatsapp
Cara Menulis Buku

Semakin pesatnya teknologi di zaman seperti ini, banyak sekali keuntungan yang bisa kita peroleh. Salah satunya bagi anda yang hobi sekali menulis dan membaca. Menulis antara zaman dahulu dengan zaman sekarang itu berbeda, jika dahulu para penulis menulis hanya menggunakan kertas dan pena beda halnya dengan zaman sekarang yang menulis secara teknologi dengan komputer atau laptop sebagai alat utama. Ranah zaman dahulu dengan sekarang pun berbeda jika dulu hanya penulis saja yang mampu menulis, namun sekarang banyak profesi lain pun yang ikut menulis seperti dosen, mahasiswa dan lainnya. Nahh jika anda termasuk 2 profesi itu ada acara mudah menulis buku yang bisa anda coba.

Cara menulis buku untuk dosen

Dosen tidak hanya bertugas menyampaikan pelajaran kepada mahasiswa namun dosen juga bisa melakukan kegiatan lain yang dapat mengekspor kemampuannya. Salah satu kegiatan yang biasanya dilakukan adalah membuat buku, dosen kerap kali membuat bahan ajar dan buku ajar yang sangat penting untuk menunjang keberlangsungan belajar mengajar di dalam kelas.

Buku ajar bisa dikatakan sebagai salah satu jembatan untuk dosen dan mahasiswa. Sehingga dosen dan mahasiswa bisa berinteraksi dengan mudah melalui buku ajar ini. Selain itu, buku aja ini sangat penting sekali sebagai salah satu tolok ukur dari kualitas perguruan tinggi. Nahh, bagi anda yang ingin membuat buku ajar, coba terapkan 5 cara berikut.

  • Tulis dengan bahasa yang menarik dan informatif
  • Terapkan penataan informasi
  • Menggunakan pengemasan kembali informasi (Information Repacking or Text Information)
  • Susun materi sesuai dengan kebutuhan mahasiswa
  • Buat visual dan tampilan buku dengan menarik

Cara menulis buku untuk mahasiswa

Sebagai mahasiswa yang selalu banyak tugas kita juga harus  mampu mengekspor diri kita. Salah satu hal yang bisa kita ekspor adalah dengan menulis, selain menulis buku anda juga bisa membuat artikel, cerpen dan banyak karya tulis yang bisa anda buat. Keuntungan lain dari menulis adalah kita bisa mendapat sumber penghasilan tambahan untuk membayar biaya kuliah. Nahh,  berikut adalah cara membuat buku yang mudah:

  • Struktur isi buku ajar harus berurut
  • Isi Buku Ajar harus berarti
  • Memahami panduan format menulis buku ajar
  • Sesuai isinya dengan kurikulum yang digunakan
  • Harus adanya tujuan belajar mandiri

Cara menulis buku untuk penulis pemula

Untuk seorang pemula yang sama sekali belum memiliki sebuah buku sebelumnya, menulis buku bisa saja menjadi sebuah proyek besar yang mungkin sangat berat untuk dilakukan. Padahal jika faham cara menulis buku, proses ini sebenarnya dengan mudah dapat untuk dilakukan.

Pada setiap penulis, tips menulis buku bisa saja memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Akan tetapi hampir dapat dipastikan untuk setiap penulis pemula yang ingin memulai perjalanan sebagai penulis buku, saran terbaik yang tak pernah ketinggalan disampaikan oleh para penulis kawakan adalah ketekunan dan kegigihan. Tekun, gigih dan disiplin adalah cara menulis buku fiksi, nonfiksi, cerpen, atau bahkan artikel sederhana sekali pun. Tanpa kegigihan dan ketekunan, akan sangat sulit menyelesaikan buku jenis apa pun.

  • Temukan alasan mengapa kamu menulis buku
  • Atur Sebuah tempat khusus untukmu menulis
  • Jadikan menulis sebagai kegiatan rutin
  • Tentukan target harian dan tenggat waktu penulisan
  • Selama proses menulis lupakan pengeditan

Diatas merupakan cara bagaimana mudah menulis buku yang bisa anda coba. Semoga artikel kami bermanfaat.

Sumber : Google

Baca juga aritkel lainnya di bawah ini :

Bingung Bagaimana Cara membuat jurnal ? klik Cara membuat Jurnal
Cara Mencari Jurnal untuk referensi ? Klik > Cara Mencari Jurnal
Bagaimana Cara Mendeley yang benar ? Klik > Cara menggunakan Mendeley
Bingung cara Submit jurnal ? Klik > Cara Submit Jurnal
Cara Publikasi Jurnal Cepat dan Gratis ? Klik > Cara Publikasi jurnal

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *