Cara mudah mempublikasikan Jurnal Ilmiah di Internasional Scopus

  • Whatsapp
Publikasi Jurnal Scopus

Jurnal Scopus merupakan salah satu capaian seorang akademisi maupun praktisi dalam hal dunia pendidikan untuk publikasi ilmiah bertaraf internasional. dinamika cara pembuatan jurnal pun yang sering mengalaminya, bagaimana cara membuat jurnal scopus yang sesuai kriteria jurnal yang menjadi target publikasi. tentu ini menjadi keharusan bagi akademisi baik dosen maupun mahasiswa dalam proses studinya.

pada tridarma perguruan tinggi menjelaskan pada proses Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian. hal ini menjadi dasar dan kewajiban akademisi. untuk mecapai karir dan tri darma perguruan tinggi.

Bacaan Lainnya

SINTA dari Kemenristekbrin menjadi tolok ukur sebagai jurnal reputasi nasional, sedangkan jurnal bereputasi tingkat internasional yakni sudah terindex Scopus, DOAJ, Web of Science, dan lainnya. cek daftar nama jurnal terindex scopus

Menurut Permenristekdikti Nomor 20 Tahun 2017, Jabatan akademik dosen, peneliti, guru dan lainnya harus mempunyai publikasi jurnal baik nasional dan internasional berfungsi untuk mempertahankan jabatan akademik pada perguruan tinggi. juga mahasiswa magister dan doktor.

Publikasi jurnal internasional atau Publikasi jurnal nasional dari penelitian yang sudah dilakukan tidaklah mudah karena beberapa proses dan alur dari mulai submit, review, revisi bahkan sampai terbit bukan proses yang singkat.

oleh karena itu ridwan institute mecoba berusaha untuk memberikan informasi sesuai kebutuhan, dan ternyata proses publikasi jurnal ada yang lebih mudah.

Ada beberapa cara untuk mudah mempublikasikan Jurnal Ilmiah di Internasional Scopus:

1. Publikasi Jurnal Ilmiah Internasional Scopus via OJS

Apa Itu Online Journal System (OJS) ?

Open Journal Systems adalah aplikasi perangkat lunak sumber terbuka untuk mengelola dan menerbitkan jurnal ilmiah secara daring dengan penelaahan sejawat oleh Public Knowledge Project yakni pengembang sekaligus perilis dari Lisensi Publik Umum GNUWikipedia

Publikasi jurnal nasional maupun internasional via online Journal system ini sudah sangat familiar bagi kalangan akademisi dari mulai submit artikel sampai tahapan publish, untuk melakukannya menggunakan website browser google chrome, mozila firefox, yahoo, microsoft edge dan lainnya. gambar bagian bawah merupakan gambar jurnal scopus

Publikasi Scopus

Mempublikasikan jurnal ilimiah melalui ojs proses nya secara online baik memasukan artikel nya sampai dengan mempublishnya. Semua proses publikasi melalui web jurnal ilmiah (OJS) dengan aplikasi Google chrome dan mozila firefox atau jenis laiinya. Berikut adalah tampilan contoh jurnal online menggunakan OJS.

Berikut tahapan Submit Jurnal :

Pertama Kunjungi Ojs.

Kedua Unggah file yang fix untuk lanjut pada proses publish.

Ketiga mengisi metadata yang sesuai persyaratan OJS seperti abstract, Introduction, method, result and discussion, conclusion dan references. (biasanya beda ojs beda juga syaratnya)

Keempat Upload data jurnal seperti tambahan gambar, tabel jika ada rekomendasi untuk memuatnya.

Kelima setelah muncul data yang sudah terunggah, Kemudian klik tombol finish submission.

setelah tahapan tersebut selesai, untuk mengetahui status yang sudah submit klik melalui tombol active submission pada dashboard pengguna (log in ojs). semua sistem yang memakai platform OJS ini kurang lebih seperti ini proses awal daripada publikasi jurnal scopus.

2. Publikasikan Jurnal Scopus/WoS di Ridwan Institute

Adanya ridwan institute ini hadir sebagai solusi untuk konsultasi hingga pendampingan tutoring dalam proses publikasi scopus maupun WoS dari thomson reuteur. mulai dari bagaimana cara membuat jurnal.

Ridwan Institute juga mempunyai tim tutoring publish pada scopus. Yang mana bertugas untuk suksesi publikasi scopus. Bagi teman-teman yang ingin publikasi scopus bisa klik tombol whatsapp pada artikel ini bagian bawah dan dapatkan pelayanan terbaiknya.

Selain pendampingan scopus, Ridwan institute juga mengelola jurnal terbit setiap bulan. ya sebagai jawaban bagi teman-teman untuk memenuhi kebutuhan publikasi jurnal cepat dan terakreditasi SINTA 4.

publikasi jurnal nasional syntax literate
Jurnal Syntax Literate

Beberapa jurnal yang terbit pada publisher Ridwan Institute adalah seperti gambar yaitu Jurnal Syntax Literate, Syntax Idea, Syntax Admiration, Syntax Transformation, Journal of Social Science dan Health Sains

Benefit mempublikasikan naskah jurnal ilmiah pada Ridwan Institute yakni :

  1. Jurnal Terbit Setiap Bulan, kebanyakan Jurnal terbit 2 kali setahun dan 4 kali setahun, ridwan institute memiliki periode terbitan 1x/bulan. Ini cocok buat siapapun yang ingin publikasi jurnal cepat.
  2. Terakreditasi Sinta, sudah terakreditasi Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (SINTA 4)
  3. Pengecekan Plagiasi, Gratis cek turnitin dengan menggunakan akun premium.
  4. Indexing Berkualitas, Terindex banyak mesin pengindeks Baik Nasional maupun Internasional seperti Google Scholar, Harvard University, Index Copernicus dan lainnya.
  5. Multi Disiplin Ilmu, tenang jurnal Ridwan Institute memiliki semua rumpun bidang ilmu bisa terbit. Jadi gk masalah apapun bidang ilmu jurnalnya bisa terbit dengan cepat, terakreditasi dan pastinya tidak susah lagi untuk publikasi jurnal.

Mengenai informasi seperti bagaimana proses membuat jurnal, cara submit jurnal, atau biaya publikasi jurnal bisa langsung hubungi kontak whatsapp yang ada pada pojok kanan bawah agar lebih jelas dan detail.

Cara bagian ini semua bisa menjadi pedoman dan cara publish jurnal scopus maupun publish jurnal nasional dengan cepat.

Dua cara pada bagian atas bisa menjadi acuan dan panduan bagi Anda yang akan melakukan publikasi ilimiah pada jurnal nasional. baca juga artikel lainnya tentang langkah menulis pada jurnal terakreditasi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *