Cara Mudah Membuat Jurnal

7 Comments

Pengertian jurnal adalah sebuah publikasi transaksi dalam bentuk artikel yang diterbitkan secara berkala,yang bertujuan untuk pendataan dan jurnal biasanya diterbitkan pada interval waktu tertentu.

juga merupakan tulisan khusus yang memuat artikel suatu bidang ilmu tertentu.

Dalam penyusunannya tidak seperti membuat tulisan biasa berikut adalah cara mudah untuk kamu yang ingin membuat jurnal. tentu Ada beberapa hal yang harus dipenuhi, Ada 8 bagian yang harus ada di dalam jurnal yaitu:

Judul Dalam pembuatan judul jurnal harus jelas.

Judul akan memudahkan pembaca mengetahui inti jurnal tanpa harus membaca isi jurnal keseluruhan. Dengan judul yang jelas pembaca menjadi tertarik dan ingin terus membaca.Pilihlah judul yang jelas seperti “Pengaruh Gaya Sentrifugal Terhadap Angin”. Judul ini akan memudahkan pembaca yang ingin mencari tahu tentang gaya sentrifugal di dalam jurnal.

Abstrak

Setelah judul, yang harus diperhatikan adalah abstrak. Sekilas abstrak hampir sama dengan ringkasan, tapi sebenarnya berbeda. bstrak ini biasanya ditulis terakhir. Bagian abstrak dalam jurnal ilmiah berfungsi untuk mencerna secara singkat isi jurnal. Abstrak ditulis sebagai penjelas jurnal tanpa mengacu pada jurnal. Setidaknya Anda harus menyajikan 250 kata yang merangkum tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan di dalam abstrak. Dalam penulisan abstrak hindari singkatan atau kutipan. Pada abstrak harus dapat berdiri sendiri tanpa catatan kaki.

Cara Mudah Membuat Jurnal

Pendahuluan

Setelah abstrak, Anda bisa memasuki bab pendahuluan. Pendahuluan adalah pernyataan dari kasus yang sedang Anda selidiki. Dibagian ini Anda harus memberikan informasi kepada pembaca untuk memahami tujuan spesifik dalam rangka tooritis yang lebih besar. Pada bagian ini, juga mencakup latar belakang masalah, seperti ringkasan dari setiap penelitian yang telah dilakukan dan bagaimana sebuah percobaan akan membantu untuk menjelaskan atau memperluas pengetahuan dalam bidang umum. Ingat, jangan membuat pendahuluan terlalu luas supaya pembaca tidak bingung arahnya kemana.

Cara Mudah Membuat Jurnal

Bahan dan Metode.

Dalam bagian ini Anda akan menjelaskan tentang proses percobaan yang dilakukan. Informasi yang dijelaskan di sini mencakup desain percobaan, peralatan yang dipergunakan, metode dalam pengumpulan data, gambaran lokasi, dan jenis pengendalian. Perlu diperhatikan dalam bagian ini kita harus menjelaskan secara rinci dan jelas. Hindari penggunaan kata yang membingungkan. Jelaskan to the point, sehingga pembaca bisa langsung paham dengan informasi yang Anda tulis.

Cara Mudah Membuat Jurnal

Hasil

Pada bagian hasil, Anda dapat menyajikan data yang ringkasan dengan tinjauan dalam bentuk teks, tabel, maupun gambar. Perlu diingat, dalam bagian ini informasi yang diberikan hanya hasil yang disajikan. Tidak ada interprestasi data maupun kesimpulan dari data yang Anda dapat. Sebuah data yang diinformasikan harus disajikan dalam bentuk tabel atau gambar menggunakan teks naratif dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

Pembahasan

Dari data yang sudah Anda dapatkan, Anda baru bisa membahasnya secara detail pada bagian pembahasan. Dalam bagian pembahasan, Anda bisa menafsirkan data-data yang ada dengan pola yang diamati. Dari setiap hubungan antara variable percobaan yang penting dan korelasi antar variabel dapat dilihat dengan jelas. Anda harus menyertakan sebuah penjelasan yang berbeda dari hipotesis atau hasil yang berbeda atau serupa dengan stiap percobaan terkait dengan penelitian yang dilakukan orang lain.Perlu dicatat, bahwa setiap percobaan yang dilakukan tidak harus merujuk pada hasil besar atau kecenderungan untuk menjadi penting. Jika memang menemukan hasil negatif, Anda bisa menjelaskan apa penyebabnya. Barangkali dari hasil negatif tersebut Anda justru mendapatkan hasil penting yang harus diubah pada pada kegiatan penelitian selanjutnya.

Cara Mudah Membuat Jurnal

Kesimpulan

Kemudian Seluruh yang Membuat sebuah kesimpulan dari keseluruhan percobaan yang telah dilakukan.

meskipun si peneliti merujuk kembali kepada pernyataan dalam pendahuluan dari setiap data yang diinformasikan.

Cara Mudah Membuat Jurnal

Daftar Pustaka

Saat membuat jurnal jangan sampai lupa mencantumkan daftar pustaka pada halaman terakhir. Kemudian Bagian daftar pustaka merupakan kumpulan dari nama-nama literatur yang kita gunakan sebagai referensi dalam pembuatan jurnal. Sesudah Ini keseluruhan informasi yang berupa kutipan Namun kita harus menuliskan daftar pustaka sesuai dengan aturan penulisan.

Setelah itu selesai runtutan cara membuat jurnal diatas kamu bisa publish.

Kemudian baca juga artikel publikasi jurnal ilmiah agar kamu faham dan bisa publikasi jurnal yang sudah siap

Referensi

Wikipedia

Artikel Lainnya

Lihat semua artikel
7 Comments
    • budi
    • Oktober 30, 2020
    Balas

    saya sudah submit kok belum dapat email konfirmasi ya

    • reza rahardian
    • Agustus 19, 2020
    Balas

    mau publikasi jurnal bisa di sini kak?

    • Balas

      silahkan bisa pak..
      silahkan untuk info lebih lengkap bisa menghubungi admin kami di 0823-2024-2017

        • budi
        • Oktober 30, 2020
        Balas

        saya sudah submit tapi belum dapat konfirmasi email. submit sudah 2 hari yang lalu.

    • andi
    • Agustus 19, 2020
    Balas

    Cara publikasi jurnal itu melalui apa saja ka? atau hanya ojs ?

Leave a Comment