Cara Mereview Jurnal yang Benar

  • Whatsapp
Cara mereview Jurnal

Untuk mereview sebuah jurnal, maka Anda harus tahu dulu cara mereview jurnal yang benar. Hal ini dilakukan untuk memberikan tinjauan pada jurnal tersebut. Namun dalam membuat review, perhatikan format review yang Anda buat.

Review itu seperti apa? Pada umumnya review adalah sebuah ringkasan informasi, baik itu dari jurnal, berita, maupun buku. Lalu bagaimana cara mereview jurnal? Dan jurnal yang baik seperti apa? Untuk pembahasan lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut ini.

Cara Mereview Sebuah Jurnal dengan Benar

Dalam mereview jurnal, pokok-pokok apa saja yang mesti memperhatikan dalam melakukan sebuah review jurnal? Beberapa diantaranya yaitu pilih jurnal yang relevan, memiliki jumlah halaman sedikit, dan memiliki banyak nilai positif. Kemudian lakukan cara mereview yang benar seperti berikut ini:

1.     Membuat Struktur Tulisan

Untuk membuat struktur tulisan, maka perhatikan pembahasan penting seperti judul, data-data jurnal, reviewer jurnal, tanggal pembuatan review jurnal, bahan dan metode, hasil, pembahasan, kesimpulan, dan yang terakhir daftar pustaka.

2.     Mereview Jumlah Halaman

Setelah Anda selesai membuat struktur tulisan, maka berikutnya adalah mereview jumlah halaman jurnal. Untuk membuat paper review, Anda harus menjelaskan jumlah halaman suatu jurnal dengan benar dan tidak boleh menambahkan maupun mengurangi.

3.     Membaca Berbagai Hal Penting Dalam Jurnal

Tentukan hal-hal penting dalam jurnal dan paparkan dalam review secara singkat, sesuai informasi pada jurnal. Selain itu, catat poin-poin penting jurnal agar Anda tidak lupa saat menulisnya dalam review. Dengan membuat catatan kecil ini, otomatis akan memudahkan Anda dalam mereview jurnal.

4.     Buat Ucapan Pembuka

Selanjutnya adalah membuat ucapan pembuka yang berisikan ucapan syukur dan terimakasih kepada beberapa pihak.

5.     Membuat Daftar Isi

Membuat daftar isi untuk memudahkan pembaca menemukan halaman review yang dibutuhkan.

6.     Tentukan Judul

Membuat judul sesuai dengan isi atau gagasan pokok dalam tulisan.

7.     Tulis Keterangan Jurnal

Menulis keterangan jurnal, sebagai contoh seperti nama penulis, penerbit, alamat email, dan tahun terbit jurnal.

Setelah melakukan cara-cara diatas, langkah berikutnya adalah memperkenalkan isi  jurnal, metode yang digunakan, sumber jurnal, tulis penelitian jurnal, buat kesimpulan, dan penutup. Setelah review selesai dibuat, Anda bisa mempublikasi hasil review secara online agar lebih banyak yang membaca. Cara mereview jurnal memang harus dilakukan sesuai tahapan yang benar, sehingga hasilnya lebih rapi dan mudah dibaca. Kemudian apabila Anda ingin mempublikasikan jurnal ilmiah, maka Anda bisa mempercayakannya kepada Ridwan Institute

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *