Cara Mengutip Jurnal dengan Baik dan Benar

  • Whatsapp

Dalam proses pembuatan karya tulis seperti skripsi atau thesis, tentunya harus didukung dengan penelitian yang relevan, valid, dan teruji kebenarannya. Terkadang data pendukung skripsi ini didapatkan dengan mengutip dari jurnal. Namun cara mengutip jurnal ini harus dilakukan dengan benar.

Cara Mengutip Sebuah Jurnal yang Benar

Apakah Skripsi boleh mengutip dari jurnal? Tentu saja boleh, namun dalam prosesnya harus dilakukan dengan benar. Sebab karya tulis seperti skripsi ini membutuhkan adanya kutipan, penegasan, dan juga rujukan agar dapat memperkuat karya tulis ilmiah yang dibuat.

Bacaan Lainnya

Lalu untuk membuat karya tulis apakah bisa mengutip dari skripsi? Tentu saja bisa, namun ketahui beberapa cara mengutip sebuah tulisan, baik dari sumber pertama maupun dari sumber kedua. Berikut beberapa cara mengutip yang baik dan benar yang perlu Anda ketahui:

1.     Cara Mengutip Secara Tidak Langsung

Mengutip secara tidak langsung maksudnya adalah kutipan yang disalin tanpa menambah atau mengurangi kata dalam kutipan tersebut. Jadi, kutipan tersebut benar-benar asli tanpa ada yang diubah sedikitpun.

2.     Cara Mengutip Secara Langsung

Apakah Anda sudah tahu bagaimana cara mengutip jurnal yang benar? Berikutnya cara mengutip secara langsung. Maksudnya adalah peneliti mengambil sebuah ide dari sumber lain atau dari 2 penulis lainnya. Kemudian Re-write dengan kalimat dan gaya bahasanya sendiri.

3.     Cara Mengutip Jurnal yang Sudah ada pengakuan Dunia Internasional

Selanjutnya ketahui juga cara melakukan sebuah kutipan oleh APA Style (American Psychological Association). Gaya kutipan APA Style ini sesuai aturan dan biasa memakainya dalam penulisan karya ilmiah.

Ketika membuat karya tulis Anda bisa mendapatkan data pendukung dalam berbagai media, yang aksesnya mudah melalui perangkat elektronik. Selain itu, dalam pembuatan karya tulis pastikan Anda melengkapi data di daftar pustaka dan juga menyimpannya dalam file PDF.

Apabila Anda sudah mengerti beberapa cara mengutip seperti penjelasannya maka ketahui juga bagaimana cara mengutip kutipan yang dikutip orang lain? Hal ini tentunya akan menambah wawasan dan pengalaman Anda dalam membuat karya tulis. Selain itu, ketahui juga bagaimana cara mengutip dari berita online? Karena beberapa informasi penting bisa Anda dapatkan dari berita online. Selanjutnya, jika Anda membutuhkan jasa publikasi jurnal ilmiah, maka Anda bisa menggunakan jasa Ridwan Institute yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Source: Google

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *