Cara Mengecek Legalitas PT

Cara mengecek legalitas PT dapat menjadi salah satu tidakan yang sangat tepat dalam menjamin kenyamanan saat hendak menggunakan suatu perusahaan. Akan tetapi, hal ini masih sangat jarang dilakukan padahal caranya cukup mudah dan sederha dan juga dapat dilakukan dimana saja. Kamu bahkan bisa mengecek legalitas PT secara langsung dari sumber utamanya. Bisa jadi PT yang hendak digunakan ternyata menggunakan izin palsu atau memang belum legal.

Pengertian PT

Nah sebelum kita masuk kedalam pembahasan tentang cara mengecek legalitas PT, sebaiknya kamu ketahui dan pahami terlebih dahulu tentang pengertian PT.

PT adalah singkatan dari Perseroan Terbatas, yaitu suatu badan usaha yang memiliki modal yang terbagi atas saham-saham, di mana setiap pemilik saham memiliki tanggung jawab terbatas terhadap hutang-hutang perusahaan. Legalitas PT merujuk pada keberadaan PT sebagai badan hukum yang diakui dan diatur oleh hukum.

[adinserter block=”1″]

Konsultasikan segera pada kami untuk mendapatkan solusi terbaik dalam Cara Mengecek Legalitas PT!

Baca Juga : Jasa Pembuatan PT

Cara Mengecek Legalitas PT

Sebuah PT atau Perseroan Terbatas yang legal seharusnya sudah terdaftar secara resmi di web atau laman instansi pemerintah dengan berdasarkan jenis perusahaannya.

Berikut kami paparkan 3 (Tiga) cara yang bisa kamu lakukan dalam mengecek legalitas PT

1. Lewat Web Kemenkumham

Cara mengecek legalitas PT yang pertama adalah dengan menggunakan Web Kemenkumham. Kemenkumham tidak hanya bergerak dan berfungsi sebagai platform informasi kementrian, web kemenkumham juga menjadi salah satu wadah atau tempat pengecekan legal atau tidaknya suatu perusahaan. Ada fitur khusus yang dapat kamu gunakan dalam mengecek legalitas perusahaan.

Akan tetapi bisa menjadi perusahaan yang kamu cari tidak dapat ditemukan. Bukan berarti tidak legal, perusahaan tidak termasuk kedalam lingkup kementrian kemenkumham. Berikut cara cek legalitas PT dengan menggunakan Web Kemenkumham.

  1. Pastikan komputer atau ponsel sudah terkoneksi dengan internet
  2. Buka browser
  3. Masuk ke situs ahu.go.id
  4. Masukkan nama perusahaan 
  5. Akan muncul chapta. Lengkapi terlebih dahulu
  6. Hasil pencarian legalitas perusahaan akan muncul di layar

Jika nama PT yang kamu cari tidak muncul di pencarian, bukan berarti perusahaan atau PT tadi belum legal. Bisa jadi juga PT tersebut tidak masuk kedalam lingkup ahu.go.id.

Kamu dapat memeriksa lagalitas badan usaha secara manual. Pengecekan manual juga dapat melakukan layanan Ditjen Administrasi Hukum Umum (AHU).

[adinserter block=”1″]

2. Lewat Web OJK

Berikutnta cara mengecek legalitas PT denhan menggunakan Web OJK. Situs atau WEB OJK sangat populer sebagai referensi untuk memverifikasi keabsahan suatu perusahaan atau PT. Website OJK memiliki banyak sekali data yang dapat diperoleh secara bebas kapanpun dan dimanapun. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka laman pencarian
  2. Masuk ke web resmi OJK, yaitu https://www.ojk.go.id/id/kanal/pasar-modal/data-dan-statistik/data-perusahaan-efek/default.aspx 
  3. Data per bulan akan langsung muncul
  4. Untuk mencari suatu perusahaan, pilih menu Find in Page dengan mengeklik tiga titik vertikal di pojok kanan atas
  5. Masukkan nama perusahaan
  6. Status kelegalan perusahaan akan muncul di layar

Di sini juga akan tercantum nama-nama perusahaan yang ilegal. Hal ini karena semakin banyak bermunculan perusahaan pinjaman online dan perusahaan lain yang masih ilegal.

3. Lewat Web Kominfo

Cara mengecek legalitas PT yang terakhir adalah dengan menggunakan Web Kominfo. Mungkin belum banyak yang tahu bahwa kamu bisa mengecek legalitas suatu perusahaan di situs atau WEB resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika. Sebab, Kominfo lebih dikenal mewakili industri penyiaran.

Ternyata, website tersebut memuat cukup banyak profil perusahaan dan status legalitasnya. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan:

  1. Buka situs resmi Direktorat Tata Kelola Aptika dengan mengetik https://pse.kominfo.go.id/ pada laman pencarian
  2. Akan muncul data di layar
  3. Untuk memastikan legalitas perusahaan secara detail, pilih kolom SE terdaftar
  4. Untuk melihat badan usaha mana saja yang izin usahanya telah dicabut, pilih kolom SE dicabut
  5. Kolom SE lama memuat daftar perusahaan-perusahaan yang sudah lama memperoleh legalitas

Yang menarik tentang data legalitas di situs Kominfo ini adalah kamu dapat melihat data secara menyeluruh dengan menggunakan scan QR. Data lengkap tadi meliputi nama perusahaan, website, hingga sistem.

[adinserter block=”1″]

Konsultasikan segera pada kami untuk mendapatkan solusi terbaik dalam Cara Mengecek Legalitas PT!

Kenapa Legalitas Penting?

Setelah kita mengetahui tentang cara mengecek legalitas PT, berikutnya kita juga perlu mengetahui dan memahami kenapa legalitas penting bagi Perseroan terbatas atau PT.

Pernahkah kamu mempertanyakan kenapa legalitas itu penting. Pada dasarnya legalitas PT dapat dikatakan lebih banyak membantu dari segi konsumen atau kamu sebagai penggunanya.

Berikut alasan kenapa legalitas cukup penting baik bagi perusahaan maupun Anda sebagai konsumennya.

1. Perlindungan Hukum – Cara Mengecek Legalitas PT

Legalitas PT memberikan perlindungan hukum bagi perusahaan dan para pemegang sahamnya. Perusahaan dapat melindungi dirinya dari tindakan yang merugikan atau melanggar hukum, serta mengambil tindakan hukum terhadap pihak lain yang melakukan tindakan merugikan atau melanggar hukum terhadap perusahaan.

2. Memperoleh Kepercayaan Dari Pihak Terkait – Cara Mengecek Legalitas PT

Legalitas PT membuat perusahaan lebih dihargai dan dipercayai oleh pihak terkait seperti pelanggan, investor, dan pemasok. Hal ini dikarenakan legalitas PT menunjukkan bahwa perusahaan telah memenuhi persyaratan hukum untuk beroperasi, dan bahwa perusahaan memiliki komitmen untuk bertindak sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

[adinserter block=”1″]

3. Akses Ke Sumber Daya – Cara Mengecek Legalitas PT

Legalitas PT memungkinkan perusahaan untuk mengakses sumber daya yang diperlukan seperti pembiayaan dari bank, investor, atau pemerintah, karena perusahaan memiliki status badan hukum resmi.

4. Kemudahan Dalam Berbisnis – Cara Mengecek Legalitas PT

Legalitas PT memudahkan perusahaan dalam melakukan berbagai transaksi bisnis seperti membuat perjanjian dengan pihak ketiga, melindungi hak kekayaan intelektual, dan menyelesaikan perselisihan bisnis di pengadilan.

5. Kewajiban Membayar Pajak – Cara Mengecek Legalitas PT

Legalitas PT juga memerlukan perusahaan untuk memenuhi kewajiban pembayaran pajak sesuai dengan undang-undang yang berlaku, sehingga perusahaan dapat berkontribusi pada pendapatan negara.

Konsultasikan segera pada kami untuk mendapatkan solusi terbaik dalam Cara Mengecek Legalitas PT!

[adinserter block=”1″]

Kesimpulan

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan tentang bagaimana cara mengecek legalitas PT, semoga dengan adanya artikel ini bisa berguna dan juga bermanfaat bagi teman-teman semua. Terimakasih!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like