Cara Menganalisis Jurnal dengan baik

  • Whatsapp
cara menganalisis jurnal
cara menganalisis jurnal

Cara Menganalisis Jurnal – Hal penting yang harus kamu tahu sebelum mempelajari cara membuat jurnal yakni kamu harus tahu dulu bagaimana cara menganalisis jurnal yang baik dan benar sebab apabila tidak ada dasar pemahaman akan berdampak pada hasil jurnal.

Jurnal Ilmiah merupakan hasil karya penelitian berbentuk majalah online yang sudah terbit

pada perkuliahan biasanya dosen memberikan tugas untuk menganalisis jurnal juga.

agar lebih faham simak artikel dengan baik :

Pengertian Analisis

menganalisis teks  adalah penyelidikan  (meneliti/memeriksa) terhadap suatu teks atau wacana  (karangan, perbuatan dan lain sebgainya), dan menganalisis merupakan kegiatan melakukan analisis. dalam menganalisis  ada beberapa lagkah yang perlu memperhatikan yaitu struktur, isi, dan bahasa.

dari Branly

Pengertian Jurnal

Jurnal merupakan sebuah Publikasi Periodik dalam bentuk artikel yang terbit secara berkala, (tergantung pada penerbit Frekuensi terbitan dalam setahun berapa kali terbit) biasanya jurnal terbit minimal 1 tahun 2 kali dan ada juga setiap bulan publish. sumber wikipedia dan ridwan institute

jadi kesimpulan arti dari cara menganalisis jurnal melakukan kegiatan dengan teliti untuk membuat jurnal pada setiap point-point yang ada pada struktur jurnal

Tips Penting Untuk Menulis dan membuat Jurnal

Ada beberapa tips Penting menulis, saat akan memproses analisis jurnal, sebagai berikut :

Kualitas sesuai Standar

beberapa jurnal mempunya displin ilmu yang sangat spesifik, seperti hukum Ekonomi, ekonomi islam, dan pendidikan matematika dan sebagainya.

karena itu, sebelum masuk pada cara menganalisis dan membuat jurnal pastikan jurnal tersebut memenuhi standar ilmiah yang sesuai tujuan kamu.

Mendeskripsikan dengan Rinci

Mempublikasikan hasil akhir dari penelitian merupakan salah satu point penting dari semua proses penelitian ilmiah.

Keilmiahan Naskah

Keilimiahan merupakan Bagian yang terpenting karena kriteria ilmiah tidaknya bisa merujuk pada kalimat dan kata yang ada pada jurnal penelitian

contohnya untuk Indonesia, menurut EYD yang berlaku pada KBBI.

Cara Menganalisis Jurnal dengan baik

1. Review dan Fahami Jurnal yang sama dengan kriteria Jurnalmu

a. Pelajari Struktur Abstrak

Abstrak berisikan kilasan tentang penelitian yang sudah ada dan berfungsi untuk melihat wajah dari penelitian. beberapa aturan setiap jurnal berbeda-beda contohnya memiliki point pendahuluan penelitian, tujuan penelitian, Metode dan hasil penelitian jumlah kata biasanya 250-300 maksimal

b. Arah dan Konteks Penelitian

Memiliki arah bahasan yang tidak melebar dan juga menjelaskan secara padat & jelas dengan konteks. misalnya penelitian ini arahnya mengambil pada novelty pada jurnal untuk membuktikan bahwa penelitian sebelumnya kebaruan atau inovasi baru

c. Menyimpulkan suatu jurnal keseluruhan dari kesimpulan

membaca kesimpulan akan mengetahui maksud penelitian ini seperti apa dengan efisien waktu. dan bisa mengambil point kekurangan agar penelitianmu berguna untuk melengkapi.

d. Tawarkan Argumenmu dengan kuat

Setelah menyimpulkan suatu jurnal yang penelitian sebelumnya, maka tambahkan argumen kamu sesuai jurnalnya, tawarkan ide dan topik yang kamu angkat dengan tujuan untuk menyempurnakan penelitian sebelumnya.

Cara Menganalisis Jurnal – Konsep Draft Tulisan

Deskripsikan Penelitian dengan Ringkas

Berguna sebagai alert/pengingat point-point yang penting pada jurnal sesuai hasil observasi dan tinjauan penelitian jurnal mempunyai topik yang sama.

Identifikasi Keyword/Kata kunci

Keyword atau Kata kunci harus sesuai variable penelitian karena akan memudahkan kemunculan pada mesin indeksasi seperti google scholar, Web Of science, Scopus maupun lainnya, karena kata kunci ini lah yang menjadi salah satu optimasi index agar muncul pada mesin index.

FAQ
Bagaimana susunan jurnal ilmiah?

Istilah IMRAD (Introduction, Method, Result, And Discussion) seacar umum susunan jurnal seperti itu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *