2 Cara Menerjemahkan Jurnal dengan Mudah dan Akurat

  • Whatsapp
Cara Menerjemahkan Jurnal

Jurnal Internasional kerap menjadi referensi untuk membuat karya ilmiah atau jurnal yang berkualitas. Terlebih jika jurnal internasional yang telah terindeks scopus. Sayangnya, sebagian orang masih bingung cara menerjemahkan jurnal dengan bahasa asing, bagaimana cara menerjemahkan PPT, hingga bagaimana cara translate abstrak.

Padahal ada berbagai cara yang mudah dan cepat untuk menerjemahkan jurnal internasional atau dokumen lain yang berbahasa Inggris. Berikut beberapa cara menerjemahkan jurnal dari bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan lainnya.

Bantuan Google Docs

Bagaimana cara translate PDF bahasa Inggris ke bahasa Indonesia? Pertanyaan ini sering kali muncul. Jawabannya adalah, Anda bisa menggunakan Google Docs.

Ketika menggunakan Google Docs, jurnal atau dokumen akan menampilkan hasil sesuai tulisan aslinya. Berbeda dengan Google Translate yang rancu atau tidak sesuai dengan dokumen aslinya. Caranya pun mudah, berikut selengkapnya:

  • Buka file yang akan di translate
  • Klik Alat, pilih terjemahkan dokumen
  • Setelah itu muncul terjemahkan dokumen, pilih bahasa sesuai yang Anda inginkan
  • Tunggu beberapa detik, dokumen yang sudah diterjemahkan akan muncul di tab baru.

Menggunakan Ms Word

Tahukah Anda bahwa Ms Word ternyata bisa untuk menerjemahkan jurnal atau dokumen? Ms Word memang kerap dibutuhkan oleh setiap orang, namun tak banyak yang tahu jika Ms Word juga bisa untuk menerjemahkan bahasa dalam dokumen.

Anda bisa translate jurnal atau dokumen menggunakan Ms Word tanpa menggunakan alat tambahan lain. Anda hanya perlu memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Ms Word. Berikut cara menerjemahkan jurnal menggunakan Ms Word:

  • Buka dokumen atau jurnal di Ms. Word
  • Pilih teks yang ingin di terjemahkan dengan cara blok. Anda bisa klik select untuk memilih teks tertentu atau blok semua teks untuk menerjemahkan seluruh dokumen dengan mudah.
  • Lalu, pilih review. Setelah menentukan teks yang ingin di translate, Anda pilih review pada navigasi bar Ms. Word.
  • Pilih translate. Ada berbagai bahasa yang bisa Anda pilih sesuai keinginan, termasuk bahasa Inggris.
  • Jika sudah, hasil teks yang sudah di translate akan muncul, tepatnya di sisi kanan layar PC.

Itu dia kedua cara menerjemahkan jurnal yang bisa Anda coba. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan onlinedoctranslator atau jasa translate untuk translate artikel dan jurnal, misalnya seperti Ridwan Institute. Dengan begitu, Anda bisa menerjemahkan jurnal nasional maupun internasional dengan mudah dan cepat.

Sumber : Google dan Freepik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *