Cara Mencari Jurnal Di Scopus

Bagi kamu yang sedang mencari informasi seputar cara mencari jurnal di scopus kamu bisa simak artikel ini, karena pada artikel ini kami akan memberikanmu informasi seputar cara mencari jurnal di scopus.

Kamu bahkan yang berkecimpung dalam dunia keilmiahan, mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya “Scopus”.

Apalagi untuk para mahasiswa doktoral atau dosen yang mana diwajibkannya bagi mereka untuk mempublikasikan jurnal scopus. Ini biasanya berkaitan dengan syarat kenaikan jabatan.

Nah, sebelum masuk kedalam pembahasan mengenai cara mencari jurnal di scopus, ada baiknya jika kamu ketahui dan pahami terlebih dahulu mengenai apa itu scopus.

Baca Juga | Biaya Publikas Jurnal Sinta

Apa Itu Scopus?

Cara Mencari Jurnal Di Scopus

Perlu kamu ketahui bahwa Scopus merupakan sebuah database Jurnal terbesar yang meliputi beberapa database jurnal dan juga kutipan dari literatur peer-review : Buku, Jurnal Ilmiah dan berbagai prosiding konferensi.

Nah, database atau pusat data ini memiliki kegunaan untuk dapat melihat apa saja yang sudah menjadi penelitian dan juga mengetahui sebuah kontribusi dari penelitian yang sedang dikerjakan seperti literatur ilmiah yang sudah ada.

Selain itu, ini juga berguna untuk meninjau sejauh mana kontribusi artikel ilmiah tersebut agar dapat ditawarkan kepada jurnal supaya mereka berkenan untuk mempublikasikan hasil karya kita.

Tapi saat ini, Scopus lah yang menjadi salah satu entitas yang paling terkenal dikalangan para peneliti di dunia.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Mencari Jurnal Di Scopus

Nah, dibawah ini kami paparkan cara mencari jurnal di scopus:

  • Langkah pertama, silahkan kunjungi situs resmi milik Scopus https://www.scopus.com/home.uri
  • Kemudian, silahkan klik tombol “Sources” yang terletak di pojok kanan atas
  • Setelah itu, ketik nama jurnal kamu melalui kolom “Enter Tittle” dan kemudian klik “Find Sources
  • Bilamana jurnal tersebut tidak muncul dalam pencarian, maka kamu harus mengklik jurnal tersebut dan mengecek tahun Coverage-nya. Kamu bisa mengeceknya melalui “Scopus Content Coverage” pada bagian bawah
  • Kalau sudah masuk data 2024, maka artinya jurnal kamu masih terindex di Scopus

Meskipun kamu sudah mengecek jurnal tersebut langsung melalui situs resmi milik Scopus, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa terdapat beberapa masalah. Ini biasanya disebabkan oleh lambatnya Scopus untuk mengambil basis data dari beberapa jurnal yang tidak terbit selain Elsevier.

Terkadang juga membutuhkan waktu minimal 1 bulan dari Volume terakhir yang sudah terbit untuk bisa terindekks di Scopus.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Sumber | Scopus

Akhir Kata

Nah, mungkin itu saja artikel yang bisa kami berikan terkait cara mencari jurnal di scopus, semoga dengan adanya artikel ini bisa berguna dan bermanfaat.

Terimakasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like

Head Office Greenland Sendang Residence No. E-06, Sendang, Kec. Sumber, Cirebon, Jawa Barat 45611 Customer Support 0852-1341-2727

Attention!

Mau Skillmu Makin Jago dan Karirmu Melesat? Yuk, Gunakan Jasa Sertifikasi Profesi di Ditekindo Sekarang Juga!