Cara Mencari Jurnal Di Scopus

Cara Mencari Jurnal Di Scopus

Bagi Anda yang belum mengetahui tentang cara mencari jurnal yang terindex di scopus, kami rasa Anda harus membaca artikel ini sampai habis.

Mereka atau bahkan Anda yang berkecimpung dalam dunia keilmiahan, mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya “Scopus”.

Apalagi untuk para mahasiswa doktoral atau dosen yang mana diwajibkannya bagi mereka untuk mempublikasikan jurnal scopus. Ini biasanya berkaitan dengan syarat kenaikan jabatan.

Nah, sebelum kami membahas tentang cara mencari dan mengetahui jurnal internasional terindex di scopus, izinkan kami untuk memberikan Anda pengertian singkat mengenai apa itu Scopus.

Konsultasi Gratis Terkait Publikasi Jurnal Scopus

Pengertian Singkat Mengenai Scopus

apa itu scopus

Perlu Anda ketahui bahwa Scopus merupakan sebuah database Jurnal terbesar yang meliputi beberapa database jurnal dan juga kutipan dari literatur peer-review : Buku, Jurnal Ilmiah dan berbagai prosiding konferensi.

Nah, database atau pusat data ini memiliki kegunaan untuk dapat melihat apa saja yang sudah menjadi penelitian dan juga mengetahui sebuah kontribusi dari penelitian yang sedang dikerjakan seperti literatur ilmiah yang sudah ada.

Selain itu, ini juga berguna untuk meninjau sejauh mana kontribusi artikel ilmiah tersebut agar dapat ditawarkan kepada jurnal supaya mereka berkenan untuk mempublikasikan hasil karya kita.

Tapi saat ini, Scopus lah yang menjadi salah satu entitas yang paling terkenal dikalangan para peneliti di dunia.

Cara Mudah Mencari Dan Mengetahui Jurnal Yang Sudah Terindex Scopus

Pada kesempatan ini, kami akan  memberikan Anda 2 cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mencari dan mengetahui terindex atau tidaknya jurnal internasional tersebut di Scopus.

Silahkan simak 2 cara berikut ini :

Cara Cek Jurnal Terindex Scopus Secara Gratis Di Scimago Jr

cara cek jurnal terindex scopus secara gratis di scimago jr

Pertama, Anda bisa menggunakan situs yang bernama Scimago JR ini untuk mencari jurnal yang terindex di Scopus.

Perlu Anda ketahui bahwa Scimago JR sendiri merupakan sebuah situs perangking jurnal yang databasenya mengambil dari Scopus. Jadi, sebagian besar jurnal yang terpublish di Scimago JR ini juga terindex di Scopus.

Tapi ingat, hanya sebagian saja.

Kenapa demikian? Hal ini terjadi karena basis data yang dimiliki Scimago JR (SJR) ini merupakan data Scopus yang lama. Jadi, tidak menutup kemungkinan jika ada beberapa jurnal di Scimago JR masih terindex Scopus, tapi di Scopus-nya sudah tidak terindex lagi.

Meskipun demikian, sampai saat ini situs Scimago JR masih menjadi pilihan terbaik bagi mereka yang ingin mencari dan mengetahui jurnal terindex di Scopus.

SJR atau Scimago JR sendiri memiliki beberapa bagian jurnal yang dibagi menjadi 4 kuartil yakni Q1, Q2, Q3 dan Q4. Ke-empat kuartil tersebutlah yang sering dibanggakan oleh para akademis.

Berikut ini cara untuk mencari dan mengetahui jurnal terindex di Scopus melalui situs Scimago JR :

  • Langkah pertama, silahkan kunjungi situs https://www.scimagojr.com/
  • Ketik Judul jurnal internasional Anda dan kemudian tekan Enter
  • Setelah itu, buka hasil pencarian dan cocokan dengan judul jurnal yang sudah Anda input sebelumya. Bilamana judul tersebut muncul dalam hasil pencarian, maka artinya jurnal tersebut masih terindex di Scopus. Tapi jika tidak, maka artinya belum terindex Scopus dan jangan lupa untuk memperhatikan juga kuartil (Q) pada jurnal tersebut
  • Untuk memudahkan Anda dalam mencari jurnal yang cocok, Anda bisa menggunakan fitur “All Subject Categories” dan “All Subject Areas

Baca Juga Artikel Tentang Cara Submit Jurnal Scopus Gratis

Cara Mencari Jurnal Terindex Scopus Melalui Scopus

cara mencari jurnal terindex scopus melalui scopus

Cara ke-dua, Anda bisa mencari, mengecek dan mengetahui jurnal terindex Scopus langsung melalui situs resminya.

Nah, berikut ini cara mudah mencari jurnal internasional terindex di Scopus melalui halaman resmi Scopus :

  • Langkah pertama, silahkan kunjungi situs resmi milik Scopus https://www.scopus.com/home.uri
  • Kemudian, silahkan klik tombol “Sources” yang terletak di pojok kanan atas
  • Setelah itu, ketik nama jurnal Anda melalui kolom “Enter Tittle” dan kemudian klik “Find Sources
  • Bilamana jurnal tersebut tidak muncul dalam pencarian, maka anda harus mengklik jurnal tersebut dan mengecek tahun Coverage-nya. Anda bisa mengeceknya melalui “Scopus Content Coverage” pada bagian bawah
  • Kalau sudah masuk data 2021, maka artinya jurnal Anda masih terindex di Scopus

Meskipun Anda sudah mengecek jurnal tersebut langsung melalui situs resmi milik Scopus, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa terdapat beberapa masalah. Ini biasanya disebabkan oleh lambatnya Scopus untuk mengambil basis data dari beberapa jurnal yang tidak terbit selain Elsevier.

Terkadang juga membutuhkan waktu minimal 1 bulan dari Volume terakhir yang sudah terbit untuk bisa terindex di Scopus.

Konsultasi Gratis Terkait Publikasi Jurnal Scopus

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa cara mudah untuk mencari, mengecek dan mengetahui apakah jurnal milik Anda terindex di Scopus atau tidak.

Ada baiknya jika Anda memilih jurnal yang hanya diterbitkan oleh penerbit besar terpercaya. Yakni Wiley, HEIsevier dan Springer.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, Terimakasih!