Cara Mencari Jurnal di Google Cendekia

Google Scholar atau dikenal juga dengan Google cendekia adalah layanan website pencari untuk tulisan-tulisan ilmiah dalam bentuk teks, PDF dan bentuk lainnya. Semua karya tulis yang terdapat di Google Scholar telah diterbitkan dan berasal dari universitas di berbagai negara.

Sebagai mahasiswa, anda sangat membutuhkan referensi yang dapat diandalkan untuk mendukung kebutuhan sumber data anda dalam penelitian atau tesis dan pengembangan materi kuliah anda. Selain itu, untuk informasi yang menambah wawasan anda meskipun tidak termasuk dalam ruang lingkup bidang studi anda.

Untuk membantu Anda, berikut adalah ikhtisar tentang cara mencari jurnal di Google Cendekia di bawah ini.

Oh iya, barangkali dari rekan-rekan semua ada yang ingin berkonsultasi terkait publikasi jurnal, bisa langsung klik link di bawah ini!

Konsultasi Gratis Terkait Publikasi Jurnal

Cara Mencari Jurnal di Google Cendekia Atau Google Scholar

1. Sign in ke Google Scholar

cara mencari jurnal di Google Cendekia

Anda sebenarnya bisa mendapatkan layanan tanpa melalui login terlebih dahulu. Namun, ada beberapa fungsi yang mengharuskan login sebagai persyaratan. Jadi anda harus login untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara mengakses google cendekia tanpa login untuk memudahkan anda. Berikut ini contoh cara mencari jurnal di google cendekia tanpa login. Langkah pertama adalah mengakses google scholar dengan mengklik atau mengetik https://scholar.google.co,id/ untuk masuk ke layar awal Google Scholar di bawah ini.

2. Mencari Sesuai Topik yang Anda Inginkan

Langkah pertama anda langsung mengetik topik atau hal yang anda ingin cari pada kotak pencarian lalu tekan ENTER. Misalnya, Anda membutuhkan referensi tentang dunia sistem informasi. Kemudian ketik “Sistem Informasi” seperti di bawah ini.

Kemudian tekan ENTER. Hasil yang didapat seperti ini.

Sekarang anda memiliki daftar jurnal yang berkaitan dengan sistem informasi. Jika anda tidak menemukan teks yang Anda inginkan, anda dapat mencobanya di halaman lain yang terdaftar di bagian bawah daftar.

Namun, hasil yang disajikan bersifat generik dari berbagai tulisan dan pengarang tanpa batasan tertentu seperti pengarang dan tahun terbit. Untuk mencari jurnal tertentu, anda dapat menggunakan daftar di Google Scholar seperti yang ditunjukkan pada penjelasan berikut di bawah ini.

3. Penulisan Penelitian Berdasarkan Batas Tahun

Misalkan Anda sedang mencari sistem informasi dengan batas publikasi 4 tahun. Kemudian di hasil pencarian, Anda memilih tahun yang tercantum di sisi kiri layar.

cara mencari jurnal di Google Cendekia

Klik bagian yang dilingkari dan panah dari tahun, dalam hal ini “Sejak 2020”. Maka Anda hanya akan mendapatkan jurnal yang anda butuhkan dalam 1 tahun terakhir.

Anda juga dapat mencari jurnal yang diterbitkan dalam rentang tanggal tertentu. Caranya adalah dengan mengklik bagian “Rntang khusus” di bawah pencarian global.

cara mencari jurnal di Google Cendekia

Seperti pada contoh di atas, klik menu Custom Range dan akan muncul dua kotak yang harus diisi dengan batas waktu. Misalnya, Anda dapat mencari jurnal yang diterbitkan antara tahun 2000 dan 2010 untuk menemukan publikasi di antara tahun-tahun tersebut. Tekan ENTER atau kotak Pencarian, maka hasil yang Anda cari akan ditampilkan di sisi kanan halaman.

4. Cari Artikel oleh Penulis

Cara mencari jurnal di Google Scholar menurut penulis adalah cara yang paling mudah dilakukan. Cukup dengan mengetikkan nama penulis di kotak pencarian.

Jangan lupa untuk menulis dalam format lengkap, yaitu nama depan dan nama belakang Anda. Hal ini disebabkan untuk menemukan penulis yang Anda inginkan lebih akurat.

Misalnya, jika Anda membutuhkan artikel atau buku dari penulis Miriam Budiardjo, maka tampilannya akan seperti ini.

cara mencari jurnal di Google Cendekia

Anda dapat melihat pada contoh di atas lingkaran merah dan panah. Nama penulis yang Anda cari dan bentuk hasil pencarian ditampilkan di bagian bawah.

5. Download File Download file

jurnal yang dibutuhkan adalah hal yang paling banyak diminta dalam cara mencari jurnal di Google Scholar. Anda perlu mendownload tulisan-tulisan tersebut ke Google Scholar agar Anda dapat menggunakan atau membacanya dengan mudah.

Jika Anda perlu mengunduh file yang Anda cari, Anda dapat melakukannya dengan mengklik sisi kanan artikel atau judul buku yang bertuliskan “[PDF] Semanticscholar] org” pada contoh di bawah ini. “[PDF]” menunjukkan jenis file yang tersedia. Dalam contoh ini, itu berarti bahwa teks akan diunduh sebagai PDF.

cara mencari jurnal di Google Cendekia

 Anda akan mengunduh file dalam format PDF seperti yang disebutkan dalam deskripsi.

6. Menggunakan Metric Pages

Jika Anda mencari jurnal yang paling banyak dicari di Google Scholar, Anda bisa memanfaatkan Metric Pages. Halaman metrik mencantumkan 100 atau lebih publikasi jurnal teratas yang telah dikutip oleh para peneliti di Google Cendekia.

Caranya adalah dengan pergi ke Scholar.google.com/citations. Hasilnya adalah sebagai berikut.

Anda akan dapat melihat majalah mana yang paling banyak diakses pengguna Google Cendekia dalam bahasa Inggris sesuai dengan informasi di kanan atas yang bertuliskan “Bahasa Inggris”.

Jika Anda membutuhkan informasi tentang majalah-majalah terpenting dalam bahasa Indonesia, Anda hanya perlu mengklik bagian “Bahasa Inggris” yang akan menampilkan pilihan bahasa dan pilih “Bahasa Indonesia”. Hasil yang didapat adalah sebagai berikut.

Anda sekarang dapat melihat jurnal-jurnal Indonesia yang paling banyak dicari yang diterbitkan sejauh ini di Google Cendekia.

7. Mengutip Tulisan

cara mencari jurnal di Google Cendekia

Yang Anda butuhkan, selain mencari file tulisan yang dibutuhkan, adalah mengutip artikel sebagai bukti referensi atau kebutuhan untuk menyusun daftar pustaka. Ada cara mudah yang bisa Anda lakukan dengan mengklik “tag” di bagian bawah judul pilihan Anda seperti pada contoh berikut.

Setelah mengklik tanda kutip, maka akan muncul hasil sebagai berikut:

Kotak yang muncul di bawah “Post” yang berisi informasi tentang artikel dan penulis yang dapat Anda salin  Dan tempel di daftar referensi Anda.

Baca Juga : Cara Mempublikasi karya Ilmiah Kita Di jurnal Nasional

8. Memanfaatkan Notifikasi

dapat membantu Anda mendapatkan tulisan yang Anda butuhkan yang akan dikirimkan ke email Anda. Begini caranya.

Klik pada tanda “tiga garis” seperti yang ditunjukkan di atas. Selanjutnya akan ditampilkan sebagai berikut.

Kemudian akan muncul deretan menu dan pilih “Notifications”. Presentasi yang akan ditampilkan seperti di bawah ini.

Untuk mengisi teks yang Anda inginkan, klik menu Create Alert. Tampilannya ditampilkan sebagai berikut.

Ketik subjek yang Anda inginkan pada kotak Query Alert kemudian pada kotak Number of Results Anda dapat mengisikan jumlah postingan yang akan dikirimkan ke email Anda. Pilihan yang ditawarkan adalah dari 10 hingga 20 posisi. Setelah diklik, tampilan akhir adalah sebagai berikut.

Penutup

Sekarang sangat mudah untuk mendapatkan karya ilmiah berkualitas yang anda butuhkan. Tidak akan ada lagi alasan untuk bersusah payah mencari referensi berkualitas untuk kebutuhan anda. Diharapkan melalui artikel tentang cara mencari jurnal di Google Cendekia ini, akan sangat terbantu dalam mendukung studi anda agar mencapai hasil yang sangat memuaskan.