Cara Membuat Jurnal Skripsi Harus Kamu Ketahui

  • Whatsapp
Cara Membuat jurnal skripsi

Cara Membuat jurnal skripsi sangat mudah bagi kalangan pendidikan terutama kalangan perkulihan membuat jurnal juga bisa dari tugas akhir, dari skripsi, dari desertasi, laporan penelitian dan pengabdian. Arti dalam (bahasa Inggris Journal) adalah catatan akuntansi permanen yang pertama (book of original entry).

Kami Menyediakan Jasa Publikasi Jurnal Nasional

Cara Membuat jurnal skripsi
Jasa Publikasi Jurnal Nasional dan internasional

Pengertian Jurnal

Bisa dikatakan bahwa jurnal adalah artikel yang diterbitkan Setiap Bulan. Isinya juga sangat padat lho, yang biasannya terdiri dari 10 sampai 19 halaman.

Bacaan Lainnya

Kenapa bisa dikatakan padat? Sebab, tiap isi dari jurnal itu berisi ilmu pengetahuan dimana bisa jadi acuan untuk peneliti lain.

Jadi, bisa dibilang kalau jurnal ini target pembaca utamannya berasal dari kalangan peneliti, akademis ataupun komunitas terpelajar lainnya.

Jurnal sendiri terbagi menjadi beberapa jenis seperti popular journals, scholarly journal, dan juga professional or trade journal. Meskipun terlihat mudah, tapi untuk menerbitkan setiap jurnal itu enggak sembarangan.

Naskah yang nantinya sudah ditulis akan di-review kembali sebelum masuk ke editorial jurnal untuk memastikan bahwa cara membuat jurnal dan kaidahnya sudah tepat.

Lalu, kenapa sih harus seribet itu? Alasannya karena biasannya jurnal ini dibuat berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan. Jadi, hasilnya harus objektif dan didasasri oleh metode-metode ilmiah.

Cara Membuat jurnal skripsi

Agar kamu mudah dalam menyusun jurnal, kamu harus tahu dulu susunan dalam cara membuat jurnal yang tepat. Selain waktu pengerjaannya bisa lebih efektif, kamu juga lebih yakin ketika mengerjakan jurnal tersebut. Oke, daripada kelamaan kita langsung simak saja yuk 9 cara membuat jurnal berikut ini.

Langkah-langkah Cara Membuat Jurnal Skripsi

Agar kamu mudah dalam menyusun jurnal kemudian kamu harus tahu dulu susunan dalam cara membuat jurnal yang tepat. Selain waktu pengerjaannya bisa lebih efektif, kamu juga lebih yakin ketika mengerjakaan jurnal tersebut. Oke, dari pada kelamaan kita langsung simak saja yuk…

Pemilihan Jurnal

Ketika Kita membaca sebuah bacaan, tentu kita akan melihat judulnya terlebih dahulu. Untuk itu, dalam memilih sebuah judul itu tidak bisa sembarangan.

Inti dari sebuah bacaan bisa langsung diketahui dari judul, nah untuk mempermudah para pembaca, judul jurnal yang dipilih haruslah jelas. Coba deh cari dan pilih yang bagus yaitu Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia.

Pemilihan judul yang cukup panjang juga bukan masalah lho, asalkan tidak melebihi dari 12 kata,Misalnya judulnya: Metode Pembelajaran Ilmu Sosial.

Membuat jurnal skripsi Nama

Cara membuat jurnal yang selanjutnya adalah dengan mencantumkan nama penulis, nama pembimbing, dan juga nama lembaga jika tanpar gelar akademik. Kamu juga bisa kok mencantumkan alamat rumah serta alamat email penulis beserta pembimbing.

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia

Membuat jurnal skripsi Abstrak

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia

Setelah memberikan judul pada jurnal, susunan selanjutnya adalah bagian abstrak.

Selain itu, abstrak juga harus berdiri sendiri lho alias mandiri. Maksudnya, abstrak ini tidak boleh di dalamnya berisi kutipan ataupun catatan kaki, ya.

Bagian Pendahuluan

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia

Bisa menuliskan latar belakang yang berupa alasan dalam membuat jurnal tersebut. Sertakan juga manfaat dan ulasan dari jurnal agar para pembaca mengetahui tujuan dari jurnal itu.

Meskipun kamu menyertakan tujuan jurnal pada bagian ini, kamu enggak perlu membahasnya menjadi cakupan yang terlalu luas. Cukup ambil inti dari tujuan kemudian merangkumnya menjadi satu lembar saja. Jangan lupa juga untuk membuatnya tersambung dengan bagian selanjutnya, ya.

Bahan dan Metode

Cara Membuat jurnal skripsi
Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia

Hal ini bertujuan agar pembaca jadi memiliki pengetahuan dan teknik dasar setelah membaca jurnal tersebut.

Hasil

Cara Membuat jurnal skripsi
Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia

Cara Membuat jurnal selanjutnya adalah dengan memaparkan hasil penelitian. Pada bagian ini, kamu harus menuliskan informasi yang terbilang cukup singkat dari hasil penelitian.

Bagian Pembahasan

Cara Membuat jurnal skripsi
Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia

Hal ini bertujuan supaya para pembaca nantinya bisa melihat perbedaan dan persamaannya.

Walaupun tidak ada acuan seberapa banyak kamu harus menulis pembahasan, tapi umumnya kamu bisa menulisnya kurang lebih 4 hingga 6 halaman.

Kesimpulan

Cara Membuat jurnal skripsi
Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia

Oke, kalao tadi kita udah bahas bagian pembahasan, sekarang kita masuk ke bagian kesimpulan.

Daftar pustaka

Cara Membuat jurnal skripsi

Sekarang kita masuk ke bagian akhir dari cara membuat jurnal yaitu menyusun daftar pustaka.

Oh iya karena ada beberapa kaidah juga lho dalam menyusun daftar pustaka. Misalnya saja, kita bisa menulis secara berturut-turut seperti nama pengarang, tahun terbitan, judul, tempat penerbitan, dan nama penerbit.

Gimana nih setelah kamu tahu cara membuat jurnal, mudah bukan? Pastikan kamu lakukan penyusunan dengan teliti ya agar tidak terjadi kesalahan. Sebaiknya, jangan menunda-nunda, segeralah mulai untuk menulis.

Referensi : Google

Semoga Kami Membantu Jasa Publikasi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *