Cara Melihat NIDN Dosen

Hallo Sobat Ridwan InstitutešŸ‘‹šŸ» pada kesempatan kali ini kami akan memberikanmu informasi seputar cara melihat nidn dosen

Penasaran seperti apa pembahasannya? Simak artikel ini sampai habis agar kamu mendapatkan jawabannya!

Apa Itu NIDN Dosen?

Cara Melihat NIDN Dosen

Nah, sebelum kamu mengetahui mengenau cara melihat nidn dosen, sebaiknya kita ketahui dan pahami terlebih dahulu mengenai apa itu nidn dosen.

Cara Melihat NIDN Dosen Dengan Mudah

  • Pertama-tama yang harus kamu lakukan ada mengunjungi http://forlap.dikti.go.id/ kemudian pilih menu data profil dosen
  • Lalu sistem akan mengarahkan ke halaman khusus pencarian Data Profil Dosen dan perlu memasukan sejumlah data di kolom yang tersedia. Yaitu data nama perguruan tinggi, NIDN, dan juga kode pengaman. Jika NIDN terlupa maka bisa dilewati.
  • Klik tombol Cari Dosen yang tertera di layar perangkat.
  • Jika pencarian berhasil maka sistem akan menampilkan data semua dosen di perguruan tinggi yang tadi sudah dimasukan di kolom pertanyaan. Semua dosen dengan status aktif akan masuk ke dalam daftar hasil pencarian tersebut.
  • Silahkan klik pada nama dosen yang ingin diketahui NIDN yang dimiliki. Saat di klik nama dosen yang bersangkutan maka sistem akan menunjukan detail profil dosen tersebut. Informasi mengenai NIDN akan didapatkan di profil.

Keuntungan Jika Sudah Memiliki NIDN

Cara Melihat NIDN Dosen

1. Menjadi Identitas Akurat

Memiliki NIDN memberi keuntungan berupa identitas yang tepat untuk dosen yang bersangkutan.

Karena NIDN terkoneksi dengan sistem PDDikti, informasi pribadi dosen seperti nama, asal pendidikan, tempat mengajar, status keaktifan, dan detail lainnya dapat langsung terverifikasi.

Dengan demikian, NIDN memudahkan dosen dalam memvalidasi identitas profesional mereka.

Apabila ada pertanyaan mengenai status profesinya, seorang dosen dapat memberikan NIDN-nya sebagai bukti otentikasi, memungkinkan verifikasi keabsahan statusnya sebagai dosen.

2. Terdaftar di PDDikti

PDDikti adalah database nasional yang mencakup informasi tentang semua individu yang terkait dengan pendidikan tinggi di Indonesia.

Database ini mencatat informasi tentang dosen dengan NIDN, mahasiswa, serta staf pendidikan termasuk personel keuangan dan administrasi yang bekerja di institusi pendidikan tinggi di seluruh negeri.

3. Bisa Ikut Sertifikasi Dosen

Memiliki NIDN merupakan prasyarat bagi dosen yang ingin mengikuti proses sertifikasi. Proses sertifikasi ini penting untuk mengukuhkan status dosen sebagai tenaga pendidik yang profesional.

Selain itu, sertifikasi menyediakan pengakuan resmi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi atau instansi pemerintah terkait, serta memberikan keuntungan berupa tunjangan sertifikasi sebagai bentuk penghargaan atas kualifikasi mereka.

4. Membuka Peluang Menapaki Jenjang Karir Tertinggi

NIDN juga bisa membantu dosen yang memilikinya untuk dapat menduduki jenjang karir sampai ke puncak.

Sebab salah satu persyaratan untuk dapat mengajukan kenaikan jafung atau jabatan fungsional merupakan memiliki sertifikasi dosen.

Dimana syarat untuk ikut sertifikasi adalah punya NIDN itu sendiri.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi JurnalĀ ,Ā Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Ā 

Akhir Kata

Nah, mungkin itu saja artikel yang bisa kami berikan terkait cara melihat NIDN semoga dengan adanya artikel cara melihat NIDN bisa berguna dan bermanfaat.

TerimakasihšŸ˜‰


FAQ

Bagaimana cara cek nidn?

Cara cek NIDN dosen Kemenag yang kedua adalahĀ melalui laman Forlap Dikti. Sebab seluruh data dosen baik di bawah Kemenag maupun Kemendikbud akan masuk ke laman Forlap Dikti tersebut. Berikut langkah-langkahnya: Buka website Forlap Dikti yakni di laman https://forlap.kemdikbud.go.id/

Apa nomor NIDN?

NIDN memiliki kepanjanganĀ Nomor Induk Dosen NasionalĀ sehingga menjadi sebuah nomor identitas unik yang dimiliki dosen tetap.

Berapa angka NIDN dosen?

Pada NIDN,Ā kode awal dimulai dari susunan 00-87. Sementara pada NIDK dimulai dari angka 88. Khusus untuk NIDN, kode awal juga menunjukan status kepegawaian dosen yang bersangkutan. Jika dosen tersebut adalah dosen PNS maka dijamin kode awal NIDN yang dimiliki adalah 00.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like

Head Office Greenland Sendang Residence No. E-06, Sendang, Kec. Sumber, Cirebon, Jawa Barat 45611 Customer Support 0852-1341-2727

Attention!

Mau Skillmu Makin Jago dan Karirmu Melesat? Yuk, Gunakan Jasa Sertifikasi Profesi di Ditekindo Sekarang Juga!