Cara Daftar NIB Online

Bagi kami yang ingin mengetahui dan memahami terkait cara daftar NIB Online kamu bisa simak artikel ini sampai habis!

Pada era digital ini pelaku usaha bisa dengan mudah dan cepat membuat Nomor Induk Berusaha atau yang sering dikenal dengn istilah NIB secara online.

Dan para pelaku usaha juga bisa mendaftarkan NIB dengan menggunakan web oss.go.id.

Seperti yang kita ketahui, bahwa NIB atau Nomor Induk Berusaha ini digunakan sebagai tanda pengenal atau sebagai identitas pelaku usaha. Pelaku usaha atau pemilik UMKM disarankan untuk segera mengurus atau mendaftarkan NIB yang diterbitkan secara resmi oleh Online Single Submission (NIB) dari Kementrian Investasi atau BPKM.

Konsultasikan segera pada kami untuk mendapatkan solusi terbaik dalam Pembuatan NIB.

Pengertian NIB

NIB (Nomor Induk Berusaha) adalah sistem pendaftaran dan perizinan usaha yang dikelola oleh pemerintah Indonesia. NIB merupakan satu pintu untuk perizinan usaha di Indonesia yang memungkinkan investor untuk memperoleh izin usaha dan dokumen terkait lainnya dengan lebih mudah dan cepat.

Dengan adanya NIB, investor dapat mengajukan perizinan usaha mereka secara online dan memperoleh izin usaha hanya dalam waktu satu hari kerja. NIB juga mengintegrasikan sejumlah izin usaha dan dokumen terkait lainnya, seperti Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), menjadi satu dokumen yang terpusat.

NIB diperkenalkan sebagai bagian dari upaya pemerintah Indonesia untuk meningkatkan iklim investasi dan memudahkan investor dalam membuka usaha di Indonesia. Diharapkan dengan adanya NIB, proses perizinan usaha di Indonesia menjadi lebih efisien dan transparan.

Baca Juga : Cara Membuat NIB PT Perorangan

Syarat dan Ketentuan dalam Cara Daftar NIB Secara Online

Sebelum kita mengetahui cara daftar NIB online, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang wajib dilengkapi oleh para pelaku usaha dan pemilk usaha.

  • Tempat usaha wajib mempunyai Izin Lokasi, Izin Lingkungan, Izin Lokasi Perairan dan IMB.
  • Membuat susunan secara rapi dan runtut tentang laporan pajak pemilik atau penanggung jawab.
  • Kegiatan usaha yang dijalankan tidak berdampak bagi lingkungan (jika usaha mempunyai dampak ke lingkungan, wajib menyertakan analisis terkait dampak lingkungan tersebut)
  • Memahami seluruh jenis usaha yang diajalankan termasuk dalam bentuk UMKM, PT Perorangan maupun usaha yang modalnya dari luar negeri.
  • NIK
  • NPWP
  • Alam Email yang aktif dan nomor telepon yang aktif

Cara Daftar HAK Akses UMK di OSS

Sebelum kamu masuk kedalam cara daftar NIB online , kamu harus mendapatkan HAK Akses UMK di OSS terlebih dahulu. Berikut caranya:

  • Pertama kunjungi laman https://oss.go.id/ dan pilih menu “Ajukan Perizinan Usaha Mikro & Kecil”
  • Lalu Pilih jenis pelaku usaha pada kolom yang tersedia. Ada 2 (dua) pilihan yang dapat dipilih sesuai status usahamu, yakni orang perseorangan atau badan usaha
  • Masukkan NIK, nama, jenis kelamin, tanggal lahir, alamat, alamat email, nomor telepon, dan isi kode captcha, lalu klik “Daftar”
  • Sistem akan mengirimkan emal ke alamat email yang sudah didaftarkan untuk proses verifikasi dan aktivasi
  • Untuk verifikasi, kamu hanya perlu mengklik tombol Aktivasi yang ada pada email tersebut. Username dan password untuk login akan tertera di email selanjutnya yang dikirim OSS Hak akses kamu siap untuk digunakan untuk masuk ke Sistem OSS.

Cara Daftar NIB Secara Online

Berikut kami paparkan cara daftar NIB secara online:

  • Pertama Kunjungi https://oss.go.id/
  • Kemudian Pilih MASUK
  • Lalu masukkan Username dan Password beserta Captcha yang tertera, lalu klik tombol MASUK
  • Klik Menu Perizinan Berusaha dan pilih Permohonan Baru
  • Lengkapi Data Pelaku Usaha
  • Lengkapi Data Bidang Usaha
  • Lengkapi Data Detail Bidang Usaha
  • Lengkapi Data Produk dan Jasa Bidang Usaha
  • Periksa Daftar Produk dan Jasa
  • Periksa Data Usaha
  • Periksa Daftar Kegiatan Usaha Periksa dan Lengkapi Dokumen Persetujuan Lingkungan (KBLI dan Bidang Usaha Tertentu)
  • Pahami dan Centang Pernyataan Mandiri Periksa Draf Perizinan Berusaha Perizinan
  • NIB terbit

Konsultasikan segera pada kami untuk mendapatkan solusi terbaik dalam Pembuatan NIB.

Cara Cek NIB Yang Sudah Terdaftar

Setelah kita mengetahui dan memahami cara daftar NIB online, sebaiknya jika kamu ketahui juga terkait cara mengecek NIB yang sudah terdaftar.

Pengecekan NIB yang sudah terdaftar dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Masuk ke Laman OSS – Cara Daftar NIB Online

Langkah pertama adalah masuk ke Laman Online Single Submission (OSS) melalui https://oss.go.id/. Jika Anda belum memiliki akun OSS, daftar terlebih dahulu dan verifikasi akun Anda.

2. Pilih Layanan Pencarian NIB – Cara Daftar NIB Online

Setelah masuk ke dalam dashboard OSS, pilih layanan “Pencarian NIB” pada menu “Layanan”.

3. Masukkan Nomor NIB – Cara Daftar NIB Online

Setelah memilih layanan “Pencarian NIB”, masukkan nomor NIB yang ingin Anda cek pada kolom yang tersedia.

4.Klik Tombol Cari – Cara Daftar NIB Online

Setelah memasukkan nomor NIB, klik tombol “Cari” untuk melakukan pencarian.

5.Periksa Informasi NIB – Cara Daftar NIB Online

Setelah pencarian selesai, informasi mengenai NIB yang Anda cari akan muncul pada halaman pencarian. Pastikan bahwa informasi yang muncul sesuai dengan informasi yang Anda miliki.

Keuntungan Memiliki NIB

Setelah membahas cara daftar NIB online, kurang rasanya jika kita tidak membahas mengenai keuntungan jika kita memiliki NIB

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memiliki NIB perusahaan. Apa saja? Berikut manfaat NIB perusahaan yang perlu kamu ketahui:

1. Mempercepat proses perizinan usaha

yang pertama dalam cara daftar NIB online adalah mempercepat proses perizinan usaha. Dengan memiliki NIB, investor dapat mengajukan permohonan izin usaha mereka secara online dan memperoleh izin usaha hanya dalam waktu satu hari kerja. Proses perizinan usaha yang lebih cepat dapat membantu investor untuk memulai usaha mereka lebih cepat.

2. Meningkatkan efisiensi perizinan usaha

NIB mengintegrasikan beberapa izin usaha dan dokumen terkait lainnya menjadi satu dokumen yang terpusat. Hal ini dapat mengurangi waktu dan biaya yang diperlukan untuk mengurus izin usaha.

3. Menjaga konsistensi data perusahaan

Dengan NIB, investor hanya perlu mengajukan permohonan satu kali dan data perusahaan mereka akan dikelola secara terpusat. Hal ini dapat memastikan konsistensi data perusahaan dan memudahkan investor dalam mengurus izin usaha mereka.

4. Meningkatkan transparansi

NIB dapat membantu meningkatkan transparansi dalam proses perizinan usaha. Investor dapat memantau status perizinan usaha mereka secara online dan memperoleh informasi terkait perizinan usaha dengan lebih mudah.

5. Meningkatkan investasi

Dengan adanya NIB, diharapkan iklim investasi di Indonesia menjadi lebih menarik bagi investor. Proses perizinan usaha yang lebih cepat dan efisien dapat membantu meningkatkan investasi dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

6. Memudahkan dalam pengurusan pajak dan perizinan

Yang terakhir dalam cara daftar NIB online adalah memudahkan dalam perpajakan dan perizinan. Dengan NIB, investor juga dapat memperoleh nomor pajak dan izin usaha lainnya seperti izin gangguan dalam satu langkah pengajuan. Hal ini dapat membantu investor untuk lebih mudah dalam pengurusan administrasi usaha mereka.

Konsultasikan segera pada kami untuk mendapatkan solusi terbaik dalam Pembuatan NIB.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan yang dapat kami sampaikan terkait bagaimana cara daftar NIB online, semoga dengan adanya artikel tentang cara daftar NIB online bisa berguna dan bermanfaat. Terimakasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like