Cara Cek Plagiarisme Online Jurnal dan Tugas Akhir

  • Whatsapp
Cara Cek Plagiarisme

Dalam karya tulis plagiarisme masih sering terjadi, tidak menutup kemungkinan dari kalangan dosen maupun mahasiswa. dan juga dalam membuat dan menulis penelitian haruslah orisinil, pada artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara cek plagiarisme secara online untuk keperluan membuat jurnal maupun tugas akhir agar terhindar dari plagiarisme.

untuk cara cek plagiarisme online semakin lama semakin canggih dan sangat mudah. karena dengan kemajuan teknologi fasilitas pun banyak diakses dengan mudah pada online, sebagian besar banyak diakses secara online untuk dan gratis. 

Bacaan Lainnya

Apa Itu Plagiarisme? 

Arti dari plagiarisme adalah perbuatan yang secara sengaja maupun tidak disengaja untuk memperoleh kredit dari sebuah karya ilmiah. . Baik untuk mengutip sebagian maupun keseluruhan dari karya ilmiah yang disusun oleh pihak lain. Peraturan Menteri Pendidikan RI No. 17 Tahun 2010

dalam etika mengambil sumber sebagian secara keseluruhan dan tidak mencantumkan sumbernya, maka sudah termasuk perbuatan plagiarisme, dan tidak diperbolehkan dalam aturan penulisan karya tulis ilmiah.

salah satu cara untuk terhindar dari plagiarisme dengan me-Rewrite dari sumber karya ilmiah yang dikutip (kutipan tidak langsung), jika copy dan paste tulisan yang dikutip maka harus mencantumkan sumber kutipan. (kutipan langsung)

meskipun sudah melakukan re-write dan masih terdeteksi plagiarisme tanpa jiplak murni kemungkinan bisa terjadi karena bisa jadi terdeteksi struktur kalimat sama dengan yang dikutip.

untuk para editor, penulis, dan yang terkait dalam karya ilmiah tentunya perlu memperhatikan perihal plagiarisme ini. dan bisa berguna menjaga orisinalitas karya tulis ilmiah.

Cara Mengecek Plagiarisme via Online 

Berikut beberapa aplikasi dan tools dalam cek plagiarisme online:

Versi Gratis

1. Smallseotools

Smallseotools memiliki alat paling akurat & cepat untuk cek plagiarisme. Cukup salin dan tempel konten untuk mendapatkan laporan plagiat secara instan!Small Seo Tools website

2. Plagiarism Detector

Pencarian Cepat Gratis Pemeriksa plagiarisme gratis terbaik kami benar-benar gratis. Ini tidak membebani Anda apa pun yang berarti Anda dapat melakukan pencarian sebanyak mungkin. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyalin dan menempel konten Anda.

Pencarian mendalam Perangkat lunak pemeriksa plagiarisme ini menawarkan Anda pemeriksaan mendalam dan menyeluruh. Dengan pencarian mendalam, Anda mendapatkan tingkat pencarian plagiarisme ekstra dan detail hasil tambahan.

URL Atau Mengunggah File Jika Anda tidak ingin menyalin dan menempelkan teks Anda, Anda dapat mengunggah URL halaman atau file sebagai alternatif untuk pemeriksaan plagiarisme yang cepat dan gratis.plagiarismdetector.net

3. Unicheck

perangkat lunak pendeteksi plagiarisme berbasis cloud yang menemukan kesamaan, kutipan dan referensi dalam teks-teks. terutama digunakan dalam K-12 dan pendidikan tinggi, dan digunakan oleh lebih dari 400 lembaga di seluruh duniaUnicheck wikipedia

Tips Memilih Situs untuk Mengecek Plagiarisme

Wajib tahu kamu agar proses pengecekan valid dan tidak plagiat :

1. Situs adanya Pengakuan dan mempunyai reputasi baik 

banyak penyedia alat cek plagiarisme tapi tidak semuanya rekomended ya,, karena plagiarisme harus benar-benar terjaga agar tidak ada hal yang buruk suatu saat terjadi, karena menyangkut dengan hak kekayaan karya seseorang.

2. Akses secara online dengan mudah

point 2 yakni agar tidak bingung kamu pilih yang bisa diakses dengan mudah karena bisa saja dengan akses rumit menjadikan adanya kesalahan dalam pengecekan dan bisa fatal akibatnya oleh karena itu penting juga mencari alat pengecekan plagiarisme yang mudah accesibilty

3. Aplikasi Gratisan apakah Worth It ?

jika membandingkan bagus mana via aplikasi gratis atau berbayar, ya pasti jawabannya lebih bagus berbayar. karena bisa logikanya sesuatu apapun jika berbayar pasti ada feed back baik juga.

ada juga gratisan dengan syarat biasanya memiliki limit akses perharinya, atau jumlah kata yang dicek. saran kami memilih untuk yang berayar ya karena sudah jelas.

4. Rating Awarness yang baik

biasanya sesuatu apapun jika banyak yang tahu dan bagus pasti akan banyak pula yang menyarankan untuk menggunakan, begitupun dengan aplikasi plagiarisme ini, semakin banyak yang puas maka itulah yang kamu bisa jadikan pilihan

5. Proses sangat Mudah 

ya, siapa sih yang mau ribet, contohnya karena sudah banyak mahal-mahal..
pastinya pilih aplikasi yang sudah banyak orang pakai dan jumlah rating baik. biasanya cukup copy dan paste kan kalimat atau dokumen yang akan di cek plagiasinya dan menunggu beberapa saat untuk hasilnya.

kenapa ko bisa terjadi plagiarisme ?

sangat banyak Faktornya dan sebagai berikut kira-kira : 

1. Kemalasan

ya malas, point pertama memang banyak sekali yang malas, mudah-mudah yang baca artikel ini tidak termasuk orang yang malas.. semangat.

2. Minimnya Knowledge

kurangnya membaca salah satu penyebab, karena knowledge jika tidak membaca akan tidak ada pengetahuan. terutama untuk menghindari plagiarisme. maka harus perbanyak baca.

3. Engga PeDe dengan karyanya

Engga PeDe bisa jadi indikasi mengarahkan ke plagiat akhir-akhirnya biasanya copy paste dengan kata” yang plek sama, dengan melihat statement yang bagus maka akan lebih PeDe jika mengambil kutipannya dengan cara kutipan langsung, jangan sampai gitu ya.. yakin saja dengan apa yang kamu buat dan hadapi plagiasi minimal dengan parafrase.

4. Kurang adanya sosialiasi pengetahuan aplikasi plagiarisme

kurang adanya sosialisasi dari pihak terkait juga menjadi salahsatu penyebab terjadinya plagiat, oleh karena itu jika tidak ada sosialisasi dari pihak terkait mengenai cara cek plagiarisme online, cari tahu minimal secara online karena sudah sangat banyak informasi mengenai itu.

Plagiat adalah kejahatan intelektual kepada seseorang, maka untuk menghindari plagiat mari lebih giat untuk mencari informasi yang kuat.

Semoga bermanfaat. terima kasih..

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *