Pengertian Buku Teks Dan Jenis-Jenis Buku Teks

Pengertian Buku Teks

Arti dan Jenis Buku Teks, Buku Teks adalah kumpulan kertas yang memuat tulisan yang dapat dibaca. Di zaman ini banyak sekali jenis buku.

Dari mulai buku fiksi, buku nonfiksi hingga buku teks. Menurut (Surahman dalam Fella tahun 2014) mengemukakan bahwa buku dapat di kelompokan menjadi 4 bagian buku:

Arti dan Jenis Buku Teks

  • Teks, yaitu buku yang terorganisir, biasanya digunakan dalam proses pembelajaran. Biasanya berisi materi atau materi yang akan diajarkan.
  • Bisa dijadikan bahan bacaan misalnya contoh buku bacaan seperti novel, buku cerita dan buku legenda.
  • Sumber, yakni buku yang biasanya diperuntukan untuk referensi ataupun sumber untuk kajian tertentu, biasanya buku ini berisi kajian ilmu yang lengkap.
  • Pegangan, Biasanya buku ni dijadikan sebagai buku pegangan para pengajar dalam melakukan kegiatan proses mengajar.

Arti dan Jenis – Buku teks pelajaran ialah buku yang tersedia disekolah yang memuat materi pelajaran hingga mencapai visi pendidikan. Buku teks pelajaran ialah proses supaya bisa melaksanakan penilaian yang benar agar bisa menjamin mutu atau keunggulan isi buku. Menteri Pendidikan Nasional, No 11 tahun 2005 pun mengungkapkan bahwa buku teks pelajaran harus dipergunakan oleh guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Berikut beberapa pengertian buku teks menurut para ahli:

Menurut Kata (Tarigan 1986), ia mengungkapkan bahwa buku teks pada bidang penelitian tertentu ditulis dengan cara standar dan harus digunakan dalam kegiatan mengajar.

Berdasarkan Menurut Echol dan Sadily 2006, dapat artikan sebagai buku pelajaran

Menurut buku Crowther tahun 1995, yang berisi panduan pelajaran. Biasanya banyak digunakan di sekolah.

Menurut Bacon 1935, adalah buku yang disusun untuk pemakaian dikelas,disusun dengan cermat oleh para ahli dalam bidang tertentu, serta dilengkapi dengan saran-saran sesuai bidangnya.

Menurut Lange 1940, ialah buku standarisasi serta bisa terdiri dari 2 tipe yaitu buku tambahan dan buku tokok.

Buku teks – Dari beberapa pendapat para ahli dapat kita simpulkan bahwa buku teks adalah buku pelajaran dalam bidang tertentu. biasanya dijadikan sebagai standarisasi dalam mencapai tujuan dari program pengajaran.

Jenis-Jenis Buku Teks

(Tarigan) mengungkapkan pendapatnya, ada 4 jenis yang digunakan dalam pengelompokkannya berdasarkan:

  • jumlah penulis
  • mata kuliah sesuai dengan rumoun ilmunya (Seperti di perguruan tinggi)Berdasarkan mata pelajaran atau bidang studinya ( SD,SMPdan SMA)
  • penulisan (terdapat disetiap jenjang pendidikan)

Buku teks – Namun, Wiratno (dalam suyatinah 2019) menyatakan bahwa jenis-jenis buku teks yang dipakai disekolah untuk pendidikan dasar dan menengah baik murid ataupun guru yang dipakai dalam kegiatan belajar – mengajar .

  • Pelengkap yakni buku pembantu atau biasanya digunakan sebagai buku tambahan dari utama yang dipakai murid atau guru.
  • Utama yaitu yang memuat pelajaran dalam bidang tertentu, biasanya diperuntuk sebagai buku pokok bagi guru atau murid.

Ternyata beragam ya guyss, oleh karena itu jangan lupa selalu membaca artikel terkini dari kami yaa. pastinya banyak info yang menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Referensi : Google, Wikipedia

Baca juga artikel lainnya : Jenis Buku Fiksi dan Nonfiksi