APA ITU TOEFL? Perbedaan TOEFL PBT, CBT dan IBT

  • Whatsapp
Apa itu TOEFL

SEJARAH TOEFL

Apa itu Toefl? Sebelum membahas pengertian TOEFL. Mari kita cek sejarahnya terlebih dahulu. check it out!

TOEFL singkatan dari Test of English as a Foreign Language, merupakan tes yang pada tahun 1963 yang pertama kalinya ditemukan. Toefl pada generasi pertama ini dibuat serta dikembangkan oleh lembaga yang ada di amerika serikat, bernama ETS (Educational Testing Service).

Pada awalnya tes ini hanya bertujuan untuk pengukuran kemampuan bahasa masyarakat disekitar New Jersey untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Namun tidak ada yang menyangka  bahwa tes ini akan menjadi standar bahasa inggris taraf internasional.

Zaman yang semakin berkembang membuktikan bahwa toefl ini menjadi yang paling fundamental. Bahkan tidak sedikit perusahaan-perusahaan internasional yang tersebar diseluruh indonesia membuat salah satu persyaratan bagi perekrutan pekerjanya adalah memiliki skor nilai toefl yang tinggi.

Terhitung dari sejak TOEFL ditemukan hingga sekarang, toefl telah mengalami 3 evolusi pergantian format ujian. Selain perubahan secara format, tes inipun mengalami perubahan yang signifikan dari segi skor/nilai. 3 Evolusi pergantian sebagai berikut:

  1. TOEFL Paper Based Test (1964 – 1998), skor penilaiannya berkisar antara 450-550 ke atas, Nilai hasil ujian TOEFL antara: 310 (nilai minimum) sampai 677 (nilai maksimum).
  2. TOEFL Computer Based Test (1998 – 2005), skor penilaiannya diantara 0-300.
  3. Tahun 2005 – sekarang: TOEFL Internet Based Test, nilai berkisar antara 0 sampai 120.

Apa itu Toefl IBT ? Tes TOEFL IBT (Internet-based Test) merupakan format terbaru dari format TOEFL sebelumnya. Toefl IBT ini adalah alat bahasa Inggris yang dapat mengukur keempat keterampilan berbahasa (Listening, Reading, Speaking dan Writing) menggunakan media komputer hanya saja system test pada iBT menggunakan internet. Dilakukan secara objektif, valid serta terfokus bagi mereka yang mengikuti tes TOEFL ini.

PENGERTIAN TOEFL

APA ITU TOEFL ?

Test of English as a Foreign Language  atau Toefl merupakan test proficiency yang dilaksanakan untuk pengukuran kemampuan bahasa inggris seseorang tanpa ada kaitannya dengan proses belajar mengajar. Hal tersebutlah yang membedakan TOEFL dengan achievement test atau test yang dilakukan hanya di ruang lingkup ujiannya hanya pada materi yang sudah dipelajari dalam suatu kelas yang diambil.

Toefl adalah jenis tes yang diperlukan oleh pendaftar atau pembicara yang bahasa ibunya selain dari bahasa inggris. Toefl merupakan ujian kemampuan berbahasa inggris dengan menggunakan logat amerika. Hasil TOEFL ini selain digunakan sebagai pertimbangan untuk mengukur kemampuan bahasa seseorang, juga biasanya digunakan untuk persyaratan daftar kuliah hampir diseluruh universitas di Amerika, Australia serta Eropa.

TOEFL biasanya menghabiskan waktu sekitar tiga jam serta meliputi empat aspek ujian, yakni:

  1. Listening Comprehension,
  2. Structure and Written Expression,
  3. Reading Comprehension, dan
  4. Test of Written English (TWE).

PERBEDAAN TIGA JENIS TOEFL

Apa Perbedaan diantara Tiga Jenis Tes TOEFL?

  1. PBT (Paper Based Test) TOEFL
  2. CBT (Computer Based Test) TOEFL
  3. IBT (Internet Based Test) TOEFL

Apa itu TOEFL PBT?

Toefl PBT merupakan jenis TOEFL test pertama yang dikeluarkan oleh ETS dengan menggunakan paper/kertas soal serta lembar jawaban dan pensil 2B untuk mengisinya. Materi yang diujikannya ialah:

  • Listening
  • Structure
  • Reading

Apa itu TOEFL CBT?

Toefl CBT ialah jenis toefl yang dikeluarkan  setelah TOEFL PBT, menggantikan Toefl CBT. Toefl ini pertama kali dikeluarkan di tahun 1998.

Sistem toefl ini tidak menggunakan paper, melainkan langsung menggunakan komputer. Sistem pengerjaannyapun untuk setiap soal dijawab/dikerjakan langsung di komputer dengan lama waktu test yakni 2 – 2,5 jam. Materi yang diujikannya yakni:

  • Listening
  • Structure
  • Reading
  • Writing

Apa itu TOEFL IBT?

Toefl IBT dikenal juga dengan sebutan toefl Next Generation (NG), ialah jenis toefl edisi terbaru yang dikeluarkan oleh ETS sejak tahun 2005. Tetapi, di indonesia baru mulai diberlakukan pada tahun 2006 sebagai standar tes internasional yang diakui dunia. TOEFL ini juga menggunakan komputer sebagai medianya, hanya saja sistem tesnya menggunakan internet. Maka dari itu peserta tes langsung menjawab soal dari pusatnya yaitu ETS secara online dengan durasi waktu 4 jam.

Materi yang diujikan yakni:

  • Listening
  • Speaking
  • Writing, and Reading

Selain perbedaan diatas, Tes TOEFL juga dibagi kedalam beberapa macam yakni International TOEFL test, Institutional TOEFL test, serta TOEFL Like-Test. Perbedaan dari ketiga tes tersebut dapat dilihat dari soal masing-masing ujiannya. soal International TOEFL merupakan terbaru dalam setiap pelaksanaan tes. Sedangkan untuk soal institutional test serta TOEFL Like-test bersumber pada soal-soal beberapa tahun sebelumnya dari International TOEFL test.

Selain dilihat dari soal ujiannya, dapat juga dilihat dari Masa berlakunya tes TOEFL tersebut. Untuk International TOEFL test, masa berlakunya ialah dua tahun dan bisa diterima di seluruh universitas di dunia. Tes ini juga dapat dipakai untuk daftar beasiswa ke luar negeri.

Sedangkan untuk Institutional TOEFL Test, masa berlakunya hanya enam bulan saja, biayanya jauh lebih rendah dan tidak selalu bisa dipakai untuk mendaftar ke universitas di luar negeri. TOEFL Like-Test tidak dapat digunakan untuk mendaftar ke universitas luar negeri, hanya untuk memenuhi persyaratan beberapa universitas di Indonesia.

FUNGSI SERTIFIKAT TOEFL

  1. Berfungsi untuk mendaftar program short course serta non degree program di beberapa negara berbahasa inggris
  2. Pendaftaran program-program internasional yang menggunakan syarat bahasa inggris sebagai bahasa pengantarnya.
  3. Memonitor kemampuan bahasa inggris seseorang yang memerlukan keahlian bahasa inggris akademik
  4. Melamar beasiswa untuk program sarjana (S1) maupun master di dalam negeri
  5. Melamar beasiswa LPDP
  6. Mendaftar SMA/Universitas di dalam maupun di luar negeri
  7. Melamar pekerjaan
  8. Kenaikan Jabatan maupun promosi
  9. Mendaftar program study exchange ke luar negeri
  10. Tes masuk program berbahasa Inggris sebagai prasyarat yang memerlukan bukti kemampuan bahasa Inggris akademik di level sarjana (S1) atau diploma.

Setelah membaca pemaparan diatas, ternyata toefl itu memang diperlukan bukan?

Jadi, sudahkah kalian memiliki sertifikat toefl? Kalau belum memilikinya, yuk segera hubungi 089627646644 Untuk menemukan caranya!

Baca juga artikel lainnya: Cara Publikasi Jurnal Internasional

References:

  1. Google
  2. Wikipedia
  3. Genius Edukasi
  4. English First
  5. Vista Education

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *