Apa Itu HAKI?

Apa Itu HAKI

Apa itu HAKI? Sebagai penulis, kita harus tahu apa yang dimaksud dengan HAKI atau hak atas kekayaan intelektual. Mengapa perlu memahami hak kekayaan intelektual atau HAKI? Karena sebagai penulis, kamu akan menciptakan sebuah karya.

Tentu saja karya ini tidak mudah. Selain itu, dengan memahami hak atas kekayaan intelektual, kamu juga dapat melindungi karya kamu dari pencurian atau plagiarisme. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan HAKI atau hak kekayaan intelektual, fungsi, unsur, dan cara memperolehnya? Baca selengkapnya di artikel di bawah ini!

Pengertian HAKI

Apa Itu HAKI

Hak Kekayaan intelektual atau HAKI, pada dasarnya konsep kekayaan intelektual didasarkan pada gagasan bahwa karya kekayaan intelektual yang dibuat atau diproduksi oleh manusia memerlukan pengorbanan waktu, tenaga dan uang. Memahami bahwa Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) atau Intellectual Property Rights (IPR) adalah hak ekonomi untuk menikmati hasil dari kreativitas intelektual.

Berdasarkan pengertian tersebut, maka perlu adanya pemahaman terhadap karya-karya yang telah dihasilkan yaitu perlindungan hukum terhadap hak atas kekayaan intelektual. Tujuannya untuk mendorong dan mengembangkan semangat berkarya dan berkreativitas atau menciptakan.

Objek perlindungan hukum yang diatur oleh hak atas kekayaan intelektual adalah karya yang dihasilkan atau dilahirkan oleh akal atau intelektual manusia.

Baca Juga : Ruang Lingkup HAKI Yang Wajib Kamu Ketahui!

Macam-Macam HAKI

Secara garis besar HAKI dibagi dalam 2 bagian, yaitu:

1. Hak Cipta (Copyright)

Apa Itu HAKI

yang pertama dalam Apa Itu Haki adalah Hak Cipta hak eksklusif pencipta, yang secara otomatis dihasilkan menurut asas deklaratif setelah diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa pembatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

2. Hak kekayaan industri (industrial property rights)

yang kedua dalam Apa Itu Haki adalah Hak kekayaan industri yang mencakup :

  • – Paten (patent)
  • – Desain industri (industrial design)
  • – Merek (trademark)
  • – Penanggulangan praktik persaingan curang (repression of unfair competition)
  • – Desain tata letak sirkuit terpadu (layout design of integrated circuit)
  • – Rahasia dagang (trade secret)

Baca Juga : Berikut Contoh Hak Paten Yang Wajib Untuk Kamu Ketahui!

Jasa Konsultasi HKI Kredibel, Berkualitas, Cepat & Terpercaya

Jasa Konsultan HKI Ridwan Institut

Sebagai seorang klien, menginginkan pengurusan HKI dengan biaya murah, pelayanan ramah, Fast Respons & pengurusan cepat, itu semua sah-sah saja.

Oleh karena itulah Kami hadir menjadi solusi terbaik bagi rekan-rekan yang sedang memiliki kebutuhan seputar pendaftaran HKI, pengurusan HKI, Konsultasi HKI dan lain sebagainya.

Sudah lebih dari ratusan client yang sudah kami dampingi dalam proses permohonan dan pendaftaran berbagaimacam bidang HKI.

Dan hampir semuanya, berhasil approve pada masing-masing keperluan bidang HKI.

Kami siap mendampingi kebutuhan HKI rekan-rekan sampai benar-benar bisa approve secara resmi.

Jika sewaktu-waktu ada yang melakukan pelanggaran terhadap HKI milikmu, maka Tim Ridwan Institute akan melakukan yang terbaik untukmu.

Biaya yang kamu perlukan untuk melakukan jasa pendampingan ini sangatlah bersahabat.

Mengenai biaya, kami memberikan diskon berupa potongan harga untuk 7 orang pertama dibulan ini yang menggunakan Jasa Konsultan HKI dari Ridwan Institute.

Dan sampai hari ini, hanya tersisa 2 slot potongan harga saja.

Bagi Kamu Yang membutuhkan Jasa Konsultan HKI, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Konsultan HKI Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini! (Gratis)

Harga & Biaya Pendaftaran HKI Murah & Cepat

Harga & Biaya Pendaftaran HKI Murah & Cepat

Menginginkan Biaya Jasa Pendaftaran HKI yang murah, memang menjadi kebutuhan setiap individu yang ingin mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual.

Tenang saja, biaya yang dikeluarkan untuk melakukan pendaftaran HKI di Ridwan Institute terbilang sangat murah.

Kami juga memberikan diskon promo potongan harga untuk 7 klien pertama di Bulan ini. Dan sampai detik ini, hanya tersisa 2 slot promo saja.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Jasa Pendampingan HKI, Yuk Langsung Konsultasi Dengan Tim Konsultan HKI Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Fungsi dan Pentingnya HAKI

Apa Itu HAKI

Pertanyaan yang sering terdengar adalah mengapa kita perlu mendaftarkan karya kita ke hak kekayaan intelektual atau HAKI? Tentu saja, ada banyak keuntungan ketika kamu bisa mematenkan karya kamu. Termasuk yang berikut ini:

1. Sebagai Perlindungan Hukum Terhadap Pencipta dan Karya Ciptanya

yang pertama dalam Apa Itu Haki adalah Jika Anda mendaftarkan karya kamu ke HAKI, kamu dan karya kamu secara otomatis mendapat perlindungan hukum. Sebagai pemilik karya, kamu pasti akan lebih leluasa dalam memanfaatkan nilai ekonomis dari karya berhak cipta tanpa khawatir melanggar hukum.

2. Sebagai Bentuk Antisipasi Pelanggaran HAKI

yang kedua dalam Apa Itu Haki adalah Pendaftaran hak cipta melalui hak kekayaan intelektual atau HKI juga memberi kamu dasar yang kuat untuk melawan mereka yang menggunakan karya kamu secara ilegal. Dengan begitu, pihak lain bisa lebih berhati-hati untuk tidak mencuri karya orang lain.

3. Meningkatkan Kompetisi dan Memperluas Pangsa Pasar

yang ketiga dalam Apa Itu Haki adalah Tidak semua orang bisa menggunakan kreativitasnya untuk menciptakan karya. Dengan hak kekayaan intelektual atau HAKI, masyarakat akan terdorong untuk berkarya dan berinovasi, sehingga meningkatkan persaingan. Hal ini secara tidak langsung akan mengadu domba perusahaan satu sama lain untuk menghasilkan karya terbaik

4. Memiliki Hak Monopoli

yang terakhir dalam Apa Itu Haki adalah Perlu diingat bahwa sistem pendaftaran HAKI atau hak kekayaan intelektual ini hanya tersedia untuk pihak pertama yang terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI). Jadi meskipun produk Anda baru dan memiliki potensi yang baik, namun penting untuk mendaftar sekarang.

Pendaftaran sejak awal juga dapat membuat kamu mempunyai hak monopoli untuk melarang pihak lain menggunakan HAKI atau hak kekayaan intelektual kamu tanpa izin.

Kapan seseorang dapat mendaftarkan Hak Karya Intelektual?

Siapapun berhak untuk mengajukan permohonan atau mendaftarkan hak kekayaan intelektual atau HAKI. Hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada individu pelaku HKI (penemu, pencipta, desainer, dll) tidak lebih dari apresiasi atas karyanya (kreativitas), sehingga menginspirasi orang lain untuk mengembangkannya lebih lanjut, untuk kepentingan masyarakat melalui Sistem HAKI atau hak kekayaan intelektual  Ditentukan melalui mekanisme pasar.

Selain itu, sistem HAKI atau hak kekayaan mendukung pembentukan sistem kreativitas manusia yang terdokumentasi dengan baik yang menghindari/mencegah kemungkinan menghasilkan karya teknis atau karya lain yang identik.

Simbol-Simbol Terkait Hak Kekayaan Intelektual

Apa Itu HAKI

Setelah memahami pengertian hak kekayaan intelektual (HAKI), maka harus juga memahami unsur yang terdapat dalam hak kekayaan intelektual (HAKI), salah satunya yakni simbol-simbol yang berkaitan dengan hak kekayaan intelektual (HAKI).

Semua karya yang telah terdaftar di hak kekayaan intelektual (HAKI) otomatis akan mempunyai symbol-simbol khusus. Symbol-simbol ini dapat kamu lihat dengan mudah di dekat nama produk yang ada di pasaran. Yuk kita lihat apa saja simbol-simbol tersebut?

1. TM (Trade Mark)

Simbol pertama dalam Apa Itu Haki adalah TM, yang merupakan tanda merek dagang. Jika Anda melihat simbol ini, berarti produk atau merek tersebut sedang memperpanjang jangka waktu hak kekayaan intelektual atau HAKI atau juga sedang mengajukan kepemilikan.

2. SM (Service Mark)

yang kedua dalam Apa Itu Haki adalah Simbol ini merupakan simbol kepemilikan hak kekayaan intelektual atau HAKI dan digunakan untuk menandai suara tertentu. Contohnya adalah beberapa suara unik yang ditemukan dari film. Suara unik ini tidak bisa sembarangan digunakan di film lain tanpa izin dari pemiliknya.

3. R (Registered Mark)

Jika suatu merek atau produk mempunyai tanda ini maka artinya mereka telah terdaftar HAKI-nya.

4. C (Copyright)

Simbol terakhir dalam Apa Itu Haki adalah menunjukkan kepemilikan hak cipta atau yang sering kita sebut dengan copyright. Oleh karena itu, siapapun yang ingin mempublikasikan karya ini harus mencantumkan nama pemilik hak cipta.

Dengan didukung dengan dokumentasi yang baik, diharapkan masyarakat dapat memaksimalkannya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya atau berkembang lebih jauh untuk memberikan nilai tambah yang lebih tinggi.

Syarat Mendaftar Hak Karya Intelektual

Meski memiliki banyak kelebihan, tidak mudah untuk mendapatkan hak kekayaan intelektual (HAKI) ini. kamu harus menghadapinya melalui pemerintah yang terkait. Nah, berikut ini adalah persyaratan awal yang harus kamu persiapkan sebelum mendaftarkan hak kekayaan intelektual (HKI).

1. Formulir Permohonan

Langkah pertama dalam Apa Itu Haki adalah adalah mengisi Formulir Pendaftaran Penciptaan yang disediakan dalam bahasa Indonesia dan dimasukkan rangkap tiga. Halaman pertama formulir ditandatangani di atas meterai Rp 6.000.,00.

2. Mengajukan surat permohonan pendaftaran ciptaan mencantumkan:


– nama, alamat pencipta dan kewarganegaraan
– nama, alamat pemegang hak cipta dan kewarganegaraan; nama kewarganegaraan dan – alamat kuasa; jenis dan judul ciptaan
– tempat dan tanggal ciptaan diumumkan untuk pertama kali

3. Uraian Ciptaan (Rangkap 3)

  • Surat permohonan pendaftaran ciptaan hanya bisa diajukan untuk satu ciptaan
    Melampirkan bukti kewarganegaraan pemegang dan pencipta Hak Cipta berupa paspor atau fotokopi KTP
  • Apabila permohonan badan hukum, maka pada surat permohonannya wajib dilampirkan turunan resmi akta pendirian badan hukum tersebut
  • Melampirkan surat kuasa, bila mana permohonan tersebut diajukan oleh seorang kuasa, beserta bukti kewarganegaraan kuasa tersebut
  • Apabila pemohon tidak bertempat tinggal di dalam Wilayah RI, maka untuk keperluan permohonan pendaftaran ciptaan ia harus memiliki tempat tinggal dan menunjuk seorang kuasa di dalam wilayah RI
  • Apabila permohonan pendaftaran ciptaan diajukan atas nama lebih dari seorang dan atau suatu badan hukum, maka nama-nama pemohon harus ditulis semuanya, dengan menetapkan satu alamat pemohon
  • Apabila ciptaan tersebut telah dipindahkan, agar melampirkan bukti pemindahan hak
  • Melampirkan contoh ciptaan yang dimohonkan pendaftarannya atau penggantinya

Kesimpulan

Nah, mungkin sanya itu saya dapat kami sampaikan mengenai Apa Itu Haki, semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi teman-teman. Terimakasih!